July 2, 2020

Mengenal Lebih Dekat Kampus UGM

Siapa yang tidak mengenal kampus terbaik di Indonesia, Unversitas Gadjah Mada? Kampus yang dikenal dengan sebutan Kampus Biru ini merupakan perguruan tinggi tertua yang ada di Indonesia. Universitas Gadjah Mada atau yang lebih dikenal dengan UGM ini berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Bulaksumur, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.

UGM merupakan universitas pertama yang berdiri di Indonesia, tepatnya pada tanggal 16 Desember 1949. Kampus Biru ini disahkan secara langsung oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Berdirinya UGM berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universitas Tanggal 16 Desember 1949.

Pada awal berdiri, UGM terdiri dari 6 fakulltas. Namun saat ini UGM telah berkembang pesat hingga menjadi salah satu perguruan tinggi favorit dan memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi dan 1 sekolah pascasarjana. Selain itu, UGM juga memiliki lebih dari 100 program studi untuk jenjang S2, S3 dan spesialis. Sebagian besar fakultas yang ada di UGM terdiri dari beberapa jurusan atau program studi.

Jika melihat sejarahnya, UGM merupakan penggabungan dari beberapa balai pendidikan sekolah tinggi yang ada di Yogyakarta, Surakarta dan Klaten. Nama Gadjah Mada sendiri merupakan nama dari Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada yang dulunya hanya terdiri dari fakultas kesusasteraan dan fakultas hukum.

pxhere.com

Prof. Dr. M. Sardjito diangkat menjadi rektor pertama UGM. Pengangkatan rektor ini juga bersamaan dengan diplihnya Senat dan Dewan Kurator UGM. Sri Sultan Hamengkubowono IX terpilih menjadi ketua Dewan Kurator dan didampingi oleh Sri Paku Alam VIII sebagai wakilnya.

Sejak awal berdiri dari tahun 1949 hingga saat ini, UGM telah meluluskan hampir ratusan ribu alumninya yang tersebar di seluruh Indonesia. Alumni UGM tergabung dalam Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA). Jika dilihat dari sejarah berdirinya, tidak heran jika kampus yang ada di Kota Pelajar ini selalu banyak peminatnya.

Setiap tahunnya ada ribuan calon mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk bisa mengenyam pendidikan di kampus tertua yang ada di tanah air ini. Ada banyak alasan yang terlontar dari calon mahasiswa yang menetapkan UGM sebagai kampus pilihannya. Tidak dipungkiri bahwa UGM merupakan salah satu kampus yang berkualitas.

Hal ini terontar dari para alumni UGM yang pernah menimba ilmu di kampus ini. Bukti bahwa UGM merupakan kampus yang berkualitas dapat dlihat dari hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tingi (Kemenristekdikti). Pada tahun 2015, jumalh skor UGM berada pada 3,69 dan pada tahun 2016 mengalami peningkatan menjadi 3,72.

Pemeringkatan yang dilakukan oleh Kemenristekdikti ini dilihat berdasarkan pada beberapa aspek, diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen, akreditasi, penelitian, publikasi dan kegiatan mahasiswa. Tidak heran jika UGM selalu berhasil mempertahankan sebagai kampus terbaik dengan berada di posisi ke 3 Nasional.

UGM adalah kampus yang terletak di Yogyakarta yang dikenal dengan sebutan Kota Pelajar. Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga merupakan daerah yang kental dengan bidaya sekaligus wisata. Di kota ini Anda akan menemukan pelajar yang berasal dari sleuruh Indonesia berkumpul di satu tempat.

pxhere.com

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat kuliah di UGM tidak hanya ilmu di kampus, melainkan juga Anda akan banyak belajar tentang kultur dan budaya Jawa di Yogyakarta. Sebagai kota budaya, Yogyakarta memang dikenal dengan budayanya yang kental dan tentunya kota yang memiliki slogan Berhati Nyaman ini memang nyaman untuk ditinggali.

Selain budayanya yang kental, Yogyakarta merupakan kota wisata yang menawarkan berbagai ikon kota, mulai dari Malioboro, Candi Prambanan, Merapi dan lain sebagainya. Tentunya akan menjadi tempat alternative untuk dikunjungi saat Anda penat dengan rutinitas dan tugas kuliah yang menumpuk. Selain itu, biaya hidup di Yogyakarta terkenal murah meriah.

UGM sendiri menawarkan program reguler dan internasional untuk para calon mahasiswanya. Namun perlu Anda ketahui, International Undergraduate Program (IUP) atau program internasional UGM hanya berlaku untuk fakultas dan program studi tertentu saja. Fakultas yang menawarkan IUP di antaranya Fakultas Ekonomi (FEB) dengan program studi Akuntasi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) dengan program studi Manajemen dan Kebijakan Pubil, Hubungan Internasional dan program studi terbaru adalah Komunikasi. Saat ini beberapa fakultas yang baru membuka program IUP di antaranya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program IUP, Anda dapat mempersiapkan diri mulai dari sekarang dengan mengikuti bimbel IUP UGM untuk persiapan yang lebih matang. Keuntungan mengikuti bimbel IUP adalah Anda akan mendapatkan modul dan prediksi soal yang akan diujikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *