November 19, 2019

Tips Mengaplikasikan Cat Dinding Kamar 2 Warna

Memilih cat yang paling cocok untuk dinding kamar terkadang memang sangat membingungkan. Tak hanya karena banyaknya pilihan warna cat, namun juga karena ketidaktahuan kita akan pemilihan warna yang tepat untuk dinding kamar. Karena tidak ingin ribet, banyak orang yang akhirnya hanya menggunakan cat dinding kamar 1 warna saja. Namun ada juga yang menggunakan lebih dari satu warna, sehingga ada variasi warna di dinding kamar. Nah salah satu ide dekorasi dinding kamar yang paling sering digunakan yaitu penggunaan cat dinding kamar 2 warna. Jadi yang diaplikasikan pada dinding kamar hanya dua warna cat saja.

Sepintas cara ini terlihat mudah, dimana Anda tinggal memilih dua warna cat saja dan mengolesnya di permukaan dinding. Namun faktanya, penerapan cat dinding kamar 2 warna ini cukup sulit, khususnya jika Anda ingin hasilnya maksimal dan sesuai ekspektasi Anda. Namun jangan khawatir, berikut ini kami akan membahas beberapa tips mengaplikasikan cat dinding kamar 2 warna!

pexels.com

Pilihlah Kombinasi Warna yang Tepat

Hal paling penting jika Anda ingin menerapkan cat dinding kamar 2 warna yaitu memilih kombinasi warna yang paling tepat. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih yaitu main aman atau main diluar zona nyaman. Ya, jika Anda ingin main aman, maka pilihlah dua warna netral. Anda bisa menambahkan warna-warna lain pada item-item lain seperti bantal, seprai, sofa, dan lainnya.

Jika Anda ingin main di luar zona nyaman, maka Anda bisa mengkombinasikan warna netral dan warna berani. Dengan cara ini, maka akan muncul satu warna kontras pada ruangan. Warna berani ini dapat memberi kesan semangat pada ruangan, jadi sangat cocok diaplikasikan di dinding kamar anak-anak.

pexels.com

Gabungan Warna Cerah dan Gelap

Salah satu teknik kombinasi dua warna yang paling populer yaitu menggunakan dua warna yang saling bertolak belakang. Ya, lebih tepatnya yaitu penggunaan warna cerah dan warna gelap. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencampur dua warna tersebut di dinding kamar. Salah satunya yaitu dengan membuat dua lapisan warna secara horizontal. Ya, di lapisan bawah, Anda bisa melapisi dinding dengan cat berwarna gelap.

Sedangkan di lapisan bawah Anda bisa melapisi dinding dengan cat berwarna cerah. Cat berwarna cerah di bagian atas dapat membuat langit-langit terlihat lebih tinggi. Cara ini sangat efektif untuk ruangan dengan langit-langit yang pendek. Selain itu dinding berwarna putih di bagian atas juga bisa dipasangi poster custom. Namun tentu sebelumnya Anda mesti make custom poster terlebih dahulu agar pas dengan dinding berwarna putih.

 

Gunakan Warna Putih Untuk Kontras

Jika Anda ingin mengedepankan warna tegas atau gelap, maka selalu sandingkan warna tersebut dengan warna putih. Ya, cat warna putih selalu dapat membuat warna tegas atau gelap terlihat lebih menarik. Anda bisa menerapkan berbagai teknik pengecatan untuk mengkombinasikan warna putih dengan warna gelap. Anda bisa mewarnai empat area dinding kamar dengan cat warna gelap dan cat warna putih dengan sistem selang-seling.

Atau Anda ‘pun bisa menjadikan warna putih sebagai aksen. Misalnya pada bagian jendela, Anda bisa melapisi area dinding yang berdekatan dengan jendela dengan warna putih, dan sisanya diwarnai dengan cat berwarna gelap. Tak peduli apapun warna tegas atau gelapnya, pastikan Anda mengkombinasikannya dengan cat warna putih ya!

pexels.com

Buat Pola

Jika Anda tidak ingin melibatkan terlalu banyak warna pada dinding kamar, maka Anda bisa pola tertentu dengan menggunakan cat dinding kamar 2 warna. Ya, misalnya Anda membuat pola seperti pinstripes atau garis-garis dengan kombinasi warna hitam dan warna putih. Atau Anda bisa membuat pola lebih ekstrem, misalnya langit-langit kamar dilapisi dengan cat berwarna gelap, dan dinding kamar dilapisi dengan kombinasi warna terang dan gelap.

Atau Anda ‘pun bisa menjadikan satu warna sebagai warna utama dan warna lainnya sebagai aksen. Misalnya Anda mewarnai seluruh area dinding dengan warna hitam, namun jendela, pintu, dan setiap elemen lainnya didalam kamar diwarnai dengan warna putih.

Nah itulah beberapa tips mengaplikasikan cat dinding kamar 2 warna, bagaimana mudah bukan? Campuran dua warna memang solusi yang sangat efektif, dimana Anda tinggal memikirkan ide dekorasi lainnya. Jika Anda menyukai kesederhanaan, kombinasi dua warna cat ini dapat menjadi opsi terbaik!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *