March 4, 2021

5 Alasan Mengapa Ternak Domba Garut Lebih Menguntungkan

Domba Garut juga dikenal dengan nama domba priangan. Berbeda dengan domba biasa, domba Garut memiliki tubuh yang lebih kuat dan kekar serta tanduk yang besar dan melingkar. Tak heran jika harga domba garut cukup mahal, bahkan satu ekor bisa mencapai puluhan juta. Bagi anda yang ingin memulai usaha, ternak domba garut merupakan bisnis yang menguntungkan. Apa saja keuntungan budidaya domba garut? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Keuntungan dari Ternak Domba Priangan

  1. Harga yang Fantastis

Harga domba garut lebih mahal dari domba biasa. Satu ekor domba garut yang berumur sekitar empat bulan biasanya dipatok sekitar 1.750.000. Harga domba garut bisa lebih mahal jika kualitasnya semakin baik. Apalagi jika domba tersebut memenuhi kriteria untuk diikutkan kontes adu ketangkasan.  Domba dengan tubuh yang kuat dan berotot serta tanduk yang besar harganya bisa mencapai 50 juta.

  1.  Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Tinggi

Indonesia merupakan negara Tropis dengan suhu udara yang cukup panas. Domba garut memiliki tingkat kepekaan stres yang lebih rendah sehingga sangat cocok dibudidayakan di Indonesia. Selain itu, domba garut merupakan jenis domba yang memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hewan ternak yang sehat dan tidak mudah sakit akan lebih menguntungkan dibandingkan domba yang mudah sakit.

  1. Pemberian Pakan yang Mudah

Pemberian pakan untuk domba garut tidak sulit, karena hampir sama dengan pakan domba pada umumnya. Pakan domba garut terdiri dari pakan raumput, kacang-kacangan dan daun-daunan seperti daun nangka dan daun jagung. Selain itu, domba garut juga memerlukan sumplemen tambahan seperti ampas tahu dan bekatul. Pemberian pakan yang tepat dengan formula yang sesuai untuk ternak domba garut dapat menghemat biaya pakan.

  1. Daging yang Banyak dengan Kandungan Lemak yang Rendah

Domba garut memiliki karkas yang cukup tinggi yaitu mencapai sekitar 50 % dari berat keseluruhan. Sedangkan daging domba umumnya hanya memiliki karkas sekitar 40 %. Selain itu, daging domba garut memiliki kadar lemak yang lebih rendah. Sayangnya dalam proses pengolahannya, daging ini harus dimasak dengan cara yang tepat agar baunya dapat menghilang.

5.Produktivitas yang Cukup Tinggi

Keunggulan ternak domba garut yang terakhir adalah produktivitas domba garut yang cukup tinggi. Seekor domba garut betina bisa melahirkan dua ekor atau lebih dalam setahun. Semakin banyak menghasilkan anak domba, maka akan semakin banyak domba yang bisa diternak dengan begitu keuntungan yang didapat akan semakin tinggi.

Nah, budidaya domba garut sangat menguntungkan bukan? Selain mudah diternak, domba garut juga memiliki pertumbuhan yang cepat. Dalam waktu sebulan, berat domba garut bisa bertambah sekitar 2,5-3 kg sehingga beratnya bisa mencapai 60 kg ketika berumur setahun. Peluang usaha ini seharusnya dimanfaatkan dengan baik bukan?