November 19, 2019

Cara Membuat Mie Lidi Yang Renyah dan Enak

Semua orang suka ngemil. Bagi sebagian orang, ngemil tidak sekedar dikaitkan dengan hobi makan. Cemilan juga bisa dijadikan teman santai dan teman kerja. Kalau sedang malas beli keluar atau ingin berkreasi membuat cemilan, anda bisa mencobanya dirumah.

Salah satu yang bisa anda buat adalah Mie Lidi.Mie lidi. Mie lidi digemari banyak kalangan, dari anak-anak, sampai dengan orang tua. Seperti namanya, mie lidi berbentuk kecil-kecil mirip sapu lidi. Biasanya ditaburi bumbu-bumbu gurih dengan beberapa varian rasa yang menggugah selera. Cara membuatnya juga praktis, tidak rumit dan bahan-bahanya murah serta gampang didapat.

Cara Membuat Mie Lidi Yang Renyah dan Enak

Bahan

Apa saja bahan dan bagaimana cara membuat Mie Lidi ? simak ulasanya berikut ini :

Sediakan Bahan : Langkah pertama membuat mie lidi, yakni menyediakan bahan secukupnya. Bahan-bahan ini anatara lain : 250 gram terigu, 30 gram tepung sagu, 2 butir telur, baking powder sebanyak setengah sendok teh, air sebanyak 60 mililter dan penyedap rasa secukupnya (1/4 sendok teh).

Bahan lainya (bahan taburan) antara lain : tepung sagu sebanyak 25 gram, bubuk cabai sebanyak 1 sendok makan dan bubuk balado sebanyak 1 sendok makan. aduk dan campur bahan-bahan ini untuk dijadikan taburan mi lidi sebelum disajikan.

Cara Membuat

Setelah bahan lengkap, selanjutnya adalah membuat mie lidi. Langkahnya :

Pertama, campur dan aduk bahan-bahan seperti tepung sagu, terigu, baking powder, garam dan penyedap rasa pada satu wadah.  Sisihkan.

Kedua, kocoklah putih telur yang sudah disiapkan. Aduk dengan tepung terigu sampai merata dan tambahkan air secukupnya, aduk lagi sampai rata, diamkan 15 menit. Setelah lima belas menit didiamkan, adonan tadi digiling dengan alat penggiling mie. Lakukan tiga sampai empat kali penggilingan untuk setiap pergantian ketebalan.

Ketiga, potonglah masing-masing mie yang sudah jadi menjadi ukuran 8 cm, lalu potong lagi menjadi bagian lebih kecil menggunakan alat  pemotong mie. kemudian goreng hingga matang. Taburkan bumbu-bumbu yang tadi sudah dibuat. Tunggu beberapa saat, mie lidi sudah matang. Nah itulah cara gampang membuat mie lidie yang bisa dipraktekan dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *