December 15, 2019

Pesona Istana Negara Indonesia

Berbicara mengenai istana negara tentu yang terlintas di kepala Anda relatif beraneka ragam. Hal tersebut tentunya tidak akan jauh dari masalah aktivitas presiden. Tidak setiap saat orang-orang bisa bebas masuk ke bangunan tersebut. Hanya ketika ada event-event tertentu saja yang memperbolehkan kita sebagai rakyat biasa melihat pesona istana tersebut. Misalnya saat terjadi perayaan besar idul fitri atau ketika hari perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ingin masuk, setiap orang juga akan diperiksa secara ketat.

 

Namun hal tersebut sangatlah wajar karena istana negara merupakan salah satu tempat paling sentral di Indonesia. Istana negara diisi oleh orang-orang penting, termasuk presiden, jadi sangat wajar jika keamanannya sangat ketat. Namun sebagai rakyat, tentu kita ‘pun mesti lebih cerdas dalam memilih pemimpin, agar istana negara bisa diisi oleh orang-orang yang benar-benar peduli pada rakyat banyak.

 

Sejarah Istana Negara

Istana untuk presiden di Indonesia sebenarnya tidak hanya satu. Ada beberapa istana lain seperti istana merdeka atau istana cipanas. Namun yang paling utama tentunya adalah istana negara yang berlokasi di jalan Medan Merdeka Utara. Sejarah mencatat bahwa bangunan ini telah berdiri sejak tahun 1976. Pada mulanya, bangunan ini merupakan milik J.A. van Braam seorang warga Belanda. Ya betul sekali, bisa dilihat dari desainya yang memang terlihat seperti bangunan khas Eropa.

 

Perlu Anda ketahui, selain sebagai tempat pusat pemerintahan, bangunan ini juga dijadikan tempat tinggal oleh gubernur jenderal Belanda. Ketika era penjajahan Jepang, istana ini memerlukan budget sebesar 360.000 Gulden untuk pembangunannya. Bangunan ini didesian oleh seorang arsitek terkenal Bartholomeus Drossaers yang dibuat dengan gaya neoklasik.

 

Fungsi Istana Merdeka

Istana yang masuk ke dalam jajaran istana termahal di dunia ini memiliki fungsi yang sangat penting. Selain sebagai tempat tinggal presiden, tempat ini kerap kali digunakan sebagai lokasi penyelengaraan berbagai kegiatan kenegaraan. Kegiatan seperti pelantikan pejabat, rapat pejabat hingga jamuan kenegaraan diselenggarakan secara khidmat di istana negara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *