November 29, 2022

Strategi dan Tips TOEFL Yang Wajib Kamu Ketahui

Memahami strategi dan tips TOEFL secara umum dan khusus untuk jenis pertanyaan yang akan Kamu hadapi pada test TOEFL berbasis kertas atau berbasis komputer akan sangat membantu. Sehingga kamu bisa menghadapi test TOEFL dengan nilai yang sempurna.

Sejak dahulu, sertifikat TOEFL telah dikenal sebagai salah satu sertifikat penting yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti standar kelulusan bahasa asing di sebuah universitas, sertifikat untuk belajar atau kuliah di luar negeri, dan melamar pekerjaaan. Namun, bagaimana strategi dan tips mempersiapkan diri untuk test TOEFL dengan baik? Yuk cari tahu bersama tips TOEFL langsung melalui konten di bawah ini!

Jenis-Jenis Test TOEFL Yang Populer Saat Ini

Saat ini, sertifikat TOEFL dibagi menjadi berbagai jenis untuk melayani beragam tujuan pengguna. Secara khusus, kita bisa meninjau jenis-jenis test TOEFL dasar sebagai berikut:

  • TOEFL iBT: Ini adalah tes TOEFL generasi baru dengan format tes online terpopuler saat ini. Tes berlangsung selama 4 jam dengan 4 keterampilan: Membaca – Mendengarkan – Berbicara – Menulis.
  • TOEFl CBT: Dalam format tes ini, kandidat akan mengikuti tes langsung di komputer dan tidak dapat menggunakan bentuk rekaman lainnya. 4 keterampilan tes TOEFL CBT meliputi: Mendengarkan – Struktur Tata Bahasa – Pemahaman Membaca – Menulis Essay.
  • TOEFL PBT: Ini adalah tes berbasis kertas tradisional, tes ini saat ini sangat sedikit tempat, kecuali tidak ada persyaratan untuk iBT atau CBT.

Strategi dan Tips TOEFL Yang Wajib Kamu Ketahui

Cari tahu Jenis test TOEFL yang akan Kamu ambil

Tergantung kapan dan di mana Kamu mengambil test TOEFL, Kamu akan menemukan TOEFL berbasis komputer (iBT) atau TOEFL berbasis kertas (TOEFL PBT). Pastikan untuk mengambil formulir di mana Kamu akan mengikuti ujian. Skor TOEFL dari salah satu dari dua format tes Kamu akan diterima oleh universitas pilihan Anda, tetapi perbedaan dalam format tes akan mempengaruhi beberapa persiapan TOEFL Anda.

Lakukan Pendekatan Test TOEFL dengan Membuat Rencana

Beri diri Kamu cukup waktu untuk mempersiapkan TOEFL sehingga Kamu dapat melihat di mana kekuatan Kamu dan di mana kelemahan Anda. Ini akan membantu Kamu memutuskan apa yang harus difokuskan saat mempersiapkan ujian.

Jika Kamu mengambil TOEFL berbasis kertas (PBT) maka berlatihlah beberapa pertanyaan tes dan kemudian fokus pada persiapan TOEFL di mana Kamu lemah. Luangkan waktu untuk meninjau bagian-bagian yang Kamu lakukan dengan baik, tetapi investasikan waktu untuk mengerjakan bagian-bagian di mana Kamu juga merasa lemah.

Jika Kamu mengikuti ujian berbasis komputer (iBT), Kamu harus mengunjungi situs web iBT ( www.ets.org/toefl ) dan memeriksa informasi yang disajikan di sana.

Juga, mintalah nasihat guru Kamu tentang bagian mana yang dapat Kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya dari waktu persiapan kamu. ETS memberi Kamu contoh pertanyaan untuk bagian PBT dan iBT di situs web.

Untuk mendapatkan nilai terbaik pada tes TOEFL, bersiaplah untuk kondisi tes dan berlatihlah dengan baik.

Tindakan menciptakan kebiasaan! Jika Kamu menghabiskan waktu tertentu di tempat yang tenang melakukan beberapa tes tiruan, maka bersiaplah untuk kerasnya duduk diam di kursi Kamu dan fokus pada materi tes TOEFL.

Waktu tes untuk PBT adalah tiga setengah jam dan untuk iBT sekitar empat setengah jam. Sebaiknya kenakan pakaian berlapis-lapis dan bawalah sweter atau kaus oblong karena suhu di ruang tes mungkin lebih hangat atau lebih dingin dari yang Kamu inginkan.

Kamu ingin dapat menguji semua yang Kamu ketahui. Tes bahasa Inggris dapat bervariasi dalam kesulitan tergantung pada jenisnya. Kamu juga tidak harus menghadapi suhu panas atau dingin selama tes berlangsung.

Biasakan diri Kamu dengan instruksi dan pertanyaan sebelum mengambil TOEFL

Setiap bagian dari tes memiliki batas waktu, dan jika Kamu ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Gunakan bagian dari persiapan Kamu untuk menjadi terbiasa dengan instruksi untuk setiap bagian dan bagaimana pertanyaan disusun. Kamu kemudian dapat menggunakan seluruh waktu Kamu untuk menjawab pertanyaan alih-alih meninjau instruksi.

Tips TOEFL Untuk Ujian TOEFL Berbasis Kertas Ujian

Pemahaman membaca

Skim dulu bagiannya untuk mendapatkan ide utama. Kamu dapat meninjau dan mengetahui secara spesifik. Jawab pertanyaan yang berkaitan dengan kosakata dan detail terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan ke bagian yang menanyakan tentang gagasan utama atau meminta Kamu untuk membuat kesimpulan. Kamu akan menjawab 50 pertanyaan dalam waktu 55 menit.

Struktur dan penyajian artikel

Pikirkan cara paling sederhana dan paling jelas untuk mempresentasikan ide kamu miliki. Jika pilihan jawaban terdengar konyol atau terlalu rumit, kemungkinan jawabannya salah. Gunakan pengetahuan tata bahasa Kamu secara merata untuk bagian tes ini. Kamu akan memiliki waktu 25 menit untuk menyelesaikan 40 pertanyaan.

Pemahaman mendengarkan

Kenali bahasa Inggris sebaik mungkin, termasuk belajar kosa kata dan idiom. Berlatih berbicara bahasa Inggris setiap hari; itu akan membantu Kamu menjadi lebih nyaman dengannya dan memahaminya dengan lebih baik. 50 pertanyaan ini akan memakan waktu 30-40 menit untuk menyelesaikannya.

Penulisan Esai

Mempersiapkan beberapa menit sebelum menulis akan membantu Kamu menulis esai yang lebih fokus dan terorganisir. Penting untuk mengembangkan ide-ide Kamu dan mengekspresikannya dengan jelas, menggunakan contoh untuk mendukungnya.

Meskipun esai tidak harus sempurna secara tata bahasa, cobalah untuk membuat kesalahan sesedikit mungkin. Selalu luangkan beberapa menit sebelum tes berakhir untuk memeriksa jawaban kamu. Kamu akan memiliki waktu 30 menit untuk mengatur dan menulis topik esai yang kamu buat.

Tips TOELF Saat mengikuti Test TOEFL iBT

Buat Catatan

Sama seperti di universitas, Kamu harus memantau dan merekam apa yang Kamu dengar dan baca selama ujian dan kemudian menggunakan catatan Kamu untuk menjawab pertanyaan.

Test Penulisan Esai

Di iBT, esai akan berdurasi 50 menit dan terdiri dari 2 bagian. Untuk bagian pertama, Kamu menulis secara mandiri selama 30 menit untuk melengkapi pendapat Kamu tentang suatu topik. Untuk bagian kedua, Kamu menulis selama sekitar 20 menit sebagai tanggapan atas apa yang Kamu dengar dan baca. Kamu harus bisa mengetik di keyboard Kamu untuk mengetik jawaban tertulis.

Untuk Test Mendengarkan

Selama tes mendengarkan 60-90 menit, Kamu menjawab set 5 atau 6 pertanyaan yang akan didasarkan pada ceramah dan percakapan, masing-masing berlangsung 3-5 menit. Kamu akan mendengar lebih dari 1 aksen bahasa Inggris asli.

Test Berbicara

Selama tes berbicara, Kamu akan memiliki 20 menit untuk menjawab 6 bagian. Untuk setiap bagian, Kamu akan memiliki waktu singkat untuk mengatur pemikiran Kamu sebelum menjawab. Ada 2 bagian yang akan meminta Kamu untuk membicarakan topik yang sudah dikenal. 4 bagian yang tersisa akan digabungkan, mengharuskan Kamu berbicara untuk menanggapi apa yang Kamu dengar dan baca.

Pemahaman membaca

Kamu akan menerima glosarium yang berisi kata kunci dalam tes pemahaman bacaan. Ujian akan berlangsung dari 60-100 menit. Kamu akan menyajikan 3, 4 atau 5 bagian dari buku akademik dan akan menjawab 12-14 pertanyaan berdasarkan setiap bagian.

Untuk mengerjakan Test TOEFL dengan sukses, apa yang perlu Kamu lakukan?

Manfaatkan waktu yang Kamu miliki untuk mempersiapkan tes TOEFL dengan sebaik-baiknya. Baik Kamu mengikuti tes berbasis kertas atau TOEFL iBT, persiapan yang cermat dan menyeluruh akan tercermin dalam skor TOEFL yang Kamu terima. Manfaatkan kesempatan Kamu sebaik-baiknya dan tunjukkan pada universitas pilihan Kamu seberapa baik Kamu dapat menggunakan dan memahami bahasa Inggris. Semoga sukses dengan tes TOEFL Anda!

4 Tips Untuk Belajar Mandiri Mengerjakan Test TOEFL iBT

Menggunakan sumber informasi yang dapat dipercaya akan membantu Kamu merasa lebih percaya diri selama persiapan ujian. Tes TOEFL mengukur kemahiran bahasa Inggris di berbagai tingkatan, untuk penggunaan bahasa Inggris dalam pengaturan instruksional dan untuk membantu siswa mencapai tujuan akademis.

Pelajari bagaimana melakukannya dengan baik pada tes TOEFL iBT

Dengan mendapat nilai bagus pada tes TOEFL iBT, Kamu dapat memenuhi syarat untuk masuk ke hampir semua sekolah di Amerika Serikat. Untuk tips bermanfaat, kunjungi www.ets.org/toefl/. Kamu juga dapat menemukan video bermanfaat di Channel TV TOEFL di YouTube, termasuk tips dari guru dan siswa bahasa Inggris. Untuk channel TV TOEFL bisa cek di youtube.com/toefltv.

Ikuti tes latihan (Praktek)

TOEFL Practice Online menawarkan tes TOEFL iBT nyata dan pengalaman tes TOEFL iBT nyata untuk keempat keterampilan (Membaca, Mendengarkan, Berbicara, dan Menulis). Ikuti tes latihan untuk melihat kinerja Kamu dan dapatkan skor serta umpan balik instan tentang hasilnya. Kamu bisa mencoba berlatih sekarang melalui website www.ets.org/toefl/test-takers.

Tingkatkan keterampilan yang lemah

Gunakan tes latihan di The Official Guide to the TOEFL Test , tersedia dalam format ebook dan paperback diwww.ets.org/toefl/guide/. Kemudian ikuti tes latihan lengkap lainnya dari TOEFL Practice Online untuk memastikan Kamu siap untuk hari ujian.

Gunakan strategi yang baik pada hari ujian

Ikuti petunjuk dengan seksama di setiap bagian untuk menghindari membuang-buang waktu. Pilih Bantuan untuk meninjau petunjuk hanya bila benar-benar diperlukan karena jam tidak akan berhenti saat fungsi Bantuan sedang digunakan.

Jangan menjadi cemas atau panik. Fokus sepenuhnya pada pertanyaan yang sedang Kamu kerjakan sekarang, bukan pertanyaan yang sudah Kamu jawab. Ini adalah strategi mengerjakan ujian yang baik yang membuat Kamu tetap fokus dan dapat dipelajari melalui latihan.

 

Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu untuk satu pertanyaan. Jika Kamu sudah memikirkan pertanyaannya dan masih tidak tahu jawabannya, hilangkan sebanyak mungkin opsi, lalu pilih yang terbaik.

Tingkatkan kecepatan Kamu sehingga Kamu memiliki cukup waktu untuk menjawab setiap pertanyaan. Catat batas waktu untuk setiap bagian dan rencanakan waktu Kamu untuk menghindari terburu-buru di akhir tes.

Ingin tips TOEFL yang kamu terapkan bisa berhasil untuk membantu Kamu merencanakan sekolah atau kuliah ke luar negeri? Jika ini adalah impian kamu, maka kamu bisa bergabunglah dengan kursus toefl. Kamu dapat terhubung dengan peserta lainnya yang sama-sama ingin sukses dalam mengerjakan test TOEFL! Kursus toefl akan memberikan tips belajar, fakta menyenangkan, dan banyak hal lainnya yang bermanfaat untuk membuat test TOEFL yang kamu kerjakan nantinya mendapatkan skor yang tinggi.