November 19, 2019

Kabupaten Solok

Kabupaten solok merupakan kabupaten yang berada di provinsi sumatera barat, kabupaten ini terkenal dengan sentra penghasil beras terbesar di sumatera barat.

Tentang Kabupaten Solok

Lokasi

Kabupaten ini berada pada wilayah yang memiliki banyak lembah serta bukit-bukit yang memiliki ketinggian hingga 1.458 di atas permukaan laut. Kabupaten ini juga memiliki banyak sungai dan memiliki danau yang terkenal akan keindahan alamnya.

Danau terluas di kabupaten solok adalah danau singkarak kemudian selanjutnya ada danau kembar dan danau talang, selain itu kabupaten solok juga memiliki gunung berapi aktif yaitu gunung talang. Kabupaten solok memiliki lokasi yang sangat straegis karena disamping di lewati oleh jalan besar yaitu jalan lintas sumatera (jalan yang menghubungkan lampung hingga aceh) kabupaten ini juga berbatasan langsung dengan kota padang yang merupakan ibu kota provinsi sumatera barat.

Potensi Wisata

Potensi wisata alam kabupaten solok juga menjadi salah satu daya tarik dan menjadi unggulan dari kabupaten ini yakni memiliki danau kembar, dinamakan danau kembar karena danau ini merupakan dua danau yang terpisah namun memiliki kondisi alam yang serupa.

Untuk menjelajah danau ini di sediakan speedboat dan pemandangan danau ini sangat asri dan hijau dengan udara yang sejuk, kemudian ada danau talang, lokasinya berada di kaki gunung talang dan menjadikan pemandangan alam dari danau talang ini sangat indah dan menakjubkan, namun untuk menuju ke danau ini lokasinya cukup jauh dari dari kota dan sebagian jalan masih belum di aspal.

Akan tetapi rasa lelah menuju dalang talang ini akan terbayar dengan keindahan pemandangan danau talang serta gunung talang yang spektakuler.

Selanjutnya ada pula bukit cambai yaitu bukit yang di gunakan untuk trekking dengan tingkat kesulitan rendah. Untuk dapat menuju ke puncak bukit anda tidak perlu berusaha keras karena memiliki tingkat trekking rendah dan jika anda bisa sampai ke puncaknya maka anda akan dapat melihat pemandangan keempat danau tersebut dari atas yaitu danau singkarak, danau kembar dan danau talang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *