November 29, 2022

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda Terbaik

Indonesia memang memiliki banyak destinasi wisata sebagai tempat untuk berlibur. Salah satunya yaitu Samarinda yang ada di kalimantan Timur. Samarinda menyimpan banyak tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Pastinya penasaran kan, apa saja tempat wisata yang ada di Samarinda ini.

1. Pulau Kumala Samarinda

Untuk tempat wisata pertama yang ada di Samarinda ini yaitu Pulau Kumala. Pulau ini sebenarnya lokasinya bukan tepat ada di Samarinda, akan tetapi memang tidak jauh dengan jarak sekitar 27 kilometer saja.

Keberadaan pulau ini terbentuk karena adanya endapan lumpur Sungai Mahakam atau banyak yang menyebutnya dengan delta.

Pulau Kumala ini apabila dilihat dengan seksama maka bentuknya mirip dengan perahu terbalik. Disini kita juga bisa menemukan banyak sekali wahana permainan. Tercatat ada 10 wahana yang bisa kamu coba mulai dari jet coaster, gokar, kereta gantung, dan lain-lain.

Jika ingin menikmati pemandangan kota Tenggarong dari atas ketinggian maka bisa menaikan Sky Tower. Namun hati-hati saat menaikinya karena ini sangat tinggi dan mencapai 759 desimeter.

2. Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Selanjutnya ada Taman Wisata Air Terjun Pinang Seribu yang ada di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik mirip dengan anak tangga, sehingga air terjunnya bisa untuk dinaiki.

Agar lebih berkesan sebaiknya berkunjung kesini pada saat bukan musim penghujan. Sehingga aliran airnya tidak terlalu deras dan aman saat kita akan bermain air di sekitarnya.

3. Pulau Beras Basah Samarinda

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya yaitu pulau Beras Basah Samarinda. Pulau ini sama dengan pulau Kumala yang letaknya tidak tepat di Samarinda. Jika kamu ingin menuju ke pulau ini maka membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapainya.

Adapun untuk lokasi pulau ini ada di Selat Makassar, Bontang Kalimantan Timur. Pulau ini juga memiliki pasir putih yang indah serta airnya yang jernih yang akan membuat siapa saja menjadi terpesona.

4. Kebun Raya Unmul Samarinda

Bagi yang ingin berlibur seru bersama teman atau keluarga maka bisa mengunjungi Kebun Raya Unmul samarinda. Unmul ini adalah singkatan dari Universitas Mulawarman. Jadi kebun raya ini merupakan tempat wisata yang ada di Samarinda yang dimiliki oleh Universitas Mulawarman.

Kebun raya ini juga terbuka untuk umum dan siapa saja bebas mengunjunginya. Untuk menuju ke kebun raya ini harus menempuh perjalanan selama lebih kurang 30 menit jika dari pusat kota Samarinda.

Di tempat ini kita juga bisa menemukan danau dan untuk menikmati area di sekitarnya bisa berkeliling dengan menggunakan sepeda air. Kemudian di kebun raya ini juga bisa kita temukan kebun binatang mini ada museum kayu dengan kayu khas kalimantan yang beragam.

5. Desa Budaya Pampang Samarinda

Selanjutnya ada juga desain budaya Pampang Samarinda. Disini banyak kita temukan budaya lokal khas samarinda. Tempat wisata ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena terkenal dengan keunikannya.

Kemudian jika mau berkunjung pada hari minggu pukul 13.00-1500 maka akan melihat pentas seni di lamin atau pertemuan desa. Banyak hiasan ukiran khas suku Dayak yang menghiasi gedung ini. Dan yang unik dan menarik yaitu saat pementasan seni ini semua warga desa akan memakai pakaian adatnya.

Lalu dimana letak Desa Budaya Pampang samarinda ini? Letaknya yaitu di jalan Dahlia No.69 Sungai Siring, Kota Samarinda Kalimantan Timur.

Dari semua daftar tempat wisata di samarinda yang disebutkan di atas, untuk mengetahui harga tiket terbarunya bisa kamu cek di https://www.hargatiket.net/.