August 3, 2020

Resep Membuat Ikan Asam Manis Goreng Lebih Lezat

Ikan asam manis menjadi rasa lezat dalam menu olahan ikan yang banyak disukai. Ikan sendiri menjadi menu olahan makanan yang paling mudah ditemui di berbagai tempat penjual makanan. Baik di tempat makanan sederhana maupun di restoran mewah, ikan adalah bahan dasar paling mudah untuk membuat olahan makanan.

Ada banyak contoh olahan ikan yang bisa dibuat. Bahkan soal rasa juga ada banyak varian. Salah satu rasa lezat yang banyak disukai oleh orang adalah ikan asam manis. Menu yang satu ini tidak hanya bisa anda temui di restoran mewah saja melainkan anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Apakah proses membuatnya sulit? Tentu saja tidak. Proses membuat ikan asam manis goreng ini sangat mudah untuk dibuat.

Rasa Lezat Ikan Goreng Asam Manis

Ikan goreng menjadi salah satu olahan ikan yang mudah untuk dibuat. Bahkan semua orang menyukai menu makan yang satu ini karena mempunyai rasa yang sangat lezat. Untuk membuat olahan ikan ini anda bisa memanfaatkan berbagai macam ikan yang ada. Salah satu jenis ikan yang paling banyak digunakan untuk membuat menu makanan adalah ikan gurame.

Ulasan kali ini akan membahas mengenai resep membuat ikan goreng asam manis dengan cara yang lebih mudah namun menghasilkan rasa yang luar biasa. Sudah pasti anda tertarik untuk membuat menu olahan ikan goreng satu ini. Penasaran dengan caranya? Anda bisa menyimak ulasan ini hingga akhir. Read more penjelasan di bawah ini untuk mampu menghasilkan ikan gurameh goreng asam manis.

Resep Membuat Ikan Goreng Gurame Asam Manis

Membuat ikan goreng gurame asam manis ini sangat mudah. Proses pertamanya tentunya menyiapkan bahan untuk memasak. Bahan yang harus anda siapkan adalah ikan gurame sebanyak 500 gram atau bisa menyediakan sebanyak kebutuhan anda. Buatlah ikan gurame tersebut menjadi fillet atau potong secara memanjang. Untuk bagian kepada dan badan jangan dibuang. Siapkan juga minyak goreng, bawang putih satu siung, setengah sendok teh merica bubuk, garam satu sendok teh, dan juga satu sendok jeruk nipis atau menggunakan lemon.

Masih ada juga beberapa bahan lain yang harus anda siapkan seperti bahan untuk melumuri daging ikan. Siapkan setengah sendok teh merica bubuk, 50 gtam terpung terigu, 25 gtam tepung maizena, dan juga kaldu ayam sebanyak setengah sendok teh. Siapkan bahan – bahan tersebut sebelum anda membuat ikan goreng gurameh asam manis.

Jangan lupa siapkan untuk bahan suas asam manisnya. Bahan untuk membuat suas asam manis ini adalah satu buah wortel lalu potonglah secara memanjang, satu buah timun, setengah buah bawang bombai, empat sendok makan saus tomat, 5 sendok makan saus cabai, 2 buah cabai merah, 2 siung bawang putih, setengah sendok teh garam, seperempat sendok merica bubuk, setengah sendok gula pasir, satu batang bawang daun bawang, 100 gram nanas, setengah sendok makan maizena, dan 200 ml air putih.

Bahan – bahan di atas sangat mudah untuk anda temukan. Setelah bahan tersebut disiapkan anda bisa mulai membuat ikan goreng gurame asam manis. Proses membuat ikan ini adalah cuci ikan gurame hingga bersih dan difillet. Lumuri ikan tersebut dengan bawang putih halus, merica, dan garam. Berikan juga perasan jeruk nipis lalu diamkan setidaknya selama 15 menit.

Setelah cukup lama didiamkan maka anda bisa menggulingkan ikan tersebut ke bahan pelapis ikan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas anda bisa menyiapkan bumbu pelapis ikan. Setelah bumbu siap maka gulingkan ikan gurame tersebut ke bagian bumbu pelapis. Tepuk – tepuk agar tepung bisa menempel dengan lebih sempurna. Setelah semua bagian ikan selesai dilumuri maka panaskanlah minyak di atas wajan. Pastikan bahwa minyak benar – benar panas agar bisa menghasilkan ikan goreng yang kripsi.

Jangan lupa untuk siapkan suasnya. Suas ini akan membuat tampilan ikan goreng gurame asam manis menjadi lebih lezat dan menarik. Tumis terlebih dahulu bawang bombai, bawang putuh, dan juga cabe merah. Tunggu hingga tercium aroma harum. Tambahkan juga saus cabai dan tomat, garam, gula pasir, dan merica. Aduk semua bahan tersebut hingga menjadi rata.

Siapkan wortel yang telah anda potong ke dalam air hingga mendidih. Tambahkan juga bahan – bahan lainnya sesuai selera anda. Disini anda bisa menambahkan nanas, mentimun, larutan maizena, dan juga bawang bawang. Aduk bahan – bahan tersebut hingga matang dan tercampur dengan baik.

Setelah ikan goreng gurameĀ  matang maka bisa segera dihidangkan. Tata potongan ikan gurame dengan tatanan yang rapi. Setelah itu lumuri ikan gurame tersebut dengan saus yang sebelumnya sudah anda buat. Tambahkan beberapa bahan sebagai hiasan untuk membuat tampilan masakan anda lebih menarik. Hidangkan ikan goreng gurame asam manis selagi masih panas. Itulah cara membuat ikan goreng gurame asam manis paling mudah untuk diterapkan di rumah. Kini anda bisa membuat olahan ikan tersebut dirumah dengan rasa yang tidak kalah lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *