January 17, 2022

Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Kain Rayon Disini !

Di dalam dunia tekstil, pastinya anda telah akrab dengan kain yang mempunyai bahan dasar rayon. Kain rayon sendiri merupakan salah satu jenis kain yang memiliki bahan dasar serat hasil dari regenerasi selulosa. Kain ini pun ternyata masih menjadi favorit dikarenakan salah satu jenis kain sintetis yang pertama kali dibuat oleh manusia. Untuk itu, kali ini akan diulas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan dari kain satu ini.

Kelebihan Dari Kain Dengan Bahan Rayon

Kain yang memiliki bahan rayon ini memang banyak digemari oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan rayon mempunyai daya serap yang tinggi. Sehingga, kain ini pun akan sangat cocok dipakai untuk anda yang memiliki keringat berlebih. Dikarenakan kemampuan menyerapnya yang tinggi, sehingga bagi anda yang sering mengeluarkan keringat berlebih sangat disarankan untuk memakai pakaian dengan bahan ini.

Selain itu, kain rayon juga memiliki tekstur yang lembut untuk dipakai di kulit. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih kain satu ini untuk membuat berbagai macam pakaian serta mukenah. Tak hanya itu saja, rayon pun memiliki beragam varian warna. Hal tersebut dikarenakan kain ini memiliki bahan yang lembut sehingga anda pun akan lebih mudah untuk mewarnainya. Tak heran jika rayon memiliki koleksi warna yang bejibun.

Kain dengan bahan rayon ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Selain itu, kain ini juga mudah untuk anda jumpai di pasaran, sehingga anda akan lebih gampang untuk mendapatkannya. Untuk variannya sendiri, rayon terdiri dari beberapa jenis varian diantaranya adalah rayon Polyester (PE), rayon jersey dan rayon spandek.

Kekurangan Dari Kain Dengan Bahan Rayon

Selain memiliki kelebihan, kain satu ini pun tentu saja mempunyai kekurangan yang patut untuk anda ketahui. Salah satu kekurangan dari kain dengan bahan rayon ini adalah kain memiliki bahan yang mudah kusut. Sehingga, anda pun nantinya akan lebih membutuhkan waktu untuk merawat kain tersebut. Selain itu, rayon juga merupakan kain yang mudah luntur ketika dicuci. Untuk itu, anda sebaiknya memisahkan kain ini ketika akan mencucinya di mesin cuci.

Kain rayon juga memiliki bahan yang tipis bahkan hingga tembus pandang. Akan tetapi, anda bisa mengakalinya dengan mencari bahan-bahan rayon yang memiliki kualitas super. Hal ini tentunya akan menghindari anda dari memakai kain dengan bahan rayon yang tembus pandang. Selain itu, anda perlu berhati-hati jika berada di dekat api saat memakai kain ini. Hal ini disebabkan kain dengan bahan rayon ini merupakan kain yang mudah terbakar.

Untuk karakteristik dari kain ini sendiri adalah termasuk salah satu jenis kain yang licin, sehingga kain satu ini mirip sekali dengan sutra. Untuk proses merawatnya sendiri, kain ini cenderung tidak mudah, maka untuk perawatannya anda tentunya harus mengikuti petunjuk-petunjuk yang telah tersedia agar kain dengan bahan rayon anda tidak mudah rusak.