December 15, 2019

Jenis-Jenis Lampu Penerangan Jalan Umum LED

Anda pasti biasa menjumpai lampu-lampu terpampang di pinggir jalan dengan cahaya khas, atau lampu-lampu taman dengan warna-warni cahaya unik dan indah. Beberapa diantara lampu tersebut ada yang menggunakan lampu jenis LED ( Light emitting diode).

Lampu yang berasal dari diode pancaran cahaya ini memang belakangan populer serta banyak digunakan untuk berbagai keperluan penerangan. Mulai dari penerangan jalan, lampu-lampu hiasan dan lain-lain.

Kelebihan Lampu Penerangan Jalan Umum LED

Yang membuat lampu LED diminati, karena diklaim memiliki banyak kelebihan yang tidak terdapat pada jenis lampu lainya. apa saja kelebihan tersebut ?

unsplash.com

Tahan Lama

Lampu LED lebih tahan lama dibanding lampu biasa, dapat bertahan  30 ribu hingga 50 ribu jam.

Bebas Sinar UV

Lampu LED tidak mengandung sinar ultraviolet, saat digunakan lampu tidak akan panas.

Bebas Merkuri

Lampu LED ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri.

Hemat Eenergi

Lampu LED menggunakan sinar matahari yang gratis dan tidak terbatas, sehingga tidak boros energi dan biaya.

Tidak Ribet

Lampu LED mudah dalam perawatan dan instalasinya, karena tidak menggunakan jaringan kabel rumit. Selain itu, ukuranya yang minimalis semakin praktis ketika digunakan.

Tidak Merusak

Lampu LED tidak akan merusak cahaya lain, seperti pada lampu-lampu biasa.

Efesien

Lampu LED sangat efesien, dengan kapasitas efesiensinya mencapai 80-90 persen, serta daya tegangan listriknya rendah.

Tanpa Listrik

Lampu LED digunakan tanpa listrik, melainkan dengan tenaga surya atau sinar matahari (PJU Solar Cell). Ini sangat berguna untuk diaplikasikan di kawasan terpencil tidak terjangkau jaringan listrik PLN.

Cahaya tajam dan Terang

Lampu LED menghasilkan cahaya tajam dan terang dibanding lampu lain.

Multifungsi

Lampu LED dapat digunakan untuk berbagai tujuan penerangan, seperti penerangan jalan, perumahan, kawasan wisata, kawasan industri dan penerangan taman (hiasan).

Dari berbagai kelebihan yang dimiliki, membuat lampu LED menjadi populer dan banyak digunakan. Apalagi belakangan, lampu ini juga mulai dikembangkan untuk penerangan jalan umum (PJU).

unsplash.com

Jenis Lampu Penerangan Jalan Umum LED

Ada banyak jenis lampu LED yang tersedia di pasaran. Beberapa jenis ini memiliki daya masing-masing. Diantaranya :

Jenis Miniature LED

Jenis Lampu Led ini lumrah digunakan sebagai hiasan atau difungsikan sebagai indikator sebuah alat, seperti misalnya terdapat pada televisi, remote, radio tape dan lain-lain.

Lampu LED Jenis Bicolor

Kekuatan utama LED Bicolor yakni dapat menghasilkan berbagai warna pada lampu yang sama, dalam waktu yang sama dan secara bergantian. Ini biasanya digunakan untuk kafe, taman, mainan anak-anak dan dekorasi ruangan.

Lampu LED jenis Surface Mount

LED jenis ini terdapat pada lampu hias, senter,lampu emergency dan lain-lain. Pada LED surface Mount terdapat chips berukuran kecil.

LED jenis Super Flux

LED ini biasanya digunakan sebagai penerangan papan iklan ukuran besar dan lighting panggung. LED jenis ini membutuhkan daya konsumsi tertinggi dibanding LED lainya.

LED jenis Hight Power

LED ini merupakan yang paling kuat menghasilkan cahaya dibanding LED lain. LED ini biasanya diletakan di bagian yang mudah menyerap panas karena LED ini gampang sekali panas.

LED jenis Chip On Board LED

LED ini terdiri dari ribuan chips, tersusun di satu papa. lED dengan nama lain COB ini adalah pengembangan dari sistem SMD LED, namun dengan cahaya yang lebih merata.

picjumbo.com

PJU LED

Lampu LED dipilih sebagai penerangan jalan umum (PJU) karena lampu jenis ini kapasitas wattnya lebih kecil dibanding lampu lain seperti lampu fluorescent atau lampu metal halide, namun dapat menghasilkan kualitas sinar yang sama. Penggunaan lampu LED untuk penerangan jalan umum (PJU) dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

KOMPONEN PJU LED

Secara umum, komponen PJU LED tidak berbeda dengan PJU konvensional. Beberapa komponen PJU LED antara lain :

Panel Surya

Panel tenaga surya digunakan sebagai pengubah dan penyerap sinar matahari menjadi energi listrik. Sinar matahari yang mengandung foton akan tereksitasi di panel ini, yang kemudian menyebabkan timbulnya aliran listrik. Jenis yang banyak digunakan yakni jenis crystalline.

Baterai

Batrai pada PJU-TS berfungsi menyimpan energi listrik dari panel surya. Baterai ini harus mencukupi kebutuhan daya dalam sehari. Pemakaianya disesuaikan dengan besarnya watt panel surya. Jenis yang sering digunakan litium.

Solar charger Controller

Komponen ini berfungsi sebagai pengontrol baterai, yakni mengatur sinar matahari dari panel dan mengatur penyimpanan pada baterai. Pengontrol baterai dapat menyeimbangkan kelebihan voltase dan kelebihan pengisian daya baterai. Controller juga difungsikan mengatur aliran listrik searah.

Lampu LED

Yang membedakan antara Penerang Jalan Umum (PJU) LED dengan PJU konvensional yakni terletak pada penggunaan lampu LED menghasilkan cahaya lebih terang, lebih hemat, perawatan relatif mudah dan tahan lama. Terdiri dari beberapa watt yang bisa digunakan. Antara lain, 73 watt, 135 watt, 30 watt, 60 watt.

Komponen Umum /pelengkap pada PJU LED

Selain itu, juga terdapat komponen pelengkap lainya seperti penyangga panel surya, tiang, kabel dan aksesoris tambahan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *