July 2, 2020

Memahami Bagaimana Kupu Kupu Dapat Membantu Proses Penyerbukan Pada Bunga

Apakah Anda tahu bagaimana kupu kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga? Jika belum, perhatikan baik proses alamiah ini.

Anda patut berterimakasih dengan keberadaan kupu-kupu di sekitar. Serangga jenis ini berguna untuk melakukan penyerbukan secara alami. Hasilnya, bunga tanaman akan menjadi bakal buah yang nantinya Anda nikmati.

Prosesnya diawali dengan kebiasaan kupu-kupu yang menghisap makanan dari bunga-bunga. Dari kebiasaan ini, sari pada nektar bunga biasanya akan menempel pada bulu-bulu halus serangga tersebut.

Ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lainnya, nektar yang terbawa kemungkinan besar akan menempel pada putik bunga. Dari sinilah, penyerbukan tanaman terjadi.

Semakin banyak kupu-kupu dalam berpindah ke berbagai tempat, semakin baik pula penyerbukan tanaman di sekitar. Anda yang memiliki tanaman tersebut memiliki harapan besar untuk panen. Contohnya adalah tanaman mangga, kelengkeng dan lain sebagainya.

Intinya, penyerbukan yang dilakukan oleh kupu-kupu dipicu oleh kebiasaan alaminya serangga dalam mencari makanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh karenanya, Anda sebaiknya tidak mengusir/menangkap kupu-kupu ketika berada di sekitar bunga tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *