November 29, 2022

Beda Kucing Persia dan Anggora

Kucing Persia dan anggora sama sama banyak yang suka di kalangan pecinta kucing. Keduanya lucu, bulu halus dan panjang.

Namun mungkin tak semua orang tahu perbedaan kucing persia dan anggora.

Nah berikut ini yang membedakan keduanya yang bisa anda kenali dengan mudah. Berikut selengkapnya.

Wajah

Perbedaan kucing persia dan anggora yang pertama adalah wajahnya. Ini perbedaan paling jelas. Kucing persia kepalanya bulat, wajah datar dan hidung pesek. Telinga kucing persia juga kelihatan lebih rendah dekat kepala.

Sedangkan Anggora kepalanya agak lonjong, hidung agak panjang. Sementara telinganya berdekatan dan tampak lebih tegak.

Temperamen

Perangai dan temperamen kedua kucing ini juga beda. Anggora lebih energik, aktif, ramah dan aman untuk anak. Sementara kucing persia lebih tenang, mandiri.

Perawatan Bulu

Perbedaan lainya adalah cara perawatan bulu.  Kucing Persia punya dua lapis bulu dalam beragam pola dan warna.  Cara merawatnya dengan menyisir tiap hari supaya tidak kusut fan dimandikan rutin supaya bulu terjaga keindahanya. Sementara itu perawatan bulu kucing anggora lebih mudah. Sebab bulunya jarang kusut karena tak sepanjang bulu persia.

Kesehatan

Perbedaan kucing persia dan anggora lainya adalah soal kesehatanya. Perlu diketahui kedua kucing ini punya masalah genetik tertentu yang mempengaruhi kesehatan. Misalnya gangguan jantung dan tuli yang biasanya dialami kucing mata biru.

Ras persia matanya yang besar biasanya lebih berpotensi terkena iritasi maupun infeksi mata dan hidungnya datar bisa picu timbulnya masalah pernapasan.

Nah itulah tadi perbedaan kucing persia dan anggora. Rawat sebaik mungkin jika memeliharanya.