October 22, 2020

Karya Ukir Jepara

Jepara merupakan salah satu wilayah yang terkenal di Jawa Tengah. Kota yang terlahir oleh sosok pejuang wanita yaitu R.A. Kartini memiliki banyak sekali potensi, terutama karyanya yang berupa ukiran. Oleh karena itu, kota ini disebut juga sebagai kota ukir. Produk-produk yang dihasilkan sudah sangat terkenal.

Bahkan sudah sampai ke ranah internasional hingga menjadi kota ukir dunia atau “The World Carving Center”. Tentu sudah sangat mengenal Negara Adidaya dan Adikuasa, Amerika Serikat. Negara tersebut merupakan salah satu negara tujuan ekspor ukir Jepara. Bahkan setiap tahun selalu mengalami kenaikan.

pixabay.com

Hasil karya ini sudah ada sejak zaman dahulu dan buktinyapun jelas seperti hiasan ukiran atau artefak yang terletak di dinding Masjid Astana Mantingan. Hingga akhirnya sampai sekarang kota ini sebagian masyarakatnya bekerja sebagi pengukir. Saat ini banyak berkembang usaha ukir dengan berbagai sentra ukir Jepara.

Sentra-sentra ukir yang dimaksud adalah Sentra Ukir Minimalis, sentra ukir relief, sentra ukir patung, sentra ukir almari dan juga sentra ukir genteng. Motif-motif yang adapun dibuat dengan mencontoh motif alam yang begitu mengagumkan sekaligus sebagai ciri khas ukiran dari kota Jepara ini.

Kebanyakan diambil dari motif tanaman yang menjalar, tiap ujungnya menjumbai bagaikan dedaunan krawing yang terlihat dinamis. Motif atau ragam hiasan tersebut terdiri atas trubusan, jumbai dan tangkai relung. Eletakannyapun bebas sesuai dengan kreasi masing-masing dan isinyapun terkadang rumit.

Walupun demikian, kerumitan tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Justru semkin rumit semikin tinggi pula harga jualnya. Andapun akan semkin puas dengan hasil yang diciptakan.

Keunggulan Ukiran Jepara

Banyak sekali keunggulan dari ukiran Jepara yang menjadi ciri khas. Selain itu juga menjadi percontohan bagi pengukir-pengukir lainnya. Keunggulan yang dimiliki dilihat dari beberapa sisi, diantaranya yaitu:

  1. Tampilan Ukiran

Tampilannya selalu memanjakan mata dan terlihat luwe atau tidak kaku, rapih dan detailnya yang rumit namun terlihat begitu elegan. Pesonannya akan tetap indah, kapanpun dan dimanapun Anda memandangnya. Gaya ukiran yang sempurna dan tidak akan pernah dimiliki oleh pengrajin dari manapun termasuk dari Bali.

  1. Pengrajin Ukiran Jepara yang Inovatif

Ukirannya selalu mengikuti perkembangan zaman atau tren masa kini. Ukiran klasik bergaya modern selalui menjadi primadona di setiap desain yang diukir. Hal tersebut tentu tidak lupa hasil kreatifitas para pengrajin. Saat ini yang paling banyak di gemari adalah kesan minimalis dan simpel namun tetap terlihat elegan.

  1. Pengukir yang Profesional

Untuk mendapatkan motif yang menawan tentu perlu daya kreatifitas dari para pengukir yang profesional. Karena menciptakan motif baru bukanlah sesuati yang mudah, itupun harus disesuikan dengan keinginan para konsumen. Maka oleh karena itu, pengukir haruslah memiliki keterampilan dan juga ketelatenan yang tinggi.

Sentra Ukir di Jepara

pixabay.com

Untuk mempermudah mereka, semakin berkembangnya zaman maka teknologipun semakin beragam. Oleh karena itu, para pengukir bisa menggunakan alat atau jasa CNC Router dengan bantuan sistem komputer. Dengan begitu akan lebih praktis dan menghemat waktu pengerjaan.

  • Sentra ukir relief

Relief yang dibuat benar-benar memanjakan mata. Pasalnya, papan kayu biasa yang diukir dengan teknik khusus dan dengan ketrampilan para pengrajin membuat ukiran tiga dimensi yang terkesan hidup. Motifnyapun tidak hanya motif alam, tetapi juga motif modern dengan desain yang semakin berkembang.

  • Sentra Ukir Patung

Sentra ukir patung di Jepara yang paling terkenal berada di desa Mulyoharjo. Banyak sekali karya ukir Jepara berupa patung yang melegenda hingga saat ini. Salah satunya adalah patung Macan Kurung. Mayarakat Mulyoharjo juga sangat menjunjung tinggi seni sebagai warisan sekaligus matapencaharian.

  • Sentra Ukir Gebyok

Jika Anda berkunjung ke Jepara tentu sebagian besar pintu rumah masyarakat sekitar terdiri dari ukiran-ukiran yang sangat menawan. Sentra ukir ini terletak di desa Blimbingrejo dan hingga saat ini menjadi pilihan Gebyok terbaik dengan ukiran yang semakin dikembangkan.

  • Sentra Ukir Minimalis

Desa Petekeyan merupakan sentra Industri Mebel dengan berbagai ukiran minimalis. Adanya industri ini tentu akan semakin mendatangkan banyak pilihan. Maka dari itu, pengerjaannyapun harus sesuai target agar calon pembeli tidak kecewa. Oleh karena itu, penggunaan jasa CNC Router sangat tepat untuk memenuhi pesanan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai seni ukir yang berasal dari Jepara. Oleh sebab itu, tidak heran jika daerah ini di juliki sebagai kota ukir. Kondisi geografis yang mendukung membuat potensi sekaligus peluang untuk usaha memenuhi kebutuhan sekunder masyarakat indonesia.

Selain manca negara, untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri, Jepara juga selalu memberikan yang terbaik. Hingga saat ini, banyak rumah-rumah atau apartemen yang menggunakan atau mengisi furniture rumah dengan hasil karya dari Jepara ini. Oleh kerana itu, sebagai masyarakat Indonesia patut untuk berbangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *