October 22, 2020

Laptop bekas

Zaman sekarang, laptop sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi berbagai kalangan. Bukan hanya kalangan pekerja saja yang menggunakan laptop untuk mendukung kerjanya, melainkan juga anak sekolah. Laptop memang dipandang begitu praktis untuk mendukung aktivitas tertentu. Apalagi, alat elektronik yang satu ini mudah di bawah ke mana saja dan kapan saja dibutuhkan.

Harganya memang tidak murah, tapi selalu laris manis di pasaran karena kebutuhan. Saking butuhnya, kini sudah banyak yang menyewakan kredit laptop yang merupakan salah satu cara terbaik untuk memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi dan harganya yang selangit. Selain membeli dengan cara kredit, banyak juga yang lebih memilih membeli laptop bekas yang dibeli secara online.

Laptop bekas  atau second biasanya dijual dengan harga jauh dibawah harga barunya di pasaran. Sebab, second berarti tangan kedua yang mana sudah ada minus dari pemakaian sebelumnya. Terlebih lagi dibeli secara online, sudah pasti harganya akan jauh di bawah pasaran. Namun demikian, membeli laptop second yang dibeli secara online perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak kena penipuan.

Selain memeriksa reputasi toko secara akurat, penting untuk Anda mempertanyakan beberapa hal pada penjual. Hal ini tentu saja untuk memastikan, bahwa laptop second yang ingin Anda beli benar dari toko terpercaya dan bukan barang palsu. Nah, baiknya Anda tanyakan 7 hal berikut ini sebelum membeli laptop second secara online agar mendapatkan barang bagus sesuai kebutuhan.

pxhere.com
  1. “Apakah barang ready?”

Setelah memeriksa reputasi toko dan sudah mendapatkan toko yang terpercaya, selanjutnya ketahui terlebih dahulu, apakah laptop yang Anda incar masih tersedia stoknya atau tidak. Selain untuk menanyakan ketersediaan barang, hal ini juga bisa digunakan untuk memeriksa respon penjual yang cepat atau lambat. Jika tidak ada, maka Anda bisa segara menyasar toko lain.

  1. “Berapa harganya?”

Pertanyaan ini adalah tujuan utama yang jadi pertimbangan untuk membeli laptop second. Sebab, jika harganya pas dan sesuai dengan spesifikasi, Anda tentu bisa menanyakan lebih lanjut laptop yang sudah jadi incaran Anda. Sebaliknya, usahakan untuk mencari yang lain, apabila harganya out of budget dan tidak sesuai dengan spesifikasi.

  1. “Keluaran tahun berapa?”

Sebelum melakukan deal dan setuju membeli laptop bekas, penting bagi Anda untuk menanyakan usia laptop. Jangan sampai Anda membeli barang elektronik keluaran lama yang sparepart dalamnya saja sudah tidak tersedia di pasaran. Terkait tentang waktu, perlu juga menanyakan lama pemakaian dan aktivitas apa saja yang dilakukan laptop oleh pemilik lamanya.

  1. “Bagaimana daya tahan baterainya?”

Bertanyalah soal spesifikasi produk secara jelas dan rinci hingga ke baterainya agar tidak menyesal di kemudian hari. Pertanyaan yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Sebab, perihal daya tahan baterai setingkali menjadi permasalahan pada laptop. Pertimbangkan pula poin plus dan minusnya dari spesifikasi laptop sebelum membeli agar semakin yakin.

pxhere.com
  1. “Apakah aksesoris lengkap dan adakah bonusnya?”

Jika sudah yakin jika laptop second yang Anda beli secara online masih berkualitas baik dan berasal dari penjual yang terpercaya, maka selanjutnya adalah mempertanyakan masalah kelengkapan aksesorisnya. Tanyakan, apakah charger, tas, buku petunjuk manual, dan sebagainya masih tersedia. Jangan malu juga menanyakan bonus, seperti mouse, cooling pad, atau software tambahan.

  1. “Apa masih garansi?”

Biarpun membeli laptop second, utamakan membeli yang masih memiliki garansi resmi. Memang terkadang harga laptop second dengan garansi resmi tidak berbeda jauh dengan laptop baru, namun itu semua kembali lagi pada ketersediaan budget dan kebutuhan Anda. Jika menggunakan garansi resmi dan laptop second yang Anda incar belum pernah di service, Anda bisa mendapatkan garansi.

pxhere.com
  1. “Bisakah menggunakan metode pembayaran COD?”

COD atau Cash on Delivery adalah suatu metode yang paling disarankan jika Anda melakukan pembelian laptop di tempat jual laptop bekas online. Hal ini berguna agar pembeli bisa melihat kondisi barang yang hendak dibeli, secara langsung. Jika penjual bersedia untuk melakukan COD, usahakan untuk mencari tempat yang dekat dengan keramaian dan aman.

Dalam melakukan COD, Anda juga bisa mengajak teman saat melakukan transaksi. Nah, pada saat COD inilah, penting bagi Anda untuk memeriksa kembali kondiis laptop second yang ingin dibeli. Periksa kembali mulai dari kondisi fisik atau bodi hingga fitur di dalamnya. Jika ada hal yang membuat Anda ragu, Anda bisa gunakan kesempatan ini untuk berdiskusi langsung dengan penjual.

Jika Anda sudah yakin dan mantap dengan piilihan yang ingin Anda beli, segera lakukan pembayaran. Memilih tempat jual laptop bekas yang terpercaya dan memiliki reputasi baik bisa Anda lihat dari ketersediaan website resmi dan responnya dalam menanggapi pembeli. Selamat berbelanja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *