September 19, 2021

Kambing Kacang, Kambing Lokal Indonesia

Kambing kacang merupakan ras kambing ternak yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Kambing kacang memiliki badan yang kecil dengan tinggi gumba pada si jantan sekitar 60 cm hingga 65 cm dan pada betina 56 cm. Adapun bobot dari kambing kacang jantan sekitar 25 kg, sedangkanpada kambing betina sekitar 20 kg. Kambing kacang memiliki telinga yang tegak, rambutnya lurus, dan pendek. Kambing kacang betina maupun jantan sama-sama memiliki tanduk yang pendek. Kambing kacang memiliki tingkat produktifitas yang tinggi sehingga banyak digemari. Selain itu kambing kacang juga sering melahirkan anak kembar bahkan terkadang dalam satu kelahiran dapat menghasilkan tiga keturunan.

Berdasarkan catatan sejarah, kambing kacang merupakan kambing asli dari Indonesia dan Malaysia. Kambing kacang memiliki ciri khas yakni bulunya lurus dan pendek, tanduknya juga pendek, kemudian tubuhnya relatif kecil. Kambing ini juga sering disebut kambing jawa yang tidak memiliki garis keturunan khusus karena perkawinan kambing kacang pada umumnya terjadi di tanah lapang. Kambing kacang ini memiliki daya tahan hidup yang luar biasa yakni dengan perawatan yang seadanya sehingga tidak memerlukan banyak biaya untuk merawatnya.

Ciri Fisik Kambing Kacang

Sebagai kambing yang unik, kambing kacang memiliki ciri khas yang membuatnya sangat mudah untuk dikenali. Ciri kambing kacang adalah tubuhnya yang kecil dengan bulu pendek dan pada umumnya berwarna tunggal baik hitam, putih, atau terkadang cokelat. Atau terkadang warnanya juga berasal dari campuran indukannya. Kambing kacang jantan dan betina sama-sama memiliki tanduk yang membentuk pedang yang melengkung ke atas hingga ke belakang.

Kambing kacang memiliki telinga yang pendek dan tidak menggelantung seperti kambing pada umumnya. Biasanya kambing kacang jantan memiliki janggut dan tidak pada pada betina. Kemudiain lehernya pendek serta punggungnya yang melengkung. Kambing kacang jantan dewasa memiliki bobot rata-rata 25 kg dan betina dewasa 20 kg. Kemudian bobot anak kambing kacang yang baru lahir sekitar 3 kg lebih. Kambing kacang jantan memiliki surai yang panjang mulai dari garis leher, punggung, pundak, hingga ke ekor.