January 22, 2021

7 Rahasia Bisnis Kuliner Kekinian Laris Manis Sepanjang Tahun, Kamu Wajib Tahu

Peluang berbisnis di bidang kuliner bisa dibilang tidak akan pernah ada matinya. Bahkan kini para pengusaha kuliner berlomba lomba melakukan beragam inovasi, agar produk bisnisnya menjadi lebih trend dan populer. Meski usaha kuliner merupakan ladang usaha yang bisa dijalankan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja, pelaku bisnis kuliner kekinian dituntut untuk selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman agar tetap laris manis.

Ada beragam pertimbangan yang penting kamu tahu, sebelum menjalankan bisnis makanan atau minuman yang menjanjikan. Salah satunya dengan memilih jenis atau produk kuliner yang akan ditawarkan, untuk bisa menyasar target konsumen dengan tepat sekaligus menyesuaikan dengan modal bisnis yang telah atau akan kamu siapkan. Apa saja rahasia sukses bisnis kuliner agar selalu laris sepanjang tahun? Yuk simak ulasannya disini!

7 Rahasia Sukses Usaha Kuliner Agar Tetap Eksis dan Laris

pixabay.com
  1. Pilih Jenis Kuliner yang Bisa Dikonsumsi Banyak Kalangan

Tidak semua orang suka dengan masakan Padang yang khas akan rasa pedasnya, apalagi harganya juga tidak bisa dibilang murah meriah. Nah kalau kamu ingin menjalankan usaha kuliner yang selalu laris, sebaiknya pilih jenis makanan, minuman, atau camilan yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan yang memiliki beragam selera. Contohnya aneka ragam es, bakso, keripik, ayam goreng, dan lain sebagainya.

Pastikan kamu sudah menyiapkan dengan matang detil menu yang akan kamu jual di pasaran. Misalnya jika kamu memilih usaha ayam goreng, sediakan lebih dari satu opsi olahan ayam goreng untuk menarik target konsumen yang lebih luas. Contohnya dengan menyediakan menu ayam goreng kecap, ayam goreng keju, ayam goreng super pedas, dan lain lain, sebagai bentuk inovasi bisnis kuliner kekinian yang kamu jalankan.

  1. Harga Murah Meriah di Lingkungan Kampus

Kamu pasti pernah menjadi mahasiswa dengan budget bulanan yang terbatas atau bahkan pas-pasan. Jadi kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk membuka usaha kuliner di lingkungan kampus atau kos-kosan, sebaiknya sesuaikan harga menu makanan atau minuman produkmu dengan kantong mahasiswa. Sangat disarankan untuk membandrol produk kulinermu dengan kisaran harga yang tidak lebih dari Rp 40 ribu per porsinya.

Seperti diberitakan portal berita Harapan Rakyat, kalau kamu ingin membuka kedai nasi ayam geprek di area kampus setidaknya harga menu yang ditawarkan adalah sekitar Rp 10 ribuan atau maksimal Rp 25ribu. Dengan nominal harga sebesar itu, dijamin usaha kuliner nasi ayam geprek yang kamu punya ini menghasilkan income yang menggiurkan dan selalu laris manis di segala musim.

  1. Sediakan Paket Hemat dan Menu Gratis

Siapa yang tidak tergoda dengan paket hemat dan bonus bonus gratis? Terlebih jika target konsumen bisnis kuliner kekinianmu adalah mahasiswa, atau warga kompleks pemukiman yang padat penduduk. Kamu bisa menjual paket hemat murah yang menarik, misalnya sepiring nasi ayam goreng gratis segelas es teh, tambah nasi sepuasnya, isi ulang es teh gratis, atau seporsi ayam goreng gratis dengan menukarkan beberapa lembar struk belanja.

  1. Kerjasama dengan Aplikasi Transportasi Online

Untuk menarik lebih banyak konsumen di era serba digital, kamu sebaiknya bekerjasama dengan aplikasi transportasi online yang sedang trend. Hampir semua generasi millenial memiliki aplikasi ini di smartphone Android mereka, sehingga kamu bisa meraup keuntungan lebih banyak dengan memasang bisnismu disana. Aplikasi tersebut seringkali menawarkan beragam promo pada produk produk kuliner yang dijual secara online.

Jika perlu lakukan upgrade pada sistem pembayaran di tempat usahamu, dengan menggunakan dompet online yang bekerjasama dengan aplikasi transportasi tersebut. Ini akan memudahkan konsumen melakukan pembayaran lebih cepat secara non tunai, melalui smartphone hanya dengan bermodal koneksi internet. Fasilitas yang up to date ini membantu bisnis kuliner kekinian yang kamu jalankan, lebih eksis dan laris manis.

pixabay.com
  1. Minuman Dingin di Daerah Panas

Temperatur udara di beberapa daerah tetap terasa panas meskipun diguyur hujan, terutama pada siang hari. Disini kamu berpeluang menjalankan usaha minuman dingin yang kekinian, misalnya es teler, es buah, es kopi, es cappuccino, es kepal, dan beraneka resep minuman dingin lainnya yang menarik. Jika diketahui sudah terdapat kompetitor serupa, kamu harus kreatif mencari ide inovasi resep yang akan mencuri perhatian konsumen.

Sesuaikan harga minuman dingin yang yang kamu jual, dengan lokasi tempatmu berjualan. Misalnya jika kamu menjual minuman dingin di area sekolah, cukup bandrol dengan harga sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Kamu juga bisa mengemasnya dalam wadah yang menarik, jika menjualnya dalam kemasan tanpa membuka kedai menetap. Jangan lupa perhatikan kebersihan tempat penjualan, agar produk bisnis kuliner kekinian kamu tetap higienis dan diminati konsumen.

  1. Promosi Lewat Media Sosial Kekinian

Dilansir dari harapanrakyat.com, yang tidak kalah penting dalam menjalankan usaha kuliner, adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat agar bisnismu semakin dikenal. Salah satunya dengan memiliki akun media sosial, dan mengunggah konten konten promo yang bisa menarik perhatian banyak orang. Misalnya dengan menggelar kompetisi sederhana berhadiah voucher makan minum, potongan harga atau diskon, menu gratis, dan lainnya.

  1. Lokasi Instagrammable dan Nama yang Eye Catching

Bisnis kuliner kekinian yang sukses tidak lepas dari kreativitas pengusaha dan kerjasama tim. Contohnya dengan memilih lokasi yang strategis, kemudian mendesain stand atau menambahkan dekorasi kedai yang instagrammable. Satu lagi yang paling penting yaitu memilih nama produk bisnis dan logo yang eye catching, misalnya dengan menggunakan plesetan kata, bahasa daerah, atau bahasa asing yang simple, mudah diucapkan, dan lucu.

Lakukan survey tentang apa yang sedang menjadi trend, sehingga bisnismu tidak terkesan kuno atau ketinggalan jaman. Ketika mempromosikan produk, gunakan kalimat tagline yang unik dan mudah diingat, sehingga akan terus bergema di perbincangan lini massa media sosial sehari hari. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menggaet konsumen yang menjadi target produk usahamu.

Tidak ada usaha makanan minuman yang sukses di era digital, tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kalau kamu ingin bisnis kuliner yang kamu ciptakan selalu eksis dan viral, lakukan beberapa inovasi yang kreatif dan menarik dengan terus mengikuti perubahan selera konsumen sesuai perkembangan jaman. Sudah siap berbisnis kuliner?