July 2, 2020

Cara Membasmi Kutu Ayam Dengan Ampuh

Di Indonesia peternak ayam sangatlah banyak dan sangat umum orang memelihara ayam untuk diternak ataupun dipelihara. Tetapi untuk kalian yang memelihara ayam pastinya tidak asing lagi dengan kutu ayam atau sering lebih dikenal dengan nama gurem atau kremi dalam istilah bahasa jawanya.

Jenis dari kutu ini sangatlah kecil yang merupakan salah satu hama yang menempel pada bagian tubuh ayam dan menghisap darah dari ayam yang kita pelihara. Tapi hama kutu ini sebenarnya tidak hanya menyerang ayam saja, karena ini adalah jenis hama yang bisa menyerang berbagai jenis unggas yang kita peliharan. Dan yang parahnya lagi Gurem sering menyerang dalam jumlah banyak atau berkelompok.

Dengan masalah hama kutu ayam ini, membuat ayam yang kita pelihara bisa menjadi kurang sehat dikarenakan akan kekurangan darah, tidak nafsu makan, iritasi, kurus, produksi telur menururn, dan akan lebih rawan terserang penyakit.

Jadi, Gurem bukalah hal yang sepele untuk peternak ayam atau orang yang memelihara ayam. Karena itu, kalian harus mengetahui cara membasmi kutu ayam pada ayam yang kita miliki. Berikut ini ada beberapa tips dan cara yang dapat membantu kalian untuk membasmi Hama gurem pada ayam.

1. Air Tembakau

Cara efektif yang pertama untuk membasmi kutu ayam adalah dengan cara alami menggunakan tembakau. Cara mengobatinya sangatlah mudah, cukup dengan merendam 3 ons tembakau yang telah di beli dipasar dan dicampurkan dengan air sebanyak 500 ml sampai 1 liter dan tentunya kalian mencampurnya dengan air hangat. Setelah itu diamkan semalaman, dan setelah semalam air ini bisa digunakan untuk disemprotkan ke ayam yang terkena hama kutu ayam.

2. Daun Sirih

Selain tembakau daun sirih juga bisa dijadikan alternatif obat alami untuk membasmi kutu ayam. Untuk penggunaanya juga mudah loh, caranya adalah dengan mencincang daun sirih kecil-kecil kemudian ditaburkan di sekitar kandang ayam.

3. Daun dan Rimpang Bengle

Kemudian kalian juga bisa menggunakan Daun dan Rimpang Bengle yang diparut dan setelah itu direndamkan di air hangat dan terakhir semprotkan ke ayam yang terkena hama dan kandang ayamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *