December 6, 2021

Macam-Macam Media Sosial Paling Sering Digunakan Di Indonesia

 

 

Masyarakat di negeri ini tentu sudah tidak asing dengan macam-macam media sosial yang beredar sekarang ini. Pasalnya pengguna media sosial di tanah air sendiri sudah lebih dari setengah total penduduknya. Hal tersebut jelas semakin membuktikan betapa dekat masyarakat kita dengan adanya media sosial. Dari sekian banyak macam atau ragam media sosial yang ada, kiranya tetap saja ada beberapa yang dianggap paling populer sehingga paling sering digunakan. Hal tersebut bisa karena masyarakat kita yang memang mudah terbawa tren, atau bisa pula karena kesesuaian media sosial yang dimaksud dengan karakteristik dan tentu saja selera masyarakat kita secara umum.

Macam-macam Media Sosial Favorit Masyarakat Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber salah satunya yaitu Kang Sandi yang merupakan tempat dimana berbagai informasi menarik disampaikan, setidaknya ada empat platform media sosial yang belakangan ini atau beberapa tahun ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Diantara media sosial yang dimaksud ada yang sudah cukup lama eksis sehingga artinya telah berhasil menjaga eksistensinya diantara ketatnya persaingan antar media sosial, ada pula yang masih terbilang cukup baru namun telah sukses menarik perhatian banyak pengguna dalam negeri. Untuk lebih jelasnya, beberapa macam media sosial paling populer sehingga paling sering digunakan oleh pengguna media sosial di negeri ini antara lain sebagai berikut.

  1. YouTube

Bisa dikatakan youtube merupakan media sosial paling sukses sekarang ini baik dilihat dari penggunanya di dalam negeri maupun di kancah global. Pasalnya hampir dapat dipastikan semua pemilik akses internet pasti pernah mengakses media sosial satu ini, dimana sebagian besar diantaranya cukup rutin melakukan berbagai aktivitas di dalamnya. Beberapa aktivitas yang dimaksud misalnya menonton video, mengunggah video, membuat playlist video dan beberapa hal lainnya terkait video. Kebanyakan aktivitasnya terkait dengan video karena memang media sosial satu ini merupakan media sosial berbagi video yang bukan hanya dapat membuat seseorang terhibur dengan berbagai macam video di dalamnya tetapi juga dapat membuat seseorang mendapat penghasilan apabila berhasil menjadi kontributor dan menyajikan tayangan video yang menarik.

  1. Facebook

Mengekor dengan ketat di posisi kedua ada facebook yang merupakan media sosial dengan jenis jejaring sosial. Diantara macam-macam media sosial lainnya yang juga berjenis jejaring sosial, kiranya facebook merupakan yang paling panjang popularitasnya. Pasalnya jika kebanyakan media sosial dengan jenis semacam itu hanya bertahan sekitar 3 hingga 6 tahun saja, facebook justru masih cukup populer sejak setidaknya satu dekade lalu hingga kini. Hal tersebut sangat mungkin diakibatkan karena berbagai pengembangan yang dilakukan oleh mereka mulai dari menyesuaikan tampilan, menghadirkan berbagai fitur baru, memaungkinkan adanya crossover dengan media sosial lain dan masih banyak lagi hal lainnya. Kiranya bukan tidak mungkin jika facebook akan terus merajai jejaring sosial untuk kurun waktu yang cukup lama kedepannya.

  1. Instagram

Berikutnya ada media sosial favorit para selebritas tanah air yang membuatnya akhirnya menjadi salah satu media sosial paling populer juga di negeri ini. Sebetulya konsep dari media sosial satu ini cukup sederhana yaitu hanya berbagi foto atau gambar saja. Tetapi mungkin karena kesederhanaan itulah yang membuatnya cukup banyak mencuri perhatian. Apalagi dengan dimungkinkannya menyertakan video pendek yang akan hilang dalam 24 jam yang seolah merupakan hal eksklusif yang hanya dapat dinikmati oleh orang lain sebentar saja. Seperti halnya facebook, eksistensi dari Instagram ini pun dapat terbilang cukup lama meskipun memang belum selama facebook. Tetapi melihat bagaimana angka penggunanya yang terus meningkat bukan tidak mungkin masa kejayaan media sosial satu ini sebetulnya justru belum diraihnya.

  1. TikTok

Yang terakhir dalam daftar kali ini yaitu aplikasi asal negeri tirai bambu. Menariknya aplikasi ini disebut-sebut akan mampu menyaingi kedigdayaan youtube karena sama-sama merupakan media sosial tempat berbagi video. Apalagi ada kelebihan berupa mixing dengan musik dan berbagai filter unik dan menarik yang amat sangat mudah dilakukan. Wajar kiranya jika banyak orang yang mulai berpikir untuk pindah menjadi pengguna media sosial ini meski ada pula yang mencoba bermain aman dengan tetap menggunakan keduanya. Sejauh ini pengguna media sosial satu ini masih didominasi oleh kalangan muda, berbeda dengan youtube yang sudah merangsek ke segala kalangan dan tentu saja segala klasifikasi usia.

Perkembangan Media Sosial Lainnya

Keempat media sosial di atas kiranya tak perlu diperdebatkan lagi karena memang semuanya pastilah akan mengakui popularitasnya. Hal yang menjadi menarik untuk diperhatikan adalah bagaimana media sosial lainnya berkembang. Karena seperti yang sudah disampaikan sejak awal bahwa ada banyak sekali macam-macam media sosial yang beredar baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Perkembangan yang paling mungkin akan terjadi adalah adanya pengadaptasian berbagai fitur populer yang ada di suatu media sosial untuk diterapkan pula pada media sosial lainnya. Hal semacam itu sebetulnya sudah cukup banyak terlihat misalnya fitur story yang awalnya diinisiasi oleh snapchat namun kini sudah ada di Instagram, facebook, whatsapp dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan jelas untuk menarik pengguna yang memang seringkali mencoba suatu media sosial karena tertarik dengan fiturnya.