June 4, 2020

Khasiat Durian Belanda Bagi Kesehatan Tubuh

Durian Belanda merupakan julukan bagi buah yang terkenal di Indonesia sebagai sirsak. Orang-orang menyebutnya sebagai nangka Belanda atau Durian Belanda. Dikatakan durian karena bagian kulit memiliki duri layaknya durian pada umumnya namun durinya lebih kecil dan jarag.

Sirsak merupakan buah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Walaupun saat ini, buah yang satu ini jarang untuk ditemuai. Daging buah yang berwarna putih dan tebal ini memiliki rasa yang sedikit masam dan biji tang kecil. Aromanya cukup menyengat terlebih ketika sudah terlalu matang.

Berikut ini berbagai khasiat atau manfaat durian belanda atau sirsak bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Menjaga kelancaran sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah ini mampu mengatasi berbagai permasalahan pencernaan. Seperti mengatasi peradangan dan juga konstipasi. Selain itu juga mampu menjaga kadar gula sehingga akan tetap stabil.

  1. Menjaga sistem kekebalan

Buah sirsak kaya akan vitamin C dimana vitamin C ini mampu bekerja dengan baik untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mengurangi kriput di kulit. Dengan demikian akan selalu tampak lebih muda.

  1. Menjaga kesehatan Jantung

Manfaat yang tidak kalah penting lainnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Buah ini mampu menurunkan kolestrol jahat sehingga organ jantung mampu dilindungi dari berbagai penyakit yang menyerangnya.

  1. Menstabilkan tekanan darah tinggi

Kadar zat besi, kalium dan juga natrium yang ada pada buah sirsak mampu saling bepengaruh dengan baik. Seperti kadar kalium yang rendah maka kadar natriumnya tinggi. Dengan demikian mampu menjaga tekanan darah tinggi.

Demikian beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah sirsak ini. Selain kandungan yang terdapat pada manfaat di atas. Buah sirsak juga kaya akan vitamin B1 dan B2. namun perlu diperhatikan jika kandungan pada biji buah sirsak juga terdapat racun yang sifatnya insektisida alami. Bahan ini bersifat toksin untuk membunuh serangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *