June 24, 2021

Nutrisi yang Perlu Diperhatikan dalam Diet Ibu Hamil Trimester 3

diet ibu hamil trimester 3

Memasuki usia kehamilan di trimester tiga menjadi saat-saat yang bisa dibilang sangat mendebarkan. Usia kehamilan sudah semakin bertambah dan mendekati saat-saat kelahiran bagi sang buah hati. Dalam masa ini, kehamilan sudah terlihat sangat besar karena ukuran sang janin pun sudah cukup besar dan mulai aktif bergerak di dalam rahim. Di usia ini, sang ibu pun memerlukan asupan makanan agar tetap sehat dan sang bayi masih tetap harus mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan. Dalam kondisi ini, tentu pola makan yang tepat sangat diperlukan agar asupan nutrisi tetap terpenuhi. Untuk itu, ada beberapa nutrisi yang harus terpenuhi.

Yang pertama adalah zat besi. Zat besi ini erat kaitannya dengan darah. Kekurangan zat besi akan menimbulkan anemia, dan kondisi ini tentu tidak baik untuk sang ibu dan buah hatinya. Ketika badan harus dalam keadaan sehat, anemia menyebabkan badan terasa lemas. Bahkan, pendarahan pun bisa terjadi dan ini bisa sangat berbahaya. Dalam hal ini, makanan yang kaya akan zat besi patut dikonsumsi, seperti daging sapi, kacang-kacangan, telur, serta produk-produk olahan susu seperti keju dan yogurt. Kandungan protein juga sangat diperlukan. Protein akan dibutuhkan dalam pembentukan sel dan ini penting dalam pertumbuhan bayi di dalam rahim. Protein tidak harus selalu berasal dari susu, walau memang ini adalah salah satu sumber utama. Bila susu dirasa membuat mual, ini bisa diganti dengan susu kedelai. Bahan lain yang kaya akan protein adalah kacang-kacangan, tahu, ikan, dan tempe.

Calon buah hati tentu tidak hanya berkembang fisiknya saja. Otak pun tetap perlu perhatian dan untuk itu nutrisi berupa DHA sangat dibutuhkan. DNA ini akan mendukung perkembangan sel dan jaringan otak sang anak. DHA bisa ditemukan dalam susu, telur, dan juga buah-buahan. Untuk perkembangan sang bayi, asam folat juga tak bisa diabaikan. Asam folat ini berguna untuk perkembangan jaringan dalam tubuh sang buah hati. Ketika asam folat terpenuhi, bayi pun nantinya bisa lahir dengan berat badan yang normal. Asam folat ini bisa dijumpai dalam bahan makanan seperti selada, bayam, dan sayuran hijau lainnya.