April 2, 2020

Waspada Telinga Berair Menyebabkan Infeksi

Salah satu indra yang dekat dengan visual dan dijadikan untuk mempercatik penampilan adalah telinga, telinga berfungsi untuk menangkap gelombang suara yang ada di sekeliling dan mengirimkannya ke otak untuk mendapatkan respon yang baik dan mengenali suara mana yang akan kita respond an suara mana yang akan kita abaikan begitu saja. Tidak sesimple kelihatannya, kerusakan indra pendengaran satu ini bisa saja berimbas buruk pada kegiatan sehari-hari dan lingkungan sekitar. Salah satu gangguan yang buruk dan bisa terjadi pada elinga kita adalah keluarnya cairan dari liang telinga kita. Jika sudah terjadi hal demikian maka efeknya akan sangat buruk sekali, bau yang tidak sedap bisa mengganggu kenyamanan dirimu dan orang sekitarmu.

Cairan ini bisa disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada telinga kita, cairan ini bisa saja keluar begitu saja tanpa kita ketahuai sehingga membuat orang lain yang membuatnya merasa kurang nyaman dan membuat dirimu sendiri juga merasa sungkan. Normalnya telinga akan memproduksi kotoran yang mengandung miyak yang berfungsi untuk membungkus debu, benda-benda asing yang ada di telinga atau bakteri agar tidak masuk lebih jauh ke bagian dalam telinga. penyebab keluarnya cairan ini adalah bakteri atau virus yang tidak terbungkus dan masuk ke dalam bagian telinga akhirnya menyebabkan infeksi, inilah yang memicu terkumpulnya cairan di telinga tengah.

Pada kondisi tertentu cairan ini bisa saja menumpuk di bagian tengah telinga sehingga menyebabkan tekanan dan merobek gendang telinga sampai pecah, sedangkan penyebab lainnya selain bakteri adalah trauma. Yang dimaksudkan trauma disini adalah ketika kamu membersihkan telingamu dengan cotton bud dan mendorongnya terlalu dalam, ini bisa menyeibabkan gesekan yang keras dan membuat telinga mengalami shock dan diawali dengan rasa sakit yang tidak berhenti. Jika sudah mengalami kasus keluarnya cairan pada telinga kamu bisa melakukan sesuatu yang praktis di rumah untuk penanganan pertamanya. Kompres sisi telinga yang keluar cairan dengan kompres hangat, pastikan kain atau handuk yang digunakan tidak terlalu basah untuk menghidari air masuk dalam telinga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *