November 24, 2020

Senam Kegel Mengurangi Robekan Vagina Saat Melahirkan Normal

Bahaya melahirkan normal memang sering dikesampingkan oleh ibu hamil. Alasannya, mereka ingin merasakan sebagai ibu seutuhnya. Padahal, memilih persalinan normal juga tak luput dari bahaya. Ruptur perineum, misalnya.

Kerusakan jalan lahir atau ruptur perinium merupakan dampak menjalani persalinan normal. Yakni  terjadinya robekan pada vagina dan area di sekitarnya.

Biasanya, vagina bisa robek secara alami atau spontan saat Anda mengejan. Ataupun karena  digunting atau episiotomi untuk memudahkan bayi keluar.

Selanjutnya, luka robekan tersebut biasanya dijahit setelah bayi Anda berhasil dilahirkan. Sehingga mau tak mau, Anda harus merasakan nyeri berlipat akibat luka robek dan jahitan.

Nah, untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa upaya agar robekan vagina tidak terlalu parah. Sehingga nyeri yang muncul juga bisa diminimalkan. Salah satunya dengan melakukan senam kegel selama masa hamil.

Senam kegel memang dianjurkan bagi ibu hamil. Sebab efektif untuk mengencangkan kekuatan otot panggul bawah. Serta, membuat otot panggul Anda kuat dan elastis saat melahirkan. Jadi, risiko robekan vagina bisa berkurang.

Demikian ulasan tentang senam kegel bisa mengurangi bahaya melahirkan normal. Terutama mengurangi tingkat keparahan robekan vagina. Jadi, rajinlah melakukan senam kegel selama masa kehamilan Anda.