February 21, 2020

7 Fakta Adat Palembang yang Harus Anda Ketahui

Indonesia kaya akan suku bangsa, bahasa dan adat istiadatnya yang senantiasa dijunjung tinggi. Dari sekian banyaknya suku yang ada, Palembang adalah daerah yang memiliki adat istiadat unik dan berbeda dengan lainnya. Sebagai tambahan informasi bagi Anda, berikut akan kami sajikan informai seputar fakta unik adat Palembang. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Palembang: Suku dan Budaya

Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Memiliki 18 kecamatan dan 107 kelurahan, Palembang memiliki kurang lebih 12 suku bangsa. Kesemua suku bangsa tersebut memiliki ragam adat istiadat yang berbeda-beda. Sehingga tak heran jika budaya inilah yang menjadikan adat Palembang mempunyai ciri khas tersendiri.

7 Adat Palembang Terunik

Sebagai tambahan informasi Anda, berikut ini akan kami uraikan penjelasan mengenai adat Palembang yang unik dan menarik untuk disimak bersama.

1.      Tradisi Bekarang Iwak

Jenis tradisi adat Palembang yang pertama adalah Bekarang iwak. Tradisi ini biasanya dilakukan sekali dalam setahun dimana warga akan terlibat untuk mencari ikan dan segera dijual. Hasil penjualan biasanya digunakan untuk kemaslahatan bersama.

2.      Tradisi Munggah

Selanjutnya ada tradisi munggah yang merupakan rangkaian dari acara pernikahan adat Palembang. Acara ini biasanya dipilih pada hari libur Idul Fitri atau Idul Adha. Adapun kegiatannya sendiri melibatkan pihak keluarga mempelai wanita dan pria yang kesemaunya dilaksanakan di kediaman perempuan.

3.      Tradisi Sedekah Rame

Tradisi sedekah rame merupakan salah satu adat Palembang yang dilakukan oleh para petani. Kegiatan ini ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk meminta kelancaran dalam proses panen padi.

4.      Tradisi Sunatan

Sunatan merupakan suatu proses yang harus dilalui oleh seorang anak laki-laki yang sudah akil baligh. Tak hanya berlaku untuk kaum muslim saja, hal ini juga berlaku bagi mereka yang tinggal di daerah Palembang. Biasanya dalam acara ini akan ditambahi dengan beberapa adat Palembang yang unik.

5.      Tradisi Bebehas

Bebahas merupakan adat Palembang yang biasanya dilakukan oleh warga di Kabupaten Muara Enim. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para wanita dan kaum ibu ketika menjelang acara pernikahan putra/ i nya.

 

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai fakta adat Palembang yang harus Anda ketahui bersama. Terdapat adat lain yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat sekitar. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan Anda memperbanyak ruang referensi lainnya. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *