December 15, 2019

Melihat Kota Malang Dari Geografis, Kuliner dan Parisiwata

Kota Malang merupakan salah satu kota yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kota ini termasuk yang terbesar kedua di Jawa Timur dan terbesar ke 12 di Indonesia.

Kota ini memiliki luas sekitar 145.28 km dengan jumlah penduduknya kurang lebih sekitar 895,387 jiwa. Mayoritas penduduk di kota ini berasal dari suku Jawa dan juga Madura.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Kamu untuk mengetahui Kota Malang dari segi Geografis, Pariwisata, dan Kuliner yang ada di kota ini. Jadi, untuk yang sudah tidak sabar, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Sekilas tentang kota Malang

pixabay.com

Kota ini berjarak sekitar 90 km dari selatan kota Surabaya. Kota ini berada di atas ketinggian sekitar 480 – 667 meter diatas permukaan laut sehingga kota ini terkenal dengan hawa udara yang dingin dan sejuk.

Kota ini di kelilingi beberapa gunung di empat penjuru mata angin. Di bagian selatan, terdapat gunung Kelud. Pada bagian utara, menjulang dengan tinggi gunung Arjuno. Pada bagian timur kota ini, terdapat gunung Semeru dan di bagian barat terdapat gunung panderman dan juga gunung kawi.

Kota ini memiliki iklim tropis basah dimana terdapat dua pergantian cuaca yang sama seperti di wilayah Indonesai pada umumnya, yaitu musim hujan dan kemarau

Pariwisata di kota Malang

Salah satu wisata unggulan yang berada di kota Malang adalah gunung Bromo. Jika di telisik kembali, gunung ini mencakup beberapa wilayah seperti Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang. Konon katanya, Bromo dianggap menjadi gunung yang suci bagi masyarakat suku Tengger.

Gunung ini terbilang sebagai gunung yang aktif dengan interval letusan sekitar 30 tahun sekali. Ada beberapa tempat menarik di gunung ini yang bisa kamu kunjungi. Beberapa tempat tersebut antara lain adalah Pura Luhur Poten Bromo, Padang Savana (pasir berbisik), Kawah Bromo dan Padang Teletubbies.

Selain itu, yang paling menarik perhatian dari para wisatawan yang mendaki gunung ini tentu saja panorama sunrise yang indah dan mempesona. Kebanyakan para pendaki ingin menyaksikan mentari terbit dari ufuk timur di atas ketinggian gunung ini. Selain Gunung Bromo, masih ada banyak sekali wisata di kota Malang ini.

Kuliner khas Malang

pixabay.com

Datang ke Kota Malang tanpa mencicipi kuliner khas tradisionalnya rasanya kurang lengkap. Beberapa makanan khas dari kota ini antara lain adalah Sego Goreng Mawut. Sego Goreng Mawut ini merupakan nasi goreng yang memiliki susunan tidak rapi alias berantakan.

Campuran dari nasi goreng ini adalah mie goreng. Rasa dari makanan ini sangatlah lezat dan enak di lidah.

Makanan khas lain dari kota ini adalah orem-orem. Kuliner ini jika dilihat secara sepintas tak ubah bedanya seperti makanan Opor ayam. Orem-orem ini terdiri dari telur, daging ayam dan juga ketupat atau lontong dan kuah yang lebih kental jika dibandingkan dengan Opor.

Selain itu terdapat juga potongan tempe yang tidak ada dimakanan opor. Makanan atau kuliner khas lain dari kota ini adalah Rawon. Kuliner yang satu ini sudah cukup populer dan banyak di minati orang-orang.

Yang menjadikan makanan ini unik adalah kuahnya yang berwarna hitam. Rasa dari rawon ini merupakan kolaborasi antara daging sapi dengan beberapa rempah-rempah semisal bawang putih, serai dan lengkuas yang akan membuat tubuh mu terasa lebih hangat ketika berada di kota yang dingin dan sejuk ini.

Makanan khas lain dari kota ini adalah Bakso Malang. Perbedaan mendasar dari Bakso Malang dengan bakso lain adalah bentuk bulatan bakso lebih besar dengan isi di dalamnya berupa telur puyuh dan memiliki beberapa campuran semisal bakwan dan lain sebagainya pengganti dari pangsit. Rasa bakso ini sangat enak dan pasti akan membuat kamu ketagihan.

Catering di kota Malang

Berbicara mengenai makanan, kami ingin merekomendasikan salah satu jasa catering malang terbaik. Jika kamu memiliki rencana untuk menginap beberapa saat di kota ini dan ingin memesan catering untuk beberapa hari kedepan, kamu bisa pilih salah satu jasa catering terbaik yang ada di kota Malang.

Jasa catering tersebut adalah Ranakitchen. Di jasa catering ini ada banyak sekali pilihan menu masakan yang ditawarkan. Ada paket nasi box dengan beragam menu masakan. Ada paket Bento Box, ada paket prasmanan dan lain sebagainya.

Jasa catering ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Malang dan sekitarnya karena memang rasanya enak dan harganya juga murah. Jasa catering ini akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan dan konsumennya.

Karena mereka telah berpengalaman dalam melayani para konsumen sehingga banyak dari konsumen yang merasa puas dengan pelayanan mereka. Kamu tidak usah ragu lagi untuk memesan masakan untuk sehari-hari ketika berada di kota ini lewat jasa catering ini. Jika kamu ingin memesan catering di jasa ini, kamu bisa klik disini.

Nah, itulah sekilas mengenai kota Malang, Jawa Timur mulai dari letak geografis, tempat wisata, kuliner khas dan juga jasa catering terbaik yang ada di kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *