March 4, 2021

Kenali Manfaat RAM dan Inilah Harga RAM Laptop Terbaru!

Laptop adalah produk teknologi modern yang saat ini telah banyak digunakan oleh orang Indonesia. Hampir seluruh kategori umur menggunakannya dalam berbagai kegiatan, seperti bekerja maupun pendidikan. Karena termasuk teknologi muktahir, laptop juga kerap mengalami kerusakan. Salah satunya pada bagian RAM. Dan di saat inilah, dibutuhkan pengetahuan terkait harga RAM laptop.

RAM merupakan spare part utama dalam laptop. Tanpa adanya RAM, laptop tidak dapat menyimpan berbagai data yang dibutuhkan. RAM pada laptop tersedia dengan berbagai ukuran, anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan saat akan melakukan penambahan ukuran. Namun, untuk lebih jelas tentang manfaat dari RAM, anda dapat menyimaknya pada bagian dibawah ini.

Manfaat RAM Pada Laptop

Belum mengetahui manfaat yang didapat saat menaikan RAM laptop? Jangan ketinggalan zaman dan dapatkan informasinya dibawah ini,

  1. Percepat Fungsi Proses Informasi

Saat memiliki RAM yang besar, maka akan semakin cepat pula proses informasi yang dilakukan laptop. Hal ini akan membantu laptop agar tidak lemot, karena terlalu banyak bekerja. Karenanya, disarankan jika memiliki dana lebih, untuk melakukan upgrade RAM. Namun, sesuaikan pula dengan dana yang dimilikki saat akan melakukan pembelian.

pxhere.com
  1. Menentukan Spesifikasi dari Komputer

RAM adalah bagian yang selalu diperhatikan saat akan melakukan pembelian laptop. Kebanyakan produk yang dipilih adalah RAM yang cukup besar. Sehingga dapat memuat banyak data. Jika RAM yang dimiliki tergolong kecil, laptop tersebut biasanya tidak mendapatkan banyak pembeli. Namun untuk pembelian minimum disarankan untuk mencari laptop dengan RAM 2Gb.

  1. Untuk Gaming dan Desain

Anda senang dengan games dan aplikasi? Maka pilihlah RAM yang besar pada laptop. Hal ini penting, karena akan mempermudah akses untuk gaming dan desain. Di mana, laptop tidak akan lemot karena masalah proses. Jika RAM yang dimiliki kecil, maka bersabarlah karena fungsi vital dari aplikasi akan berjalan dengan lambat dan kurang maksimal.

  1. Menyimpan Memory

Inilah fungsi utama dari RAM pada laptop, yaitu menyimpan memori. Program yang digunakan dalam laptop, akan memberikan informasi dan disimpan dalam RAM. Setelahnya akan diproses sesuai dengan kehendak atau perintah yang dimasukkan. Pembelian RAM baru, disarankan untuk anda yang senang menyimpan berbagai data seperti film, lagu maupun foto.

pxhere.com
  1. Membantu Multitasking dalam Laptop

Terakhir, manfaat dari RAM adalah membantu penggunaan aplikasi secara bersamaan dalam sebuah laptop. Keadaan ini dikenal dengan nama multitasking, di mana beberapa aplikasi digunakan dalam sekali jalan. Jika RAM yang dimilikki tidak terlalu besar, jangan terlalu berharap aplikasi akan bergerak dengan maksimal dan proses melakukannya membutuhkan waktu lama.

Fungsi-fungsi inilah yang sangat diperhatikan dalam pembelian laptop. Anda pun dapat menggunakannya untuk mendapatkan RAM yang digunakan pada laptop. Namun saat akan melakukan update RAM, penting untuk mengetahui berapa harga RAM terbaru di pasaran. Lantas, berapakah harganya?

Pilihan Produk dan Harga RAM Berbagai Ukuran

Anda dapat memilih beberapa produk dibawah ini sebagai RAM tambahan untuk laptop. Namun saat memilih, pastikan dana yang dimiliki telah cukup. Berikut ulasannya,

  1. GDDR3 V-GEN

Siapa diantara anda yang tidak mengenal brand V-GEN? brand ini telah dikenal sejak lama dalam dunia memori. Brand ini memberikan memori dengan ukuran 4GB yang cocok digunakan untuk berbagai jenis laptop. Harga yang ditawarkan untuk RAM ini adalah Rp 525.000/buah. Namun, jika inginkan ukuran yang besar, siapkanlah dana lebih untuk membelinya.

  1. CORSAIR GDD3 16GB

Produk pilihan berikutnya adalah produk CORSAIR. Produk ini tidak segan-segan dalam mengeluarkan setiap RAM-nya. Di mana, dikeluarkan RAM dengan besaran 16GB. Tapi untuk membelinya, anda harus menyiapkan dana besar, yaitu Rp 2.075.000/buah. Ukuran ini tentu cocok untuk anda yang ingin bermain game di laptop tanpa perlu khawatir laptop lemot.

pxhere.com
  1. Zeppellin GDDR3 8GB

Jika pilihan sebelumnya terlalu mahal untuk dimiliki, anda dapat memilih produk yang satu ini. Produk ini dikenal dengan nama Zeppellin GDDR3. Brand ini memberikan kepuasan dengan ukuran memori yang besar, yaitu 8GB. Harga produk ini adalah Rp 875.000/buah. Tidak hanya produk, harga ini biasanya sudah dibarengi dengan biaya pemasangan RAM di laptop.

  1. Kingstone GDDR3 4GB

Tidak hanya VGEN, tersedia brand Kingstone yang memiliki produk RAM. Produk ini juga memiliki kualitas yang sama dengan RAM-RAM sebelumnya. Harganya tidak jauh berbeda dengan RAM lain, di mana setiap produk dijual dengan harga Rp 525.000/buah. Namun, saat pembelian produk anda harus memperhatikan apakah tersedia garansi yang dimiliki oleh RAM tersebut.

  1. VENOMRX GDDR3 4GB

Satu lagi brand yang banyak disukai dalam produk RAM adalah VENOMRX. Produk ini disukai karena memiliki kualitas mumpuni dengan garansi yang cukup panjang. Namun untuk masalah harga, sebaiknya cari tahu distributor yang menyediakan promo superindo sebelumnya. Jadi, anda dapat menyiapkan dananya sebelum membeli produk yang diinginkan.

Lantas, sudahkah anda setuju untuk melakukan update RAM pada laptop? Jika demikian, carilah harga RAM yang sesuai dengan laptop dan kemampuan. Setelahnya, bersiaplah menikmati berbagai kemudahan dan kecepatan akses informasi dari RAM yang baru dimilikki.