December 15, 2019

10 Fadhilah Sholat Berjamaah yang Perlu Diketahui

Sholat secara berjamaah adalah sholat yang sangat dianjurkan oleh Rasullulah shallallahu alaihi wassalam. Hal ini karena pahalanya adalah 27 kali lipat. Sehingga sholat berjamaah lebih utama dibandingkan dengan sholat sendirian. Selain mendapatkan 27 kali lipat pahalanya, fadhilah sholat berjamaan lainnya masih banyak. Berikut merupakan fadhilah sholat berjamaah yang perlu diketahui.

Fadhilah Sholat Berjamaah

pixabay.com
  1. Pahala yang berlipat ganda

Keutamaan sholat berjamaan adalah berlipat gandanya pahala yang diterima dibandingkan dengan sholat sendiri. Pada beberapa hadist yang kuat, dijelaskan bahwa pahala sholat jamaah adalah 27 derajat dibandingkan dengan shoalt sendirian. Pada hasist yang lain disebutkan bahwa pahala sholat berjamaan digandakan sebanyak 25 kali lipat.

  1. Terhindar dari gangguan syaitan

Kaum yang selalu menjalankan ibadah sholat berjamaah akan terhindar dari adanya gangguan syaitan. Perumpamaan ini tertuang pada hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan An-Nasai yang menyatakan bahwa jika suatu daerah tidak didirikan sholat berjamaah maka syaitan akan menguasainya mereka. Oleh karena itu, amat disarankan untuk melakukan sholat berjamaah dalam setiap kesempatan yang ada.

  1. Mendapat naungan Allah saat hari kiamat

Fadhilah sholat berjamaah berikutnya adalah akan mendapat naungan dari Allah saat hari kiamat. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Imam Muslim. Keduanya mengatakan bahwa seseorang yang hatinya digantungkan pada masjid-masjid akan mendapat naungan Alah di hari kiamat.

  1. Menghapus kesalahan

Umat muslim yang selalu mendirikan sholat secara berjamaah akan dihapuskannya dosa-dosa yang telah berlalu. Selain itu, saat menuju ke masjid setiap langkah kaum Muslim akan diangkat derajatnya beberapa derajat.

  1. Dijanjikan surga

Fadhilah sholat berjamaah berikutnya adalah dijanjikannya surga baik umat Muslim yang mau berjalan untuk memenuhi panggilan sholat dan dilakukan secara berjamaah. Pernyataan tersebut dijelaskan pada hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Bahwa orang yang pergi ke masjid maka dijamin oleh Allah hingga dia diwafatkan lalu dimasukkan ke dalam surga atau dikembalikan dengan membawa pahala.

  1. Merupakan tamu Allah
pixabay.com

Seseorang muslim yang mendatangi masjid dalam keadaan wudhu yang sempurna akan dianggap sebagai tamu Allah. Dan sebagai tamu Allah, Allah akan memuliakan tamunya. Sehingga, seseorang yang berangkat berjamaah di masjid akan dianggap sebagai tamu Allah dan dimulikan.

  1. Syiar masyarakat

Sholat berjamaah berupakan wadah untuk melakukan silaturrahmi dengan orang-orang sholeh. Selain itu, juga dapat berkumpul dalam suatu majelis dan bertukar ilmu agama. Sehingga, selain dapat memperbaiki silaturrahmi juga dapat memperkaya ilmu agama dan kehidupan. Karena kita berkumpul dengan orang-orang yang memiliki tanggung jawab terhadap agama, maka akan dapat membentuk kita menjadi seperti itu juga.

  1. Memperbaiki kualitas sholat

Selain mendapatkan keberkahan pahala sholat, sholat berjamaah juga dapat memperbaiki kualitas sholat kita. Kita akan berusaha memperbaiki bacaan dan gerakan-gerakan sholat menurut imam. Oleh karena itu, kualitas sholat akan dapat terbarui sesering kita sholat berjamaah.

  1. Jauh dari sifat munafik

Melakukan sholat dengan tepat waktu dan tidak mengulur-ulurya akan menjauhkan diri dari sifat-sifat munafik yang mungkin tersarang di hati kita. Salah satu sifat seorang munafik adalah bermalas-malasan dalam melakukan sholat.

  1. Diberikan kegembiraan, rahmat dan kemudahan melintasi shirath

Seseorang Muslim yang memasuki masjid dan menjadikannya sebagai tempat tujuan setelah rumahnya, Allah akan melimpahkan kegembiraan, rahmat dan kemudahan dalam melintasi shirath. Pernyataan ini tertuang dalam hadist Thabrani dan Al-Bazaar.

Begitu banyak fadhilah yang dapar diperoleh saat sholat berjamaah dibandingkan dengan sholat sendiri. Ada beberapa adab yang harus dipenuhi sebelum melakukan sholat berjamaah di masjid yaitu berwudhu sejak dari rumah, memakai pakaian yang terbaik misalnya dengan menggunakan kurta Pakistan, membaca doa saat menuju masjid, membaca doa sesaat sebelum masuk masjid dan sholat sunnah 2 rokaat.

Selain itu ada lagi yaitu mendengarkan dan menjawab panggilan adzan, berdo’a setelah adzan, memanfaatkan waktu antara adzan dan iqomah dengan melakukan sholat sunnah ataupun dzikir. Saat masuk masjid hendaknya untuk tidak berjalan di depan orang yang sedang sholat.

Pada saat sholat akan berlangsung, maka wajib merapatkan dan merapikan shaf. Kemudian saat sholat berlangsung hendaknya tidak mendahului gerakan imam. Dan yang terakhir setelah dzikir sesudah sholat dan hendak meninggalkan masjid hendaknya membaca doa keluar masjid.

Melakukan sholat berjamaah akan menambah keimanan kita. Hal ini karena kita dikumpulkan dengan orang-orang shaleh yang bertanggung jawab terhadap agama. Sehingga, kitapun akan mengikutinya dan menjadi orang-orang yang bertanggung jawab dan juga terhindar dari gangguan syaitan dan sifat yang munafik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *