June 25, 2022

Perekonomian Utama Kabupaten Tasikmalaya

Tasikmalaya merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kabupaten Tasikmalaya ini berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya seperti Kabupaten Majalengka yang berada di bagian utara. Dibagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran di bagian timur, dan juga Kabupaten Garut yang berada di selebah barat. Hari jadi Kabupaten Tasikmalaya adalah tanggal 21 Agustus yang selalu diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat sekitar. Kabupaten Tasikmalaya ini sangat luas yakni 2.712,52 km2, sedangkan untuk jumlah penduduk yang mendiami wilayah ini mencapai 1.876.544 jiwa. Setiap tahunnya jumlah dari penduduk mengalami peningkatan sehingga selalu ada perbaruan jumlah penduduknya.

Kabupaten Tasikmalaya dianggap sebagai kabupaten yang paling besar yang ada di Priangan Timur. Sebagian besar dari wilayah ini adalah daerah hijau, karena dikenal dengan pertanian dan juga kehutanannya mak Kabupaten Tasikmalaya sebagian besar perekonomian penduduknya adalah petani. Pertanian menjadi salah satu tumpuan utama perekonomian yang ada di Tasikmalaya. Selain sektor pertaniannya, Tasikmalaya juga mempunyai penghasilan lainnya yakni pada sektor pertambangan. Masyarakat Tasikmalaya juga terkenal dengan usaha kecil menengah yang digeluti. Beberapa usaha kecil yang dijalankan oleh masyarakatnya adalah seperti membuat kerajinan dari bambu, batik, dan juga membuat payung dari kertas. Perekonomian di Kabupaten Tasikmalaya terbilang cukup baik sehingga masyarakatnya bisa hidup secara layak.

Selain mempunyai beberapa penghasilan ekonomi yang baik, Kabupaten Tasikmalaya juga terkenal dengan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung. Banyaknya tempat wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya bisa dijadikan salah satu pendapatan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar lokasi. Kabupaten Tasikmalaya juga mempunyai beberapa julukan yang cukup terkenal seperti julukan sebagai Delhi van Java, Mutiara dari Timur, dan juga Cintabodas. Ketiga julukan tersebut membuat Kabupaten Tasikmalaya semakin dikenal oleh beberapa orang diseluruh Indonesia. Jika anda tahu lambang yang dimiliki Kabupaten Tasikmalaya ini juga menyimpan arti yang cukup mendalam tidak hanya sekedar lambang untuk tanda pengenal saja. Itulah perekonomian yang ada di Tasikmalaya yang membuat Kabupaten Tasikmalaya makmur.