January 17, 2022

Pengertian dan Karakteristik Perusahaan Dagang

Pengertian dari perusahaan dagang adalah sebiah usaha yang melakukan kegiatan seperti membeli dan menjual. Proses menjual kembali disini bukan berarti melakukan pengolahan demi mendapatkan nilai yang lebih banyak lagi. Perusahaan yang satu ini adalah perusahaan yang mempunyai pendapatan dari kegiatan transaksi jual beli. Transaksi jual beli ini seperti membeli dan menjual bahan baku, barang setengah jadi, dan ada juga barang yang sudah jadi. Barang yang diperjual belikan disini bisa berupa hasil perkebunan, pertanian, industri, dan lainnya.

Karakteristrik Perusahaan Dagang

Setelah membaca uraian di atas tentu anda semakin tahu tentang pengertian perusahaan dagang. Karena bentuk perusahaan ada banyak sekali, terkadang sangat sulit membedakan antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Untuk membedakan perusahaan dagang dengan perusahaan lainnya maka perlu mengetahui karakteristiknya. Nah di bawah ini ada beberapa point karakteristik yang dimiliki perusahaan dagang.

  1. Barang yang diperjual belikan berwujud

Berbeda dengan perusahaan jasa, perusahaan dagang ini menjual berbagai barang yang berwujud. Contoh barang tersebut adalah seperti bermotor, beras, mebel, dan berbagai barang berwujud lainnya.

  1. Tidak ada penambahan nilai atau perubahan bentuk

Nilai tambah yang dimaksud adalah melakukan perubahan bentuk di sebuah baranh untuk mendapatkan nilai tambah. Sedangkan di perusahaan dagang tidak ada proses penambahan nilai, hanya berupa kegiatan menjual dan membeli baranh saja.

  1. Mempunyai akun khusus

Hal yang membedakan perusahaan dagang dengan perusahaan lainnya adalah di perusahaan dagang ini mempunyai akun khusus. Akun ini digunakan untuk mempermudah dalam mempromosikan produk yang dijual.

  1. Perhitungan laba rugi

Satu hal yang pasti ada di semua jenis perusahaan adalah perhitungan laba rugi. Perusahaan dagang ini juga mempunyai perhitungan laba rugi untuk setiap akun yang dimilikinya.

Itulah informasi mengenai pengertian dan karakteristik dari perusahaan dagang. Dengan mengetahui pengertian dan karakteristik tersebut anda akan lebih mudah mengenal perusahaan dagang. Tentu saja perusahaan dagang berbeda dengan perusahaan lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua.