February 21, 2020

Sudah Tahu Keuntungan Dan Kelemahan Tentang Shared Hosting? Simak Disini

Bagi anda yang telah berkecimpung dalam dunia web hosting, pastinya anda akan sangat akrab dengan istilah satu ini. Shared hosting adalah salah satu yang banyak dipilih oleh orang, terutama bagi mereka yang memiliki situs baru. Untuk berkenalan dengan jenis hosting satu ini, maka kali ini akan diulas beberapa keunggulan dan kelemahan menggunakan jenis hosting satu ini. Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Jenis Hosting Satu Ini Yang Perlu Anda Tahu

pexels.com

Shared web hosting merupakan salah satu nama yang dikenal bagi anda yang ingin berlangganan web hosting. Istilah ini biasanya digunakan untuk layanan web hosting, dimana beberapa situs berbagi sumber daya dari sebuah web server yang mempunyai ukuran yang besar. Pilihan jenis hosting satu ini pun juga merupakan salah satu jenis pilihan web hosting termurah yang bisa anda pilih.

Untuk itu, ketika anda ingin membuat website untuk usaha kecil, situs web portofolio, dan juga blog. Hal ini dikarenakan shared hosting mempunyai harga yang relatif cukup murah dan terjangkau. Sehingga anda pun bisa berlanggan beragam paket yang  bisa menguntungkan untuk anda. Saat ini banyak pula penyedia jasa web hosting yang menggunakan jenis hosting ini dan menawarkan paket dengan harga yang cukup terjangkau.

Kelebihan Menggunakan Shared Web Hosting Yang Perlu Anda Tahu

Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan jenis hosting satu ini adalah anda akan mendapatkan email masuk kepada pengguna atau anda sendiri. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa meskipun jenis hosting satu ini adalah dilakukan secara bersama – sama dengan berbagi server dengan pengguna lain, akan tetapi anda pun tak perlu khawatir akan email yang dikirim untuk pengguna tersebut.

Pasalnya, meskipun anda menggunakan shared hosting email yang dikirim untuk pengguna akan tetap masuk ke dalam email pribadi, bukan masuk ke semua email yang mempunyai layanan server yang sama. Selain itu, jika anda menggunakan jenis hosting ini maka anda pun akan mendapatkan control panel yang mudah. Dengan anda menggunakan shared web hosting ini, maka tentu saja akan banyak kemudahan yang akan anda dapatkan.

Salah satunya adalah control panel, dimana nantinya anda akan diberikan akses yang luas pada hal control penel ini. Nantinya, anda akan diberikan kemudahan dalam mengelola website ataupun blog karena memiliki akses ke control panel. Sehingga nantinya bagi pengguna yang menggunakan shared web hosting ini pun akan bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia.

Fitur tersebut diantaranya adalah ketika anda ingin mengunggah file atapun gambar, maka anda nantinya akan mendapatkan kelancaran dan akan lebih mudah bagi pengguna untuk melihat statistik yang berkaitan tentu web ataupun blog yang dimiliki. Tak hanya itu saja, shared web hosting ini pun juga sangat cocok digunakan untuk blog ataupun website bisnis dengan skala yang kecil.

Untuk itu, jika anda sedang mengembangkan bisnis atau masih awal membuat blog maka tak ada salahnya jika anda menggunakan jenis hosting satu ini untuk website anda. Hal tersebut dikarenakan tentang anggaran, dimana ketika anda sedang merintis sebuah bisnis maka anda pun bisa menggunakan layanan hosting dengan jenis ini untuk memangkas biaya anggaran yang digunakan oleh bisnis anda dalam membuat website.

Hal ini tentu saja dikarenakan shared hosting mempunyai harga yang sangat murah, sehingga tentu saja hal ini akan sangat cocok bagi anda untuk membuat blog pribadi ataupun membuat website yang dikhususkan untuk bisnis  yang baru saja anda rilis. Selain itu, dengan menggunakan shared web hosting ini juga akan sangat mudah untuk digunakan. Terutama bagi anda yang baru saja terjun di dunia web hosting dan masih bingung untuk menjalankan hosting.

Melalui shared web hosting ini, pastinya anda pun nanti tidak akan kesulitan lagi untuk menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan semua server nantinya akan diambil alih oleh penyedia layanan hosting tersebut. Sehingga dengan anda memilih jenis hosting yang cocok untuk bisnis pemula ataupun blogger individu, maka anda pun bisa memilih jenis hosting satu ini.

Tak hanya itu saja dengan menggunakan jenis hosting satu ini, maka anda pun nantinya juga akan sangat mudah untuk memakainya. Disini, pengguna akan dimudahkan dalam hal operasional, sehingga bagi anda yang pemula tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan web hosting satu ini. Selain itu, pengguna nantinya akan lebih fokus pada pembelajaran mengenai blog atau website yang sedang dibuat dan dibangun tersebut.

Kekurangan Menggunakan Shared Web Hosting Yang Perlu Anda Tahu

pexels.com

Adapun kekurangan dalam menggunakan shared hosting yang perlu untuk anda ketahui adalah bahwa jika anda menggunakan layanan hosting ini, maka penggunaan software lainnya pun akan terbatas. Pengguna dengan jenis hosting ini tidak akan bisa untuk mendapatkan akses dalam manjalankan software lain, kecuali yang telah ditawarkan oleh penyedia dari layanan hosting itu sendiri.

Tak hanya itu saja, dengan menggunaka shared web hosting ini juga mempunyai sistem keamanan yang kurang. Karena layanan hosting ini bersifat memberikan ruang yang luas pada satu server saja, maka hal tersebut tentu saja akan membuat rentan terhadap adanya penyalahgunaan akses maupun fitur yang sangat sensitif. Hal tersebut tentu saja dapat berdampak pada terbukanya celah dari keamanan yang telah terpasang sebelumnya.

Selain itu, shared hosting ini pun juga bisa memungkinkan adanya crash. Hal ini dikarenakan layanan ini merupakan jenis hosting yang menggunakan banyak pengguna di dalam satu server, sehingga nantinya hal tersebut akan mudah untuk terjadi crash. Hal itu terjadi jika terdapat beban yang berat, khususnya pada saat traffic, dimana akan berpengaruh pada kinerja situs web ataupun blog pada pengguna lain.

Untuk itu, ketika anda memutuskan untuk menggunakan jenis hosting satu ini pada website anda tentu saja andapun juga perlu mempertimbangkan kekurangan dan juga kelebihan yang dimilikinya. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan harga yang murah dalam berlangganan paket shared web hosting ini, maka anda pun bisa mencoba kode kupon Niagahoster untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *