September 29, 2020

Daftar Situs Freelance Bagi Desainer Grafis Terbaik

Bagi seorang desainer grafis, jika bisa memanfaatkan internet dengan baik mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan mudah. Pasalnya di internet banyak sekali situs yang bisa dijadikan tempat bagi desainer grafis untuk menjual jasanya.

Di era sekarang ini, tidak sedikit desainer grafis yang mendapatkan penghasilan tambahan melalui jasa yang mereka tawarkan secara online dengan memanfaatkan situs freelancer.

Berikut ini ada beberapa situs freelancer yang bisa kalian coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual jasa membuat desain grafis. Langsung saja simak informasi mengenai beberapa situs freelance di bawah ini.

Upwork

Upwork juga termasuk salah satu situs yang menyediakan jasa desain grafis. Namun untuk bisa menawarkan jasa desain grafis di Upwork, kalian harus mendaftar terlebih dahulu serta harus melewati proses verifikasi yang ketat dan tidak mudah.

Adapun syarat untuk mendaftar di situ Upwork adalah kalian harus mengupload foto wajah asli kalian. Selain itu kalian juga harus memasukan riwayat pendidikan kalian bahkan higgaa pengalaman kerja yang kalian miliki. Tidak berhenti sampai disitu, kalian juga harus mengisi beberapa informasi lainnya supaya bisa lolos verifikasi.

Hal itu dilakuakn Upwork semata-mata bukan ingin mempersulit kalian tetapi untuk menjaga kualitas desainer grafis yang menjual jasanya melalui Upwork. Adapun salah satu fitur yang menarik di Upwork adalah kalian bisa menentukan berapa upah kalian per jamnya.

pxhere.com

Sribu

Sribu memiliki konsep yang berbeda dnegan situs yang sudah dibahas sebelumnya. Dimana pada situs yang sudah dibahas sebelumnya, desainer grafis yang mencari klien sedangkan di Sribu klien yang mencari desainer grafis.

Prosesnya adalah klien melakukan sayembara untuk dibuatkan desain tertentu. Selanjutnya desainer grafis akan mengikuti sayembara tersebut dengan mengirimkan karya terbaik mereka. Nantinya desain yang terbaik akan menjadi pemenang dan mendapatkan imbalan.

Tentu saja dengan sistem yang seperti itu, untuk mendapatkan uang melalui Sribu terbilang sulit. Apalagi bagi desainer grafis pemula. Pasalnya untuk bisa mendapatkan uang, desainer grafis harus bisa memnangkan sayembara terlebih dahulu.

Tentu kemungkinan besar yang bisa memnangkan sayembara tersebut adalah desainer senior yang sudah memiliki banyak pengalaman serta memiliki kemampuan yang mumpuni.

Selain itu di Sribu juga ada beberapa sayembara yang memberikan imbalan yang tidak sebanding dengan karya yang harus dibuat. Misalkan sebuah perusahaan besar hanya memberikan imbalan yang kecil untuk sebuah proyek besar seperti membuat desain logo.

pxhere.com

Fiverr

Situs ini sudah cukup dikenal oleh kalangan desainer grafis di seluruh dunia. Fiverr merupakan salah satu situs penyedia jasa yang terpercaya dan murah. Banyak desainer grafis yang menggunakan situs ini untuk menawarkan jasa yang mereka punya. Dari mulai desainer pemula bahkan sampai desainer senior juga ada disini.

Fiverr menawarkan berbagai macam fitur yang bisa digunakan kalian untuk menawarkan jasa. Salah satu fitur yang menarik adalah kalian dapat memasang tarif dengan harga terendah hingga 5 dolar. Maka tidak heran situs ini diberinama Fiverr karena harganya yang sangat murah.

Setiap desainer grafis yang bergabung dengan Fiverr tentu menawarkan berbagai macam jasa dengan kemampuan mereka masing-masing yang memiliki tingkat kesulitan serta tarif yang berbeda masing-masing desainer grafis.

Dribbble

Mungkin banyak yang mengira bahwa merupakan paltform showcase untuk desain grafis saja. Tapi sebenarnya kalian memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai desainer grafis melalui situs ini. Dengan syarat kalian harus mendapatkan invite sebagai salah satu desainer Dribbble.

Dengan menggunakan Dribbble, kalian akan diberi kebebasan dalam mengatur proyek misalnya seperti proyek full time atupun part time. Selain itu untuk menarik klien kalian juga bisa menambah berbagai informasi lainnya seperti daftar kemampuan kalian serta berbagai informasi penting lainnya.

Walaupun untuk menjadi desainer Dribbble terbilang sulit karena harus mendapatkan invite dari Dribbble. Tetapi hal itu akan memberikan keuntungan dan peluang yang besar bagi kalian. Pasalnya desainer yang bergabung dengan Dribbble kemungkinan tidak terlalu banyak. Sehingga kesempatan kalian untuk mendapatkan proyek akan semakin besar.

pxhere.com

99designs

99design merupakan situs yang berfokus untuk menawarkan jasa desain grafis. Hal itu tentu berbeda dengan beberapa situs besar seperti Upwork dan Fiverr, dimana selain menawarkan jasa desain grafis mereka juga menawarkan jasa lainnnya seperti content writer dan lain sebagainya.

Situs ini memiliki sistem dimana klien yang mencari desainer grafis dengan melakukan sayembara ataupun kontes. Nantinya klien akan memberikan kontes desain grafis dengan batas waktu tertentu. Kemudian desainer grafis bisa mengikuti kontes tersebut dengan mengirimkan karya terbaiknya.

Desainer yang menang nantinya akan diberikan reward berupa uang oleh klien yang mengadakan kontes. Tentu untuk memenangkan kontes dibutuhkan kemampuan dan juga pengalaman yang baik dalam membuat desain. Oleh karena itu tidak jarang yang berhasil memenangkan kontes adalah desainer – desainer senior.

Itulah beberapa informasi mengenai situs apa saja yang bisa kalian coba untuk menawarkan jasa desain grafis yang kalian punya kepada klien. Tentu masing-masing situs memiliki keunggulan dan juga kekurangan masing-masing yang perlu diperhatikan. Jadi semuanya tergantung kalian ingin mencoba situs yang mana. Dengan bekerja menjadi desainer grafis secara online jika ditekuni dengan baik, bisa juga dijadikan sebagai salah satu usaha sampingan yang mendapatkan penghasilan cukup besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *