September 30, 2020

Contoh Kata pengantar dalam proposal penelitian

Kata pengantar merupakan sebuah halaman yang di maksudkan untuk menjelaskan secara singkat seluk beluk dari suatu karya tulis. Secara mudahnya, kata pengantar adalah sepatah kata dari penulis yang menyusun sebuah dokumen atau naskah tersebut.

Umunya, kata pengantar terdiri atas 3 bagian utama. Yang pertama adalah bagian pembuka, biasanya terdiri atas ungkapan rasa syukur penulis kepada tuhan yang maha esa. Bagian kedua adalah isi. Berisi tentang penjelasan singkat mengenai naskah tersebut.

Dan bagian terakhir adalah punutup. Pada bagian ini berisi tentang ucapan terima kasih penulis terhadap berbagai pihak yang membantu dalam menyelesaikan karya tulis tersebut.

Kata pengantar dalam proposal penelitian

Sebelum membahas mengenai kata pengantar dalam proposal penelitian, alangkah baiknya jika kita bedah terlebih dahulu apa definisi dari proposal penelitian.

Proposal penelitian adalah suatu dokumen tertulis yang menjelaskan tentang usulan melaksanakan suatu proyek penelitian semisal dalam bidang sains, teknologi atau akademisi. Proposal penelitian di ajukan kepada pihak yang di minta untuk mensponsori kegitaan penelitian tersebut.

Dalam proposal penelitian ini, kata pengantar bisa menjadi jalan agar proposal tersebut bisa di Acc oleh pihak yang di tawarkan untuk mensponsori kegiatan penelitian. Dengan menulis kata pengantar yang baik dan benar, serta enak di baca maka kemungkinan untuk di Acc akan semakin besar dan terbuka lebar.

stocksnap.io

Tips Menulis Kata Pengantar Proposal Penelitian

Berikut ini akan kami berikan tips-tips menulis kata pengantar dalam proposal penelitian. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Ucapan syukur

Hal mendasar dalam sebuah kata pengantar tentu saja asalah ucapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa. Suatu kata pengantar harus terdapat unsur ini. Kurang lengkap rasanya dan kurang etis bila sebuah kata pengantar tidak di isi dengan ucapan syukur kepada tuhan yang maha esa dan tiba-tiba langsung mengarah pada maksud dan tujuan.

2. Mendeskripsikan kegiatan penelitian

Yang harus kamu lakukan dalam menyusun kata pengantar adalah menjelaskan atau mendeskripsikan secara singkat, padat dan jelas mengenai kegiatan penelitian yang ingin kamu lakukan.

Tentu saja kegiatan penelitian tersebut harus juga mempunyai dampak keuntungan bagi si calon sponsor tersebut. Jelas tidak mungkin pihak sponsor akan Acc suatu proposal penelitian bilamana dalam kata pengantar saja sudah tidak ada unsur keuntungaj bagi pihak nya.

3. Bahasa yang formal

Dalam menyusun kata pengantar haruslah menggunakan bahasa yang formal. Meski begitu, alangkah baiknya bila bahasa formal tersebut mudah di mengerti dan tidak berbelit-belit maksud dan tujuan nya. Gunakan bahasa formal yang enak di baca.

4. Ucapan terima kasih

Terlepas dari pihak sponsor tersebut akan Acc atau tidak, ucapan terima kasih sudah sepatutnya kamu tuliskan pada kata pengantar tersebut.

Itulah beberapa tips dalam menulis kata pengantar untuk proposal penelitian.

stocksnap.io

Contoh kata pengantar dalam proposal penelitian

Berikut ini akan kami sajikan sebuah contoh penulisan proposal penelitian yang baik dan benar. Contoh di bawah ini adalah bersifat hanya sebagai referensi. Usahakan kamu bisa menulis kata pengantar untuk proposal penelitian dengan se orisinalitas mungkin.

Contoh kata pengantar proposal penelitian 1

Segala puji dan syukur penulis limpahkan kepada Tuhan yang maha esa yang telah memberikan karunia dan rahmat NYA sehingga penulis mampu menyelesaikan proposal penelitan tentangĀ  Sinergi Antara Alam dan Manusia dengan baik dan benar.

Dalam proposal penelitian ini, penulis memberi judul “Sinergi Antara Alam dan Manusia”. Tujuan dari proposal penelitian ini tidak lain adalah karena dorongan nurani yang terpanggil hati nya melihat banyaknya fenomena-fenomena belakangan ini.

Penyusunan proposal penelitian ini bisa selesai tepat waktu tidak lain karena ada bantuan dari berbagai pihak yang mengarahkan dan membimbing dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Penulis mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada semua orang yang membantu menyelesaikan proposal penelitian ini terutama kepada :

  1. Segenap dosen yang memberikan ilmu pengetahuan
  2. Orang tua, kerabat dan saudara, sahabat dan teman dekat
  3. Juga semua pihak yang ikut terlibat dan tidak bisa penulis sebutkan satu persatu nama nya.

Akhir kata, semoga proposal ini bisa menjadi acuan dasar dan juga bermanfaat bagi penulis sendiri serta bagi semua pihak yang akan terlibat dalam kegiatan penelitian.

Purwokerto, 12 Februari 2018

Ahmad Mulyadi

stocksnap.io

Contoh kata pengantar proposal penelitian 2

Puji dan syukur tak henti penulis lantunkan kepada Tuhan yang maha esa, yang telah memberikan karunia dan rahmat NYA sehingga penulis bisa menyelesaikan proposal tentang Ekstrak Kulit Rambutan Untuk Kosmetik.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan pada penulisan proposal. Tak luput pula penulis ucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam penelitian ini. Dan beri maaf sebesarnya, penulis tidak dapat sebutkan satu persatu nama.

Tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah meneliti kandungan kulit rambutan sehingga bisa di olah menjadi produk kosmetik.

Akhir kata, semoga proposal penelitian ini bisa mempunyai daya manfaat untuk penulis sendiri, juga untuk semua pihak yang akan terlibat dalam kegiatan penelitian ini.

Purwokerto, 2 Maret 2019

Ronald Rinaldi

Nah, itulah sekilas mengenai kata pengantar dalam proposal penelitian beserta dengan beberapa contohnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *