April 2, 2020

Tips Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Sebagai seorang manusia, pada umumnya kita semua tidak lepas dari kebutuhan hidup sehari – hari. Kebutuhan yang mengharuskan biaya yang besar hingga kecil. Pun sama halnya dengan kebutuhan suatu rumah tangga. Banyak faktor kebutuhan yang harus di penuhi guna membantu menjaga keharmonisan suatu hubungan rumah tangga.

Banya dari para rumah tangga kerap kali mengalami masalah financial ketika di hadapkan pada kebutuhan yang tidak tersampaikan. Hal ini mungkin saja karena faktor outcome yang tidak selaras dengan income. Cara mengatur keuangan yang salah dan sebagainya. Memang tidak lah mudah untuk mengatur anggaran keuangan suatu rumah tangga jika di hadapkan pada kebutuhan. Butuh keahlian, ketelitian, perhitungan kalkulasi yang tetap agar keuanganpun bisa sehat.

Ada beberapa trik khusus yang biasanya di lakukan oleh para rumah tangga dalam kaitanya mengatur keuangan rumah tangganya. Salah satunya dengan mencoba mempekerjakan akuntan, dimana semua cash flow baik income maupun outcome di pasrahkan pada akuntan tersebut. Hal ini tentunya tidaklah menjadi masalah jika anda memiliki pendapatan yang tinggi yang dari hasil gaji bulanya, cukup bahkan lebih untuk mengcover kebutuhan rumah tangga selama sebulan.

Tips Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Kita akan membahas beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membantu mengatur keuangan rumah tangga anda menjadi mandiri dan sehat secara financial. Beberapa tips diantaranya adalah:

  1. Kalkulasi Seluruh Pendapatan

Tips pertama yang anda bisa gunakan untuk membantu mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan mengkalkulasikan seluruh pendapatan yang anda dan anggota keluarga lainya dapatkan dalam kurun waktu perbulan. Kumpulkan informasi pendapatan dari mulai gaji pokok bulanan, gaji lembur, insentif proyek, dan lain sebagainya. Jika sudah terkumpul semua hasil pendapatan, barulah anda memulai untuk mengalokasikan beberapa dana untuk kebutuhan – kebutuhan yang anda rasa penting untuk di lengkapi seperti contohnya kebutuhan makan, listrik, air dan lain – lain.

  1. Buatlah Rencana Prioritas Pengeluaran Perbulan

Setelah anda mengkalkulasikan seluruh pendapatan yang anda dapatkan perbulannya, barulah buat rencana untuk beberapa kebutuhan yang menjadi prioritas utama yang harus dan segera di lengkapi seperti contohnya prioritas kebutuhan biaya listrik, air, transportasi, cicilan kartu kredit (Jika mempunya) dan juta pelunasan hutang jika anda memiliki hutang.

  1. Alokasikan Pendapatan Perbulan Untuk Tabungan, Investasi, dan Asuransi

Tips selanjutnya adalah dengan cara mengalokasikan pendapatan yang anda dapat perbulanya untuk di tabung sebagai langkah preventif jika terjadi hal – hal yang tidak di inginkan. Selain itu, berinvestasilah untuk pendapatan yang bisa anda dapatkan terlipat ganda di kemudian hari. Berinvestasilah di bidang property karena bidang property cenderung memiliki signifikansi positif ketimbang jenis investasi lainnya. Kemudian asuransikanlah kesehatan serta keselamatan anda dan juga seluruh anggota keluarga yang anda miliki. Melalui asuransi, anda sudah memastikan bahwa anda tidak harus khawatir ketika terjadi hal – hal yang tidak di inginkan terjadi dan anda harus merogoh kocek dalam – dalam untuk mengcover pengeluaranya.

  1. Alokasikan Untuk Dana Cadangan

Tips berikutnya adalah tips yang biasa di gunakan oleh beberapa rumah tangga yang ada di negara maju, yaitu dengan mengalokasikan pendapatan untuk dana cadangan. Hal ini di rasa perlu untuk mengcover pengeluaran yang bersifat harus dan datang secara tiba – tiba. Contohnya adalah jika terjadi bencana alam dan rumah anda manjadi salah satu fasilitas yang terkena dampaknya, maka anda perlu dana cadangan untuk memperbaiki kerusakan rumah anda seperti semula. Dana cadangan juga bisa berfungsi untuk mengcober kebutuhan pendidikan anak, jika sewaktu – waktu harus memenuhi kebutuhan mendesak dan bersifat pendidikan, ingatlah bahwa pendidikan anak adalah yang terpenting.

  1. Jauhi Keinginan, Kenali Kebutuhan

Tips terakhir adalah tentang membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Untuk kemakmuran ekonomi keluarga, anda harus pandai untuk memiliki kemampuan membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Kemampuan ini sangatlah dibutuhkan mengingat di dalam keluarga, tentunya bukan hanya anda yang memiliki keinginan, melainkan anggota keluarga lainya. Oleh karena itu, berbijaksanalah dalam memenuhi keinginan, akan lebih bagus jika menjadikan kebutuhan sebagai prioritas utama pengeluaran pendapatan yang anda miliki.

Beberapa tips di atas tentunya bukanlah tips keseluruhan untuk membantu anda mengatur keunagan rumah tangga, akan tetapi kelima tips di atas di rasa cukup untuk anda jadikan pedoman dan referensi dalam mengatur keuangan rumah tangga agar senantiasa stabil dan tidak menyusahkan anda di kemudian hari. Adapun beberapa tips lainya bisa anda dapatkan melalui pengalaman, karena jika anda sudah merasakan sendiri sensasi dalam mengatur keuangan rumah tangga, akan secara tidak langsung membuat anda mengerti bagaimana caranya mengatur keuangan dalam rumah tangga.

Satu hal lagi yang perlu di ingat adalah tentang pendapatan yang anda miliki, jangan paksakan untuk mengcover beberapa alokasi jika pendapatan anda di rasa hanya cukup untuk mengcover kebutuhan primer saja, karena nantinya anda akan kesulitan sendiri jika di hadapkan pada keinginan untuk mengalokasikan pendapatan untuk kepentingan atau kebutuhan primer maupun mengalokasikan untuk kebutuhan menabung, investasi dan asuransi. Salah satu kebutuhan yang spele namun pentinga yaitu pulsa, pastikan untuk memilih pulsa murah agar menghemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *