December 15, 2019

Kenali Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya

Keputihan adalah salah satu hal yang sangat menjengkelkan bagi seorang wanita. Keputihan akan membuat wanita yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini disebabkan karena kondisi hormon dan area kewanitaan menjadi lebih sensitif. Keputihan bisa terjadi kapan saja dan dalam waktu yang tidak dapat di prediksi.

Banyak kasus keputihan di karenakan hormon dan juga sebab lain akan tetapi tidak selalu keputihan tersebut memiliki dampak buruk. Sering kali keputihan hanya sebagai salah satu penanda bahwa watu menstruasi telah tiba. Sebagai salah satu sarana untuk mengatasi keputihan secara terus menerus para wanita dapat menggunakan produk Cristal x nasa. Produk ini lah yang dapat menekan kasus keputihan

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Terdapat dua jenis penyebab keputihan yang biasanya terjadi kepada wanita. Berikut penyebab keputihan yang bisa dialami oleh para wanita:

  1. Penyebab alami

Terdapat beberapa penyebab alami yang bisa di alami oleh para wanita ketika mengalami keputihan. Beberapa sebab tersebut diakibatkan oleh hal-hal berikut:

pixabay.com
  • Bakteri

Hal pertama yang sering kali terjadi adalah keputihan karena bakteri. Bakteri ini adalah salah satu penyebab yang paling banyak dan umum. Bakteri bisa masuk ke dalam sistem reproduksi karena hal-hal kotor atau tidak bersih. Sering kali para wanita yang melupakan kebersihan area kewanitaan harus mengalami keputihan sebab bakteri dapat masuk secara mudah melalui kulit-kulit organ intim yang terpapar kotoran

  • Jamur

Jamur ini juga merupakan salah satu penyebab alami yang banyak di rasakan oleh para wanita. Jamur pada area kewanitaan bisa tumbuh karena kondisi area kewanitaan yang lembab dan pengap. Jamur pada organ intim memiliki masalah yang sama seperti bakteri. Kebersihan dari vagina dan juga area intim lain tidak terjaga. Jamur bisa di sebabkan karena saat membersihkan area kewanitaan para wanita lupa untuk memastikan area terbuat benar-benar kering. Area yang basah akan memperbesar potensi tumbuhnya jamur. Dan infeksi dari jamur ini lah yang menyebabkan keputihan pada wanita

  • Kurangnya kadar estrogen

Salah satu penyebab lain adalah kurangnya kadar estrogen dalam vagina yang menyebabkan efek keputihan bagi para wanita.

  1. Karena penyakit

Selain karena bakteri dan virus banyak penyebab lain yang bisa membuat para wanita terkena masalah keputihan. Salah satunya adalah karena penyakit. Berikut beberapa penyakit yang menyebabkan keputihan pada wanita:

pixabay.com
  • Gonorea

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang menyebabkan keputihan cukup parah pada para wanita. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual dan menjadi salah satu penyakit menakutkan karena akan membuat para penderitanya mengalami kencing bernanah.

  • Trikomoniasis

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena infeksi dari parasit  yang menyerang organ kewanitaan wanita. Parasit ini ditularkan pada saat melakukan hubungan badan yang beresiko. Penyakit ini juga menjadi salah satu penyakit penyebab keputihan.

  • Radang panggul

Penyakit ini juga ditularkan oleh infeksi bakteri dan terjadi ketika melakukan hubungan sex. Hubungan seksual tanpa pengaman dan berisiko menjadi salah satu alasan seorang wanita terkena penyakit ini.

  • Radang leher rahim

Penyebab penyakit ini sering kali karena alergi pada kondom atau pada alat kontrasepsi lain. Penyakit ini menyebabkan keputihan yang berwarna kehijauan sehingga berbau busuk dan berakhir membuat para wanitanya menjadi tidak nyaman.

  • Kanker serviks

Penyakit ini adalah salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang wanita. Kanker serviks ini terjadi karena adanya infeksi virus HPV. Gejala awal penyakit ini tidak terdeteksi akan tetapi yang paling sering adalah keputihan yang memiliki warna kehijauan dan berbau busuk.

pixabay.com

Cara Mengatasi Keputihan

Selain penyebab keputihan tersebut, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan. Keputihan adalah suatu hal yang sangat menjengkelkan bagi para perempuan, rada tidak nyaman dan gatal sering kali dirasakan oleh para wanita. Berikut beberapa cara untuk mengatasi keputihan:

  • Kompres dingin

Bagi keputihan yang disertai dengan gatal, melakukan pengompresan akan menjadi salah satu cara mudah untuk di lakukan. Mengompres vagina dengan air dingin atau air es bisa mengurangi dampak gatal tersebut.

  • Jaga area kewanitaan tetap kering

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjaga area kewanitaan agar tetap kering. Kering akan menurunkan potensi jamur dan bakteri yang bisa berkembang secara pesat

  • Hindari berendam dengan air panas

Hal selanjutnya adalah hindari berendam dengan air panas. Hal ini untuk membuat bakteri atau virus tidak bertahan lama pada area kewanitaan. Menggunakan air dingin ketika membilas area kewanitaan bisa jadi salah satu cara tepat untuk menghindari bakteri dan virus.

  • Memakan makanan dengan nutrisi seimbang

Hal ini juga sangat berpengaruh karena makanan yang seimbang juga akan mempengaruhi kondisi tubuh. Kondisi tubuh akan sangat bagus ketika mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gizi seimbang

  • Mencuci pakaian dalam dengan air hangat

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada celana dalam. Celana dalam yang telah digunakan biasanya akan memiliki banyak bakteri dan virus. Penggunaan air hangat dapat mematikan hal-hal tersebut. Penggunaan ini juga sering dilakukan untuk berbagai macam barang yang digunakan di sekitar area kewanitaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *