June 4, 2020

7 Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu yang Paling Disukai

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang wajib ada dalam sebuah rumah. Seperti namanya, ruangan ini berguna untuk menyambut tamu yang datang. Oleh sebab itu Kita harus membuat ruang tamu menjadi senyaman mungkin. Ruang tamu juga sebaiknya ditata agar tampak rapi dan indah.

Banyak sekali konsep ruang tamu yang bisa Anda pilih. Sebaiknya, Pilihlah desain interior ruang tamu yang Senada dengan desain interior rumah. Jika Anda memilih konsep yang berbeda, akan ada ketidak selarasan di dalam rumah. Berikut ini terdapat beberapa inspirasi desain ruang tamu yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Inilah 7 Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu

pixabay.com

Ruang Tamu Minimalis

Inspirasi desain ruang tamu yang pertama adalah konsep minimalis. Konsep interior jenis ini banyak dipakai oleh anak-anak muda. Kesan yang sederhana dan modern membuatnya banyak digemari oleh anak muda masa kini.

Untuk menciptakan ruang tamu yang minimalis, gunakanlah warna-warna yang netral. Putih dan abu-abu kerap dipilih sebagai warna utama di ruang tamu dan rumah dengan konsep minimalis modern. Furniture yang digunakan pun sederhana dan tidak memiliki banyak detail.

Desain minimalis ini cocok diterapkan untuk ruang tamu yang berukuran kecil. Penggunaan warna yang sederhana serta furniture yang tidak banyak detail memberikan kesan ruangan terasa lebih luas.

Ruang Tamu Industrial

Jika Anda sering menemukan gaya industrial di cafe atau restoran, Anda juga dapat menghadirkan nuansa industrial ini di rumah Anda. Kesan pembangunan yang belum selesai adalah sesuatu yang ingin ditonjolkan oleh gaya industrial ini. Oleh sebab itulah, gaya desain interior ini sering menampilkan dinding batu bata ekspos.

Pernak-pernik yang biasa digunakan pada ruang tamu gaya industrial antara lain kerajinan tembaga kuningan. Lampu dari bahan tembaga serta kursi dan meja yang terbuat dari bahan logam membuat kesan industrial semakin menonjol. Warna-warna alami sering kali dipakai di ruang tamu. Furniture kayu yang tidak dicat, pernak-pernik logam yang dibiarkan seperti aslinya bisa menjadi pilihan yang bagus.

Ruang Tamu Vintage Terbuka

Jika Anda menyukai nuansa antik dan kuno Oma maka ruangan tamu dengan gaya vintage bisa menjadi pilihan yang bagus. Furniture yang digunakan pada ruang tamu bergaya vintage biasanya terbuat dari kayu atau rotan. Warna-warna yang digunakan juga tidak begitu mencolok.  Warna-warni pastel kalem biasanya menghiasi seluruh ruangan bergaya vintage.

Buatlah ruang tamu dengan konsep terbuka untuk memberikan kesan ruangan menjadi lebih lega. Buatlah salah satu sisi dinding yang memiliki jendela kaca besar. Cahaya alami akan mengisi ruangan. Cahaya matahari alami sangat bagus untuk mengantisipasi ruangan menjadi lembap dan sumpek.

pixabay.com

Ruang Tamu Skandinavian

Desain interior ruang tamu bergaya Skandinavian cocok untuk Anda yang menyukai ruangan “bersih”. Gaya Skandinavian memang menonjolkan ruangan yang sederhana dan terkesan terang serta bersih.

Untuk menciptakan ruangan bergaya Skandinavian yang indah dan menarik, gunakanlah warna-warna monokrom. Cukup gunakan dua jenis warna dalam ruang tamu. Misalnya Anda memilih nuansa hitam putih, sebaiknya singkirkan furniture lain yang warnanya tidak senada.

Ruang Tamu Natural

Jika Anda menyukai nuansa hangat pada ruang tamu, mengadopsi gaya interior yang natural bisa menjadi pilihan utama. Ruang tamu bergaya natural juga menampilkan kesan yang lebih segar.

Furniture yang biasa digunakan pada ruang tamu bergaya interior natural biasanya berbahan kayu. Warna yang digunakan juga terinspirasi dari elemen yang ada di alam. Misalnya warna cokelat yang berasal dari elemen tanah atau warna abu-abu tua dari elemen batu.

Untuk menambah kesan yang lebih natural, tambahkan ornamen tanaman di sudut ruangan. Pohon bonsai bisa Anda pilih untuk mengisi ruang tamu. Jika tidak ingin direpotkan dengan perawatannya, Anda bisa memilih tanaman buatan.

Ruang Tamu Retro

Jika Anda tidak menyukai sesuatu yang monoton, desain interior ruang tamu bergaya retro bisa Anda aplikasikan di rumah. Gaya retro banyak menggunakan warna-warna yang mencolok untuk furniturenya. Tak lupa, hiasan pop art juga melengkapi ruang tamu ini.

Ruang Tamu Bernuansa Jawa

Jika Anda adalah orang Jawa yang ingin tampil “Njawani”, ruang tamu bernuansa Jawa bisa Anda terapkan di rumah. Furniture yang digunakan bisa menggunakan bahan kayu jati.

Anda bisa berburu furniture di toko mebel Jepara untuk melengkapi ruang tamu bernuansa jawa. Kesan ramah dan nyaman ditonjolkan oleh ruang tamu yang satu ini. Menghadirkan nuansa Jawa di dalam rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *