April 2, 2020

Syarat-Syarat Tumbuh Buah Melon yang Perlu Diketahui

Melon merupakan jenis buah yang banyak dijumpai di Indonesia meskipun buah ini bukan merupakan buah asli Indonesia. Bila berbicara tentang buah melon pasti selain membayangkan kesegaran buah melon, anda juga akan terbayang cara menanam melon agar hasilnya berkualitas dan rasanya manis.

Sebetulnya penanaman melon tidak bisa lepas dari menentukan lahan yang tepat. Sebab lahan yang tepat dan sesuai dengan buah melon dapat menghasilkan panen buah melon yang melimpah. Tentu saja hal tersebut merupakan harapan bagi setiap para petani melon. Bagi anda yang berencana ingin membudidayakan buah melon, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal penting mengenai penamaman budidaya melon.

Berikut ini akan dijelaskan syarat-syarat tumbuh buah melon yang perlu anda ketahui sebelum membudidayakan buah melon.

  1. Hindarilah lahan dengan kondisi angin yang bertiup sangat kencang. Sebab hal tersebut bisa mematahkan batang serta tangkai tanaman melon.
  2. Pilihlah lahan yang memperoleh sinar mataharu yang cukup sepanjang hari agar buah meloh dapat tumbuh subur dan tidak kekurangan sinar matahari.
  3. Tanaman melon menyukai daerah yang sejuk dan kering dengan rata-rata suhu antara 24-30 derajat Celcius.
  4. Perlu anda ketahui bahwa hujan yang terlalu ering serta deras ternyata tidak bagus untuk tanaman melon. Sebab bisa merontokkan calon buah yang kondisinya masih lemah.
  5. Biasanya buah melon bisa tumbuh sempurna di dataran rendah pada ketinggian 350-950 meter di atas permukaan laut.
  6. Media terbaik untuk tanaman melon yaitu tanah yang mengandung pasir serta kaya unsur hara sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman melon.
  7. Agar tanaman melon tumbuh dengan baik dan hasil panennya melimpah, maka pastikan tanah sebagai media tanam melon tersebut mempunyai PH netral yaitu antara 5 sampai 7.

Bila saat ini anda memiliki lahan yang berada di kawasan dataran tinggi serta cuacanya cenderung dingin sebaiknya hindari menanam tanaman melon pada lahan tersebut. Sewalah lahan di dataran rendah berdasarkan kriteria di atas supaya tanaman melon dapat tumbuh dengan baik.

Demikianlah penjelasan mengenai syarat-syarat tumbuh buah melon yang bisa menambah wawasan anda. Meskipun buah melon bisa ditemukan secara mudah, namun proses menanam melon tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam menanam agar hasilnya sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *