January 17, 2022

Kolesterol Tinggi? Ini 3 Buah Penurun Kolesterol

Kolesterol pada dasarnya diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel sehat pada tubuh. Oleh karena itu, kita juga harus tetap mengonsumsi kolesterol. Namun, hanya dalam kadar sedikit.

Permasalahan kemudian timbul ketika kita terlalu banyak mengonsumi makanan yang banyak mengandung kolesterol. Akibatnya kolesterol dalam darah meningkat. Tingginya kolesterol dalam tubuh dapat menjadi pemicu serangan jantung, stroke dan diabetes. Kolesterol yang tinggi pada tubuh dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu yang memiliki manfaat penurun kolesterol.

Buah Penurun Kolesterol

  1. Apel

Apel memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk mengatasi kolesterol. Apel mengandung pektin yaitu serat halus yang larut air. Berfungsi menyerap lemak dan membawanya keluar dalam bentuk urin dan feses. Selain itu, kandungan serat pada apel membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga dapat mengontrol nafsu makan.

  1. Pisang

Kandungan inulin pada pisang mampu menurunkan kolesterol pada makanan yang kita makan. Sehingga, koleterol dalam darah mampu terkontrol. Pada akhirnya, kolesterol pada darah akan menjadi seimbang.

  1. Alpukat

Buah penurun kolesterol berikutnya adalah alpukat. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, alpukat kaya akan serat, vitamin, dan senyawa penghambat penyerapan kolesterol. Alpukat juga dapat menyeimbangkan gula darah.