November 24, 2020

Cara Menampilkan 2 Layar Di Komputer Yang Paling Mudah

Faktanya, membagi layar menjadi 2, 3 dan seterusnya bisa dilakukan sejak lama. Hanya saja, belum banyak pengguna yang melakukannya. Entah karena belum tahu atau memang tidak membutuhkannya. Tetapi bila Anda ingin melakukannya, Anda bisa menerapkan cara menampilkan 2 layar di komputer dengan sangat mudah.

Membagi screen ini tidak butuh tambahan aplikasi. Anda bisa langsung praktik. Dengan melakukannya, Anda bakalan memperoleh manfaat dari penggunaannya.

Manfaat Split Layar Komputer

Membagi layar ini dikenal dengan split screen. Ini merupakan sebuah kondisi di mana layar komputer dibagi menjadi beberapa bagian. Dengan pembagian ini, program yang sedang dijalankan tetap bisa digunakan. Tentunya dengan bantuan kursor untuk mengaktifkan masing-masing program.

Aktivitas seperti ini tentunya dilandasi oleh sebuah keinginan untuk mempercepat pengerjaan suatu tugas. Contohnya bila Anda ingin mengerjakan tugas di MS Word yang mana Anda butuh referensi langsung dari sumber lain.

Dengan terbukanya dua program, Anda bisa menyelesaikan tugas tanpa kesulitan. Karena Anda bisa tetap menulis di ms word sambil melihat buku atau jurnal di program lain. Contohnya di internet dan lain sebagainya.

Dan perlu diingat bahwa kedua program yang terbuka dalam satu layar ini baru bisa digunakan jika Anda menyorotnya. Contohnya Anda ingin menggunakan program A, maka tinggal klik pada program A.

Jika Anda melakukannya, maka program B akan terbuka tetapi dalam kondisi diam. Begitu sebaliknya jika Anda mau menggunakan program B, cukup pindahkan kursor dan klik pada program. Cukup mudah bukan?

Cara Split 2 Layar di Komputer

Cara menampilkan 2 layar di komputer ini bisa dikatakan sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan dua cara. Yakni melalui keyboard dan ikon dalam program itu sendiri. Untuk informasi lebih detail, lihat prosedurnya di bawah ini.

  1. Menggunakan Perintah Keyboard

Keyboard menjadi alternative bagi pengguna dalam menjalankan fungsi dari kursor. Terutama jika kursor mengalami masalah. Hanya saja, kebanyakan pengguna komputer mengalami ketergantungan pada mouse sehingga jarang memanfaatkan keyboard.

Keyboard sendiri bisa Anda optimalkan untuk split screen komputer. Anda bisa menampilkan beberapa program dalam satu layar secara bersamaan. Tentunya, ukurannya biasanya tidak muat untuk satu layar. Makanya, Anda perlu memperkecil ukurannya agar bisa digunakan.

Untuk membaginya, Anda cukup menekan ikon Windows dan Penunjuk arah. Normalnya, Anda hanya perlu menggunakan arah panah kanan dan kiri. Tujuannya untuk memposisikan hasil split dari salah satu program.

Cukup dengan menekan kombinasi tersebut, Anda sudah menjumpai dua program yang terbagi dalam satu layar. Ukurannya telah sesuai. Jadi, Anda tinggal memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas.

Mengenai cara mengembalikannya, Anda cukup memanfaatkan ikon pada Zoom pada pojok kanan atas program. Ikon ini berupa tanda kotak. Cukup tekan, hasilnya akan kembali seperti semula.

  1. Memanfaatkan Ikon Zoom Pada Layar

Selain memanfaatkan kombinasi di keyboard, Anda juga bisa memanfaatkan ikon pada toolbar atas dari sebuah program. Tepatnya ikon yang berada di pojok atas.

Ikon ini berupa tanda untuk minimize, maximize dan close. Di sini, Anda hanya perlu memanfaatkan tanda yang berbentuk kotak. Tepatnya berada di antara dua tanda tersebut.

Tanda tersebut bisa Anda lihat dari setiap program. Anda cukup menekan tanda tersebut. Hasil akhirnya, program yang dijalankan akan diperkecil dengan ukuran tertentu.

Ini bisa Anda ulangi pada program lainnya. Tujuannya agar bisa menempatkan dua program dalam satu layar.

Biasanya, posisinya masih berantakan dengan ukuran yang sama. Anda tinggal mengatur peletakannya. Yakni menempatkan program A di posisi kanan atau sebaliknya, dan program B di posisi kiri atau sebaliknya.

  1. Menggunakan Fungsi Drag

Sekedar tambahan dari cara membagi layar menjadi dua atau lebih program, Anda bisa memaksimalkan fungsi dari drag sistem. Fungsi ini akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan pembagian.

Seperti yang dijelaskan dalam https://www.charis.id, caranya sangat simpel. Penggunanya cukup klik pada title bar bagian atas. Sembari melakukannya, tahan dan geser menggunakan mouse.

Jika Anda menerapkannya dengan benar, program akan segera mengecil ukurannya. Dan Anda perlu melakukannya pada program lainnya. Dengan begitu, layar komputer bisa terbagi menjadi dua.

Di antara ketiga cara di atas, opsi pertama jauh lebih mudah. Selain bisa mengecilkan ukuran program, posisinya juga lebih rapi sehingga Anda tidak perlu mengatur posisinya kembali. Itulah kurang lebih cara menampilkan 2 layar di komputer yang bisa Anda coba.