March 4, 2021

Perbedaan Liga Bola Indonesia vs Malaysia

Membahas mengenai pertandingan sepak bola indonesia vs malaysia, selama ini memang begitu seru sekali. Saling bentrok dalam sejumlah pertadingan bergengsi di wilayah Asia, dan konflik yang terjadi dilapangan memang begitu menarik sekali diikuti. Hal inilah yang menjadikan pertandingan dua negara serumpun itu memang selalu dinantikan pecinta permainan kulit bundar.

Namun dibalik persaingan ketat diantara keduanya, selama ini banyak sekali pemain dari dua negara saling bertukar posisi bermain. Apalagi dua negara ini juga memiliki liga yang kompetitif untung diikuti. Bahkan beberapa pemain timnas Indonesia juga ada yang bermain di Liga Malaysia. Bahkan pelatih seperti Rahmad Darmawan juga pernah menaungi salah satu klub Malaysia.

Sejumlah Perbedaan Liga Bola Indonesia vs Malaysia

Dalam pandangan sejumlah pemain dan pelatih, ada yang membedakan antara liga bola indonesia vs malaysia selama berkarir disana. Beberapa perbedaan itu antara lain:

  • Atmosfer Penonton

Jika dibandingkan dengan  liga Indonesia, soal penonton di liga Malaysia jauh lebih sepi. Jumlah suporter yang memadati lapangan sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan liga Indonesia.

  • Kedisiplinan Tim Sepakbola

Soal sistem regulasi dan aturan dan tim Malaysia sudah mengikuti aturan yang berlaku. Sedangkan di Indonesia sendiri terjadi konflik di lapangan yang mengundang beberapa sanksi pada tim yang berlaga di Liga.

  • Kualitas Pemain

Kebanyakan pemain Malaysia banyak mempelajari strategi dan taktik bermain dalam jangka waktu yang lama. Karena di Malaysia sendiri kompetisi Liga sudah dimulai sejak usia 16. Sehingga kualitas dari pemain senior pun untuk dada lebih berpengalaman dibandingkan Liga Indonesia.

  • Kinerja Pelatih

Jika dibandingkan dengan Liga Indonesia, biasanya seberapa musim yang berlangsung memperkerjakan pelatih yang sama. Sedangkan di Malaysia sepak bola banyak yang memiliki dana besar, sering kali berganti pelatih untuk mengejar target juara.

  • Pilihan Pelatih

Malaysia memiliki pilihan mempekerjakan pelatih asing. Dan liga Indonesia masih didominasi pelatih tanah air yang tak kalah kualitasnya.

Itulah beberapa perbadingan liga indonesia dengan malaysia yang bisa Anda ketahui. Semoga memberikan tambahan informasi bagi Anda yang mengikuti perkembangan sepakbola nasional maupun dunia.