June 4, 2020

Cara Convert Word to PDF Online dan Offline

File doc atau file microsoft word memiliki kemudahan untuk kamu lakukan pengeditan karena tools-tools dalam software tersebut lengkap dan bisa dengan mudah kamu pahami. Adapun format file yang bisa ubah dari word salah satunya menjadi format file pdf. Untuk dapat melakukan cara mengubah word ke pdf, kamu memerlukan software atau media converter word.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan kamu beberapa rekomendasi software atau laman website yang bisa kamu gunakan untuk mengubah atau convert file word menjadi format file pdf. Berikut ini adalah beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk mengubah format file dari word menjadi file pdf. Simak ulasan artikel yang ada dibawah ini.

1. Menggunakan website Convert Online

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file word menjadi file pdf adalah dengan menggunakan situs web convert online. Situs web ini bisa gratis kamu gunakan. Hanya saja ada batasan file yang bisa kamu convert dengan menggunakan website ini. Batasan file tersebut adalah maksimal sampai dengan ukuran 50 Mb. Adapun untuk cara mengubah file word menjadi file pdf dengan situs web Convert Online adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman website dari convert online dengan cara klik link yang ada di www. convertonlinefree.com.
  2. Pada halaman beranda dari website Convert Online kamu pilih jenis output yang akan di hasilkan dari proses converting tersebut. Ada dua pilihan, yang pertama adalah pdf to word dan yang lain adalah word to pdf.
  3. Langkah berikutnya adalah kamu klik menu browser yang berada di opsi pilihan tadi dan kamu cari file word yang ingin kamu ubah formatnya.
  4. Setelah ketemu file word tersebut kamu klik ok dan tunggu beberapa saat sampai proses upload file word tersebut selesai dilakukan.
  5. Langkah berikutnya adalah kamu klik convert dan tunggu beberapa saat sampai proses convert selesai dilakuan.
  6. Jika sudah, langkah terakhir adalah kamu unduh atau download file hasil convert tersebut agar tersimpan di komputer atau laptop milik mu.

Nah itulah cara mengubah file word menjadi file pdf dengan menggunakan laman website dari Convert Online. Cara tersebut tentu sangat mudah kamu praktekan dan tak perlu berlama-lama lagi, segera kamu mencoba melakukannya.

pexels.com

2. Menggunakan Software UniPDF

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file berformat word menjadi file pdf adalah dengan menggunakan software UniPDF. Software ini merupakan software yang mudah digunakan dan sudah terbukti memiliki kemampuan yang baik dalam hal mengubah format file word menjadi pdf. Adapun untuk langkah demi langkah mengubah format file word menjadi file pdf dengan menggunakan software UniPDF adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah terlebih dahulu kamu harus mendownload software UniPDF tersebut dan melakukan instalasi pada perangkat pc atau laptop milik mu.
  2. Setelah kamu instal software UniPDF, langkah berikutnya tentu saja kamu buka dan jalankan software UniPDF tersebut.
  3. Pada halaman beranda dari software UniPDF kamu masuk ke menu pengaturan atau bahasa inggrinya adalah settingan.
  4. Setelah masuk ke menu settingan, kamu ubah format file yang default di software tersebut menjadi doc. Jika sudah maka kamu masuk ke tahapan selanjutnya.
  5. Tahapan berikutnya adalah kamu klik menu open dan kemudian kamu cari file word yang ingin kamu ubah formatnya.
  6. Setelah file word tersebut berhasil kamu temukan, kamu klik ok dan file word tersebut akan tampil pada halaman kerja dari software UniPDF.
  7. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah klik convert. Dan setelah itu kamu save. Maka kamu sudah berhasil mengubah menjadi format pdf.

Nah itulah cara sederhana menggunakan software UniPDF untuk mengubah format file word menjadi file dengan format pdf.

pexels.com

3. Adobe Acrobat PRO

Satu lagi software yang bisa kamu gunakan untuk mengubah file dengan format word menjadi file berformat pdf. Software tersebut adalah Adobe Acrobat PRO. Adapun untuk step by step menggunakan software Adobe Acrobat PRO untuk mengubah file berformat word menjadi file dengan format pdf adalah sebagai berikut.

  1. Tentu sebelum menggunakan software Adobe Acrobat PRO, terlebih dahulu kamu harus memilikinya. Jika belum, kamu bisa tancap gas untuk mendownload dan melakukan instalasi terlebih dahulu software Adobe Acrobat PRO tersebut.
  2. Setelah kamu menginstal Adobe Acrobat PRO tersebut, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah jalankan software tersebut.
  3. Pada halaman utama dari software Adobe Acrobat PRO ini kamu klik open dan cari file word yang ingin kamu convert.
  4. Setelah itu kamu klik save as dan ganti format word yang ada pada kolom save as other tersebut dengan format pdf.
  5. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah klik save untuk menyimpan file tersebut.

Nah itulah ulasan lengkap tentang bagaimana cara mengubah file word menjadi file dengan format pdf. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *