August 3, 2020

Trik Mengadakan Acara Lamaran Simpel dan Berkesan

Menjalin sebuah hubungan yang serius tentu menjadi dambaan setiap pasangan. Hal ini biasanya dimulai dengan adanya acara lamaran yang diadakan oleh kedua belah pihak. Pertunangan atau engagement day lazimnya berupa suatu acara formal yang melibatkan keluarga kedua belah pihak. Kesan kaku dan konsep acara yang biasa-biasa saja sering melingkupi perhelatan ini. Namun siapa sangka jika saat ini tengah berkembang konsep engagement day secara terbuka di alam bebas dengan mengandalkan sewa tenda di bogor. Tentu tema dan konsep acara seperti ini dapat menambah kesan romantis dan unik. Berkaitan dengan harga Anda tidak usah khawatir karena berikut ini terdapat beberapa tips mengadakan acara lamaran yang simpel dan berkesan, namun tetap bersahabat dengan tabungan. Selengkapnya dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

Panduan Susunan Acara Lamaran

Pernikahan merupakan suatu acara yang suci dan sakral karena menyatukan tak hanya dua insan saja, melainkan dua keluarga dibawah naungan agama dan juga hukum yang berlaku. Sehingga perhelatannya pun tak bisa main-main. Terdapat rangkaian acara yang harus dilewati terlebih dahulu, salah satunya adalah acara lamaran. Berikut ini terdapat beberapa panduan pelaksanaan lamaran yang bisa Anda simak.

1.      Kedatangan Calon Mempelai Pria

Susunan acara yang pertama berkaitan dengan kehadiran calon mempelai pria beserta keluarga. Kedatangan mereka biasanya ditandai dengan banyaknya seserahan atau hantaran yang dibawa ke kediaman calon mempelai wanita. Disini, tugas penerima tamu harus mempersilakan kedatangan mereka dengan baik.

2.      Pembukaan

Selanjutnya berupa pembukaan yang akan disampaikan langsung oleh orang tua mempelai wanita maupun pihak yang mewakili atas kesediaan dan kehadiran dari keluarga calon mempelai pria.

3.      Penyampaian Maksud dan Tujuan

Tak perlu berbasa-basi terlalu jauh, tentu maksud kedatangan calon mempelai pria beserta keluarga hendak melamar calon mempelai wanita. Disini biasanya akan diwakilkan oleh seorang yang dituakan atau tetua dari kedua belah pihak.

4.      Respon dan Jawaban dari Keluarga Wanita

Sebagai wujud dari rasa terima kasih serta bentuk respon atas kedatangan calon mempelai pria beserta keluarga, pihak wanita tentu akan memberikan respon berupa jawaban dan sambutan baik atas kedatangannya.

5.      Penyerahan Seserahan

Acara pun dilanjutkan dengan pemberian seserahan oleh keluarga calon mempelai pria ke keluarga calon mempelai wanita. Bentuk seserahannya sendiri beraneka ragam, dapat ditentukan berdasarkan adat maupun kebutuhan.

6.      Tukar Cincin

Acara ini bisa saja di skip karena sebagian orang lebih memilih tukar cincin ketika hari H pernikahan. Namun tak menutup kemungkinan pula jika ada pihak yang melakukannya ketika acara lamaran.

7.      Ramah Tamah Antar Keluarga

Melanjutkan acara selanjutnya adalah ramah tamah. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah kesan harmonis dan keakraban antar dua keluarga.

8.      Penutupan

Setelah rangkaian acara inti terlewati, maka sampailah pada acara yang terakhir yakni penutupan yang kemudian dilanjutkan dengan beberapa prakata sebagai bentuk balasan rasa terima kasih atas seserahan yang dibawa. Ucapan ini bisa dilakukan oleh pihak yang menjadi perwakilah keluarga maupun seseorang yang dituakan.

Tips Pengadaan Acara Lamaran yang Berkelas Tanpa Takut Dompet Jebol

 

Setelah Anda mengetahui rangkaian acara lamaran yang harus dilewati. Ada baiknya Anda mulai menyimak tips sewa tenda di bogor yang baik. Berikut beberapa tips pengadaan acara lamaran yang berkelas namun harga tetap terjangkau.

1.      Pilih Lokasi Lamaran yang Tepat

Pertama Anda bisa memilih lokasi yang tepat untuk melakukan perhelatan ini. Jika kondisi keuangan Anda sedang tidak sehat, halaman rumah maupun ruang tengah keluaga dapat dijadikan tempat yang tepat. Anda hanya perlu menambah dekorasi untuk mendapatkan kesan eksotis.

2.      Tentukan Dekorasi yang Multifungsi

Jika dirasa jangka waktu antara lamaran hingga pernikahan tidak terlalu lama, ada baiknya Anda memilih tema dekorasi yang multifungsi. Hal ini berguna agar Anda dapat menghemat waktu, tenaga, serta biaya tentunya.

3.      Minta Bantuan Teman Terdekat untuk Menjadi Panitia Acara

Sudah tentu ketika melewati acara lamaran terdapat moment tertentu yang harus diabadikan bukan? Namun seperti yang Anda ketahui jika menyewa tenaga lain untuk menghandle acara bisa jadi akan menyebabkan pembengkakan dana. Untuk menghindari biaya berlebih, Anda dapat meminta bantuan teman terdekat untuk dijadikan panitia terutama untuk dokumentasi.

4.      Buatlah Undangan Sendiri

Tips hemat lainnya yang bisa Anda praktikkan adalah merancang undangan sendiri. Do It Yourself aatu DIY menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat pengeluaran. Anda bisa bekerjasama dengan pasangan Anda untuk menghemat waktu juga loh.

5.      Gunakan Foto Pertunangan untuk Prewed

Pada dasarnya foto prewed tak harus melulu dilakukan menjelang pernikahan loh. Ternyata Anda pun bisa menjadikan foto pertunangan sebagai bagian dari prewed, selain tepat momentnya, hal ini juga dapat menghemat pengeluaran.

6.      Siapkan Barang Seserahan yang Dapat Dimanfaatkan Saat Resepsi

Sudah bukan hal baru jika acara lamaran selalu identik dengan aneka barang seserahan. Untuk menghemat, Anda bisa memilih barang-barang seserahan yang dapat dimanfaatkan ketika resepsi. Sudah tentu dapat terlihat manfaatnya bukan?

 

Nah itu dia penjelasan lengkapnya mengenai beberapa trik mengadakan acara lamaran yang simpel dan berkesan namun tetap hemat. Jika Anda memilih acara outdoor pastikan untuk melakukan sewa tenda di bogor dengan cermat ya. Informasi tambahan dapat Anda simak melalui website elarastenda.com. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *