September 29, 2020

Cara Menambah Kecepatan Motor Matic Injection

Setiap kendaraan bermotor yang diproduksi pada dasarnya telah disesuaikan serta didesain sedemikian rupa dari segi kapasitas cc mesinnya dari pabrik. Meski begitu, terdapat langkah rekayasa yang dapat diterapkan mekanik dengan cara meningkatkan kapasitas cc pada kendaraan bermotor. Istilah yang digunakan untuk menyebut langkah rekayasa tersebut adalah bore up.

Bore up sering dilakukan pada kendaraanroda dua seperti sepeda motor. Caranya adalah dengan menaikkan diameter piston standar bawaan sepeda motor yang bersangkutan dengan piston yang ukurannya lebih besar. Dengan dilakukannya modifikasi tersebut, sepeda motor akan semakin bertenaga dan mampu melaju lebih kencang dari biasanya.

Bore up memang cara yang paling ampuh untuk menambah kecepatan sepeda motor. Namun, dalam langkah bore up akan banyak komponen yang perlu diganti. Efek yang akan terasa setelah dilakukan modifikasi ataubore up pada sepeda motor selain kecepatan serta tenaga sepeda motor yang semakin bertambah, juga konsumsi bahan bakar yang semakin boros.

Tips Menambah Kecepatan Motor Matic

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Karena ada banyak komponen yang harus diganti saat melakukan bore up sepeda motor, tentunya biaya yang harus dikeluarkan pun cukup banyak. Padahal, jika hanya ingin menambah kecepatan motor harian, masih ada cara lain yang bisa dilakukan selain melakukan bore up. Cara menambah kecepatan motor matic injection selain dengan melakukan bore up adalah sebagai berikut:

  1. Mengganti ECU dan injektor

Hal ini dapat dilakukan karena pada dasarnya peningkatan performa mesin dapat dilakukan dengan mengatur ulang injeksi dan pengapian. Intinya adalah jika bahan bakar yang masuk lebih banyak, maka pengapiannya juga harus lebih besar agar proses pembakaran di dalam mesin lebih sempurna. Dengan begitu, tenaga yang dihasilkan pun lebih besar.

Tenaga pada motor matic injection bisa ditambah dengan melakukan penggantian injektor serta ECU. Mengganti injektor dan ECU merupakan cara yang lebih aman dibandingkan cara bore up karena konstruksi mesin yang digunakan masih mengikuti standar pabrik. Power motor setidaknya dapat bertambah hingga 20 persen dengan melakukan penggantian injektor dan ECU.

Meski begitu, setelah melakukan penggantian ECU dan injektor, masih ada penyetelan khusus yang harus dilakukan untuk mencapai kondisi yang diinginkan. Penyetelan di atas dyno perlu dilakukan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan merubah settingan Air Fuel Ratio atau AFR dari standar pabrik yaitu 14:5 menjadi 13:5 agar lebih basah.

Bahan bakar yang disuplai ke dalam ruang bakar dapat diatur agar lebih banyak dengan cara menggunakan injektor SRP 135cc dengan titik 6 port. Setelah melakukan penggantian injektor, dengan injektor SRP 135 cc, performa motor serta setelan percikan api yang dihasilkan dapat dibuat agar lebih sempurna melalui penggantian ECU dengan ECU racing RC mini plus dengan 8 map.

Dengan ECU RC mini tersebut, pemetaan suplai bahan bakar serta pulsa pengapian dapat diatur ulang agar lebih sempurna. Pengaplikasian ECU tersebut bahkan dapat menjadi dasar untuk melakukan upgrade mesin lebih lanjut seperti penggantian knalpot racing hingga porting polish atau ganti kem.

Performa mesin motor matic injeksi dapat ditingkatkan dengan mengganti injektor dan Electronic Control Unit atau ECU. Namun, jika ingin perfoma mesin semakin baik, dapat juga dilakukan penggantian busi dengan busi iridiumagar percikan api yang dihasilkan di ruang bakar menjadi lebih optimal.

Busi iridium terbuat dari material logam yang sangat keras dengan sifat tahan panas serta anti korosi. Busi iridium dibuat dengan bahan elektroda material yang titik didihnya cukup tinggi yaitu hingga 2500 derajat celsius.  Busi iridium membuat proses pembakaran terfokus pada satu titik dan mampu menghasilkan pembakaran yang lebih presisi, efisien serta konsisten.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Menaikkan fuel pressure

Selain mengganti injektor, ada lagi cara menambah kecepatan motor matic injection yaitu dengan menaikkan fuel pressure atau tekanan bahan bakar. Semakin besar tekanan bahan bakar, tenaga mesin motor pun akan semakin terangkat. Fuel pressureatau tekanan bahan bakar yang lebih besar menyebabkan debit bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak.

Dengan menaikkan fuel pressure tak hanya debit bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak tetapi juga membuat bahan bakar menjadi lebih homogen. Hal ini dapat terjadi karena semprotan injektor akan semakin mengabut dan homogen jika tekanannya besar. Akibatnya, bahan bakar akan semakin mudah dibakar sehingga menyebabkan power sepeda motor meningkat.

Tempat kursus mekanik motor injeksi adalah salah satu tempat yang dapat memberikan pengetahuan tentang mekanik atau permesinan yang berkaitan dengan teknologi injeksi. Di tempat kursus mekanik motor injeksi, tidak hanya pengetahuan tentang teknologi injeksi secara teori yang akan diberikan tetapi juga keterampilan langsung karena metode pengajarannya yang berbasis praktik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *