June 4, 2020

Main Game di HP vs PC, Inilah Perbedaannya

Bermain game kini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi para remaja. Game bermanfaat untuk menghilangkan penat di dalam pikiran setelah bekerja seharian penuh. Game bisa dimainkan dimana saja namun platform yang paling populer yaitu PC dan mobile. Beberapa perusahaan gadget bahkan menghadirkan perangkat khusus bermain game baik berbentuk mobile maupun PC.

Jika dilihat, bermain game dengan PC dan mobile memiliki keunggulan masing-masing. Game yang dimainkan di kedua jenis perangkat ini memiliki perbedaan dari cara mengendalikan hingga gameplay-nya. Dahulu, PC menjadi perangkat bermain games yang paling digemari. Namun seiring dengan semakin canggihnya smartphone, kini banyak game PC yang dibuat dalam versi mobile. Contohnya ada PUBG dan Call of Duty. Apakah perbedaan antara bermain game di PC vs HP?

Rasakan Perbedaan Gaming di PC dan HP

Pixabay.com
  1. Luas Layar

Layar menjadi komponen penting untuk menampilkan antarmuka game. Oleh sebab itulah layar di PC atau laptop gaming umumnya dibuat besar agar pemain lebih leluasa. Pemain dapat bermain game online maupun download game offline PC. Permainan online maupun offline akan lebih nyaman ketika dimainkan di layar yang besar.

Selain layar yang lebih lebar, resolusi layar juga tidak kalah penting. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus. Tampilan layar yang bagus juga wajib didukung oleh kartu grafis yang bagus pula. Hal inilah yang terkadang membuat harga PC gaming menjadi sangat mahal.

Layar yang lebih luas pada PC memberikan visual yang lebih luas kepada pemainnya. Dengan kualitas layar yang sangat baik, pemain dapat melihat detail dalam permainan dengan lebih baik. Terlebih jika pemain sedang menjalankan game FPS, pandangannya harus benar-benar jeli untuk dapat melihat kehadiran musuh. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa PC lebih unggul dari segi luas layar.

  1. Fleksibilitas

Layar PC memang lebih baik untuk bermain game karena lebih luas dan leluasa. Namun bagaimana dengan fleksibilitasnya? HP dapat dibawa dan dimainkan di mana pun berada. Bahkan HP hanya memerlukan sentuhan jari untuk mengoperasikannya.

Mobile gamers bisa melakukan hobi bermain game di hp dalam keadaan apapun. Misalnya ketika santai sambil tiduran atau saat di dalam perjalanan menumpang kereta atau bus. Memang dari segi visual tidak akan sebaik game pc, namun fleksibilitas hp tidak diragukan lagi.

Selain fleksibilitas, pola komunikasi ketika bermain game pun lebih mudah di hp. Game seperti PUBG, AOV, CODM, dan lain sebagainya memerlukan interaksi dan komunikasi antar pemain di dalam game. Tujuannya adalah untuk membangun strategi dalam mengalahkan musuh.

  1. In App Purchase

Mobile gaming cenderung lebih boros daripada gaming dengan PC. Mengapa? Sebab banyak godaan-godaan yang ada di mobile gaming untuk membeli item atau skin. Bahkan in-apps purchase di game mobile bisa berkali-kali lipat bila dibandingkan dengan PC gaming.

Dibandingkan dengan PC gaming, mobile gaming menyediakan pilihan game yang lebih banyak. Pilihan item yang bisa dibeli pun lebih beragam di game mobile dibandingkan game PC. Oleh sebab itulah, pembelian in app purchase di pc gaming lebih terkendali.

Sistem pembayaran untuk in app purchase mobile game pun dibuat lebih mudah dan tidak rumit. Hal inilah yang membuat pemainnya kecanduan untuk membeli item yang dapat meningkatkan performanya ketika bermain game.

  1. Perangkat Tambahan

Pixabay.com

Alat tambahan terkadang dibutuhkan untuk bermain game tertentu. Fungsinya sudah jelas untuk memudahkan pemainnya dalam bermain. Salah satu alat tambahan yang cukup populer yaitu knop. Knop muncul seiring dengan ramainya game PUBG. Knop bisa dipakai bisa pula tidak karena merupakan alat tambahan saja.

Bermain game di PC juga membutuhkan peralatan seperti mouse dan keyboard. Kedua alat ini sangat vital fungsinya, tanpa kedua benda ini game tidak dapat dijalankan. Beberapa brand juga menyediakan mouse dan keyboard khusus untuk gaming. Biasanya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan perangkat biasa. Tidak perlu khawatir, kualitasya juga sebanding dengan harga yang dibayarkan.

Jika dilihat dari perangkatnya, mobile gaming lebih terjangkau dibandingkan PC gaming. Mobile gaming tidak memerlukan alat tambahan dan bisa dimainkan hanya dengan sentuhan jari. Sementara untuk PC gaming, pemain perlu membeli perangkat dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan kualitas yang baik.

Jadi, Anda lebih suka gaming menggunakan PC atau menggunakan HP, atau bahkan keduanya? Apa pun perangkat yang Anda gunakan, tetaplah jadi gamers yang sportif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *