April 2, 2020

Memiliki Makna yang Dalam, Yuk Cari Tahu Makna Logo Riau

Riau adalah salah satu pulau yang terletak di bagian Sumatera Tengah. Terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, Riau memiliki beragam suku dan juga budaya yang khas yang anda bisa kunjungi. Namun, Riau juga memiliki logo yang unik dan juga arti yang mendalam bagi masyarakat riau sendiri. Nah untuk itu, yuk simak makna logo riau berikut.

 

Arti dari Lambang Provinsi Riau

 

  1. Rantai

 

Jika anda melihat dengan seksama lambang provinsi riau memiliki rantai di pinggiran logonya. Jumlah rantai ini ialah 45 buah dan akan melingkari seluruh lambang. Rantai yang berjumlah 45 ini memiliki arti tahun Indonesia merdeka yaitu 1945. Rantai juga digambarkan tidak terputus dan selalu menyambung melingkari bagian lambang. Hal ini melambangkan persatuan yang ada di Indonesia dan tentunya bagi masyarakat riau sendiri.

 

2 Padi dan Kapas

 

Lambang Riau ini memiliki gambar padi dan kapas yang melingkari keris. Jumlah padi pada lambang tersebut berjumlah 17 yang memilik ciri filosofis tanggal 17 sebagai tanggal kemerdekaan. Sementara kapas memiliki jumlah 8, yang bermakna filosofis bulan 8 yaitu Agustus sebagai bukan kemerdekaan Indonesia. Makna padi dan kapas ini sering kita jumpai di beberapa logo suatu daerah dan juga di Pancasila sendiri.

 

  1. Lancang Kuning

 

Pada logo Riau anda akan mendapati sebuah perahu layar yang berwarna kuning dan memiliki lima gelombang. Makna lancang kuning ialah kebesaran rakyat Provinsi Riau sedangkan sogok loncang berkepala ikan memiliki makna, Riau menghasilkan banyak ikan dan juga sumber kehidupan dari laut. Selain itu, gelombang lima lapis melambangkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

 

  1. Keris

 

Anda juga akan menemukan gambar keris pada lambang riau tersebut. Gambar keris pada lambang Riau ini melambangkan kepahlawanan rakyat Riau, berdasarkan kebijaksanaan dan juga kebenaran. Tulisan riau pada bawah keris memiliki warna merah yang berarti keberanian. Tak hanya warna merah, lambang Provinsi Riau juga menggunakan warna seperti hijau, kuning, putih dan sedikit warna hitam. Setiap warna ini memiliki arti yang berbeda pula.

 

  1. Tanaman Nimbung

 

Setiap daerah pasti memiliki lambang daerah yang digunakan untuk menunjukkan identitas khas dari masing masing daerah. Provinsi Riau sendiri memiliki identitas tanaman nibung dan juga burung serindit sebagai maskot dari provinsi tersebut. Tanaman nibung dipilih karena memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi masyarakat Riau. Burung serindit memiliki mitos yang khas dengan tradisi masyarakat tradisional Provinsi Riau.

 

Logo di setiap daerah memang rasanya wajib dimiliki untuk meningkatkan nama dan ciri khas dari suatu daerah. Dengan memilki ciri khas yang berbeda, masyarakat akan lebih mengenal daerah dengan lebih gampang. Selain itu, memiliki nama daerah yang terkenal bisa menambah pemasukan dana daerah. Salah satunya Provinsi Riau yang memilih maskot kota dengan hewan dan juga tanaman yang dekat dengan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *