January 17, 2022

Inilah Beberapa Penyebab Blower AC Yang Mengalami  Kerusakan

Blower AC merupakan salah satu alat yang berbentuk dinamo beserta daun kipas. Keberadaan alat tersebut dikatakan cukup central, karena ketika nantinya blower tidak dapat berfungsi secara normal, kualitas udara yang dihasilkan oleh AC menjadi terganggu. Tidak hanya itu, tekanan pada refrigerant menjadi terlalu tinggi jika pada bagian kipas nantinya tidak berputar.

Berikut beberapa ciri-ciri yang bisa anda ketahui terkait dengan blower yang mengalami masalah atau kerusakan. Pertama tentu udara yang dihasilkan oleh AC tersebut menjadi tidak maksimal. Selanjutnya hal yang menyebabkan blower menjadi rusak ialah pada poros yang offline. Tentu blower yang rusak akan mengalami sebuah gangguan pada porosnya. Sehingga nantinya blower tersebut akan berbunyi seperti mesin kekurangan pelumas.

Masalah tersebut ternyata tidak disebabkan karena bagian poros yang, lebih dari itu masalah pada blower sering dialami karena tingkat penggunaan yang cukup lama. Dalam hal ini anda harus menggunakan timer supaya blower pada tetap terjaga kualitasnya.

Hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tersebut adalah adanya benda asing yang masuk di dalamnya. Karena pada dasarnya blower akan menghisap udara, barang hal tersebut sering kemasukan benda asing Seperti hewan-hewan berterbangan atau benda keras lainnya.

Masalah tersebut sering muncul karena kurang perawatan pada bagian ini. Tidak hanya itu debu yang mengotori pada bagian kipas blower juga menyebabkan masalah di kemudian hari. Ketika debu masuk tentunya debu tersebut akan mengendap pada permukaan evaporator AC. Hal ini akan menyebabkan bagian blower menjadi cepat panas. Coba Lihatlah pada bagian bearing blower aus, jika anda tidak mengetahui tentang alat elektronik.

Sebaiknya memanggil jasa penyedia service layanan yang mampu melakukan perawatan dengan baik. Itulah beberapa informasi terkait dengan penyebab blower yang akan mengalami kerusakan. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan anda dalam menjaga kualitas air conditioner di bagian bawah. Pahami artikel ini dari atas hingga bawah Maka akan banyak sekali pengetahuan yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Inilah Langkah-Langkah Dalam Merawat Blower

pixabay.com

Tentu jika anda mengalami masalah pada bagian bawah ada beberapa cara yang bisa digunakan. Umumnya saat keadaan seperti ini para pengguna memang akan menggunakan AC secara terus menerus. Hal tersebut dipicu karena udara yang cukup panas dan mengakibatkan gerah. Berikut beberapa cara atau langkah-langkah yang dapat anda gunakan ketika merawat bagian blower.

Pertama Anda harus membersihkan terlebih dahulu saringan udara pada AC. Kondisi yang kotor tentu akan membuat debu menjadi menumpuk pada bagian filter.

Oleh karena itu penulis sangat menganjurkan jika anda juga sekalian untuk membersihkan filter udara. Selanjutnya bersihkan bagian pada operator AC. Dalam membersihkan bagian ini anda bisa menggunakan mesin penyedot atau portable lainnya.

Jangan lupa ketika membersihkan bagian ini usahakan jangan sampai menyentuh bagian sirip evaporator. Karena bagian tersebut cukup Riskan dan gampang patah. Untuk membersihkan bagian ini nantinya Anda Tegal menggunakan vacuum cleaner kearah evaporator. Cara selanjutnya untuk melakukan perawatan pada bagian bawah ialah membersihkan kipas blower. Kipas tersebut harus sering dibersihkan karena banyak sekali debu yang menempel di atasnya.

Selain itu hal tersebut akan menjadi kualitas blower cepat panas. Jangan lupa untuk mengatur suhu thermostat pada bagian ruangan. Secara tidak langsung hal ini juga menjadi ketentuan yang bisa membuat blower menjadi lebih baik.

Jika mengalami masalah pada bagian kabel tentu ada baiknya anda menggunakan alat penunjang karena harga armaflex 2 inch cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan anda dalam merawat bagian blower.

Kesalahan Vital Dalam Memasang AC Akan Mempengaruhi Bagian Blower

pixabay.com

Tentu Salah satu hal yang melandasi bagian blower mengalami kerusakan ialah kurang tepatnya dalam memasang sebuah posisi AC. Hal tersebut merupakan salah satu yang paling sering dilakukan oleh teknisi AC. Faktanya AC sering mengalami masalah pada blower karena dipasang secara tidak tepat. Hal tersebut akan membuat air mengalir ke saluran pembuangan dan bisa masuk ke bagian blower.

Sehingga blower tersebut akan mengalami konsleting dan sulit berputar. Untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh salahnya pemasangan. Pastikan terlebih dahulu posisi AC bisa menempel di dinding secara benar. Jangan lupa untuk melihat kualitas AC dalam beberapa waktu. Misalnya satu bulan satu kali service. Dampak lain yang dihasilkan terjadi kebocoran pada bagian freon.

Karena pada bagian pipa yang berfungsi dalam mengalirkan udara dingin tersebut akan tersumbat oleh kotoran dan debu. Sehingga pada bagian blower juga akan berpengaruh karena bekerja dua kali lipat lebih kuat. Cara yang paling efektif digunakan ialah dengan mengoleskan bagian ring blower dengan oli pelumas. Sehingga putaran yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Ketika debu sudah menumpuk dan blower ac tidak berjalan. Tentu kualitas udara yang dihasilkan juga tidak baik untuk kesehatan orang yang beraktivitas di ruangan tersebut. Beberapa informasi kesalahan fatal ketika memasang AC yang mempengaruhi kualitas blower. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dalam merawat penggunaan AC.