February 21, 2020

Sudahkah Anda Mengenal Yang Tercinta Habib Ali Al Jufri?

Sudahkah Anda mengenal yang tercinta Habib Ali Al Jufri? Habib Ali Al Jufri memiliki nama lengkap Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman al-Jufri. Habib Ali Al Jufri dilahirkan di Kota Jeddah, Arab Saudi pada 16 Aril 1971 M atau bertepatan dengan 20 Safar 1291 H.

Sebagai salah satu ulama yang memiliki pengaruh besar di dunia, nama Habib Ali Al Jufri juga cukup populer di Indonesia, bahkan di dunia Barat. Wajar saja jika banyak sekali gambar maupun poster Habib Ali Al Jufri yang dijual bebas di luaran sana.

Namun untuk Anda yang ada niatan untuk membuat gambar atau poster Habib Ali Al Jufri secara khusus, kenapa Anda tidak mencoba beli custom posters di gogolfnw.com saja. Salah satu tempat pembuatan poster khusus terbaik yang bisa Anda kunjungi.

Pendidikan Habib Ali Al Jufri

Perjalanan pendidikan Habib Ali Al Jufri dimulai di lingkungan keluarganya sendiri. Saat masih kecil, sang Habib mulai nenimba ilmu kepada bibi dari ibundanya yang bernama Habibah Shafiyah binti Alwi bin Hasan Al-Jufri. Bahkan bisa dikatakan Habibah Shafiyah binti Alwi bin Hasan Al-Jufri inilah yang memberikan pengaruh yang sangat besar dari segi keilmuannya.

Sehabis berguru ke Habibah Shafiyah binti Alwi bin Hasan Al-Jufri, Habib Ali tak henti-hentinya memperdalam ilmunya ke beberapa tokoh besar. Dan salah satu guru utamanya adalah Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf.

Bisa dikatakan cukup lama Beliau berguru kepada Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf. Kepada Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf, Habib Ali belajar kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim. Selain itu Beliau juga mempelajari Tajrid Al-Bukhari, Ihya’ Ulumiddin, dan beberapa kitab-kitab penting lainnya.

Selain berguru kepada Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf, Habib Ali Al Jufri juga memperdalam ilmunya dengan berguru kepada Habib Ahmad Masyhur bin Thaha Al-Haddad. Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki juga merupakan salah satu ulama besar yang juga menjadi gurunya.

Kepada Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki, Habib Ali mempelajari beberapa kitab utama dalam Islam, seperti musthalah hadits, ushul, dan sirah. Selain itu Habib Ali juga berguru kepada Habib Hamid bin Alwi bin Thahir Al-Haddad. Kepada sang Habib, Habib Ali belajar Al-Mukhtashar Al-Lathif dan Bidayah Al-Hidayah.

Selama lebih dari empat tahun Habib Ali Al Jufri juga menimbal ilmu kepada Habib Abu Bakar Al-`Adni bin Ali Al-Masyhur. Beberapa kitab yang dipelajarinya seperti Sunan Ibnu Majah, Bidayah Al-Hidayah, Ar-Risalah Al-Jami`ah, Tafsir Al-Jalalain, Lathaif Al-Isyarat, Tanwir Al-Aghlas, Tafsir Ayat Al-Ahkam, Al-Muqaddimah Al-Hadhramiyyah, dan Tafsir Al-Baghawi.

Kuliah Di Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Shan`A, Yaman

Tepatnya pada tahun 1991 M atau 1412 H hingga tahun 1993 M atau 1414 H, Habib Ali Al Jufri memutuskan untuk kuliah di Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Shan`a, Yaman. Dan setelah Beliau menyelesaikan kuliahnya, Beliau memutuskan untuk menetap di Tarim, Hadhramaut.

Di Tarim, Hadhramaut Habib Ali Al Jufri belajar sekaligus mendampingi Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz mulai tahun 1993 sampai dengan tahun 2003. Dan beberapa kitab yang dipelajarinya dari sang Habib meliputi kitab-kitab Shahih Al-Bukhari, Ihya’ Ulumiddin, Risalah Al-Mu`awanah, Adab Suluk Al-Murid, Minhaj Al-`Abidin, Ar-Risalah Al-Qusyairiyyah, Al-`Iqd An-Nabawi, Al-Hikam, dan lain sebagainya.

Selain dari para ulama yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak ulama besar lain yang menjadi guru Habib Ali Al Jufri. Ulama-ulama tersebut diantaranya adalah Syaikh Sayyid Mutawalli Asy-Sya`rawi, Syaikh Muhammad Zakiyuddin Ibrahim, Syaikh Umar bin Husain Al-Khathib, Syaikh Ismail bin Shadiq Al-Adawi di Al-Jami` Al-Husaini dan di Al-Azhar Asy-Syarif, Mesir.

Bahkan istimewanya lagi, Habib Ali Al Jufri juga mengambil ijazah dari 300-an syaikh dalam berbagai cabang ilmu. Oleh sebab itu bisa dikatakan jika dari segi keilmuan dan sanad keilmuan, Habib Al Al Jufri tidak bisa diragukan lagi.

Kiprah Habib Ali Al-Jufri Dalam Dakwah

Salah satu kelebihan dari Habib Ali Al Jufri adalah ketika berbicara di forum akan membuat yang mendengarnya terkagum-kagum dengan penguasaan ilmu agamanya yang sangat mendalam. Selain itu Habib Ali juga dikenal sangat piawai dalam mengulas permasalahan-permasalahan di era modern.

Materi yang dibawakannya pun tidak hanya mengandalkan retorika semata. Namun penuh dengan pemahaman-pemahanan baru serta sarat dengan informasi-informasi penting yang ditopang dengan argumentasi-argumentasi yang kukuh. Dan semoga  dari ulasan singkat ini mampu membuat Anda semua lebih mengenal yang tercinta Habib Ali Al Jufri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *