November 24, 2020

Alasan Kemudahan dalam Proses Cek Bpkb Online

Salah satu hal yang paling banyak dinikmati orang pada masa kini adalah sebuah fasilitas online. Fasilitas online merupakan fasilitas yang bisa dilakukan dengan cara berhubungan dengan internet. Dengan fasilitas ini seseorang bisa melakukan banyak hal mulai dari penggunaan berbagai layanan informasi bahkan sampai pengecekan berkas secara online. Salah satu jenis berkas yang bisa diperiksa secara online adalah BPKB.

BPKB adalah kependekan dari buku kepemilikan kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh pemerintah untuk semua kendaraan bermotor. Di dalam buku ini akan terkandung sejarah kempemilikan kendaraan bermotor dan terdapat pula beberapa dokumen pendukung yang membuktikan sejarah yang tercantum di dalam buku tersebut.

Membeli kendaraan bekas biasanya akan berhubungan dengan BPKB ini karena dokumen ini diperlukan untuk memindahkan kepemilikan dari pemilik lama ke pemilik baru dalam proses balik nama. Proses pengurusan dokumen ini biasanya akan membutuhkan daokumen pendukung seperti surat kuasa pengambilan bpkb no 1 jika pengurusan tidak dilakukan langsung oleh pemilik kendaraan. Proses ini akan mengeluarkan BPKB baru dengan pedoman BPKB lama yang nanti akan tersimpan sebagai berkas untuk kendaraan tersebut pada samsat terdekat dengan alamat pemilik kendaraan baru.

Keaslian dokumen ini sangat penting karena tanpa dokumen yang asli akan sulit bagi seseorang untuk melakukan balik mana sehingga kendaraan yang seharusnya dibeli dalam keadaan legal menjadi kendaraan illegal. Ini jelas merupakan masalah yang rumit untuk diselesaikan terutama karena akan selalu berhubungan dengan perjual-belian kendaraan curian. Maraknya pencurian kendaraan dewasa ini merupakan salah satu alasan yang memacu kemunculan dokumen palsu dan permasalahan pada saat membeli kendaraan bekas.

Langkah Pembelian Kendaraan Bermotor Bekas yang Baik

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Untuk menghindari permasalahan ini berbagai langkah perlu di gunakan sehingga pembelian kendaraan dapat berjalan dengan tertib dan lancar tanpa kerugian ataupun permasalahan. Meminta kelengkapan dokumen merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan di awal proses pembelian. Pastikan semua dokumen lengkap sebelum melakukan transaksi. Hanya ada dua macam dokumen yang dibutuhkan untuk sebuah kendaraan yaitu BPKB dan STNK dokumen seperti yang ditunjukkan pada contoh surat kuasa pengambilan bpkb no 2 baru dibutuhkan pada saat pengambilan BPKB yang sudah selesai oleh orang lain yang bukan pemilik kendaraan.

Pemeriksaan terhadap dokumen dapat dilakukan langsung melalui pengamatan terhadap dokumen yang diberikan oleh pemilik kendaraan lama. Hal ini dilakukan dengan cara mengenali kriteria dari dokumen yang diberikan dan menentukan keaslian berdasarkan kriteria tersebut. Selain itu pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara membawa dokumen tersebut ke samsat dan melakukan pemeriksaan langsung di tempat tersebut. Tentu saja hal ini harus dilakukan dengan persetujuan kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual.

Sistem Pemeriksaan Dokumen Online

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Cara lain yang paling sederhana untuk dilakukan adalah dengan cara menggunakan sebuah sistem pemeriksaan online yang disediakan di beberapa daerah di Indonesia. Seseorang dapat langsung memasuki website yang disediakan untuk beberapa daerah tersebut dan langsung melakukan pengecekan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan untuk pengecekan. Sistem ini akan berjalan secara langsung dan cukup cepat tergantung banyaknya pengguna situs pada saat itu.

Cara pengecekean secara online ini sangat praktis seseorang dapat langsung melakukan pengecekan dengan mudah dengan cara yang sudah disediakan dan dapat langsung dilakukan pada saat pemeriksaan dokumen dengan penjual sedang terjadi. Pengecekan online ini memang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi setiap oaring yang ingin memeriksa keaslian dokumen kendaraan bermotor pada berbagai keadaan karena hal ini memang sering dibutuhkan terutama pada saat melakukan pemeriksaan kendaraan curian.

Sayangnya layanan ini belum tersedia di seluruh tempat di Indonesia. Layanan pengecekan online ini baru tersedia di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Layanan pemeriksaan online ini memang tidak direncanakan untuk dilakukan secara merata di seluruh daerah tapi setiap daerah akan bergerak menuju arah yang sama.

Setiap orang yang ingin melakukan pengecekan tentu saja harus mengisi formulir dengan benar. Sistem online akan mencari data tersebut dalam sumber data yang sudah tersimpan di samsat masing-masing daerah dan hasilnya akan ditemukan dengan cepat. Bentuk hasil akan berupa data dari kendaraan yang diperiksa dan hasil ini terkadang harus ditunggu hingga keluar karena hanya akan muncul sesaat. Dengan pengecekan ini menguji nama pemilik kendaraan dan dokumen yang dimiliki akan menjadi jauh lebih mudah sehingga mendapatkan format surat kuasa seperti yang ditunjukkan pada contoh surat kuasa pengambilan bpkb no 2 juga menjadi mudah.

Langkah pengecekan ini sangat praktis. Hampir semua proses pengecekan dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat sehingga mencari data kendaraan menjadi sangat mudah. Menghindari membeli kendaraan curian dengan cara ini juga menjadi sangat mudah. Banyak hal yang bisa dicapai dengan metode pengecekan kendaraan secara online ini sehingga banyak pihak yang akan lebih suka menggunakan cara ini dibandingkan dengan bersusah payah mendatangi samsat.

Sistem pengecekan dokumen secara online ini mempersingkat proses yang digunakan seseorang pada saat melakukan transaksi jual beli kendaraan dan juga melindungi banyak orang dari permasalahan pada saat tidak sengaja membeli kendaraan curian.