July 2, 2020

Fitur yang Ada Pada Whatsapp Tidak Semua Tahu

Meningkatkan kepopuleran nya, aplikasi pesan instan, WhatsApp hadir dengan beragam fitur tersembunyi yang bisa saja belum Anda ketahui. Banyak orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mempermudah proses komunikasi yang dilakukan.

Sekarang, WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya yaitu grup video call. Tentu akan semakin banyak pengguna aplikasi pesan instan yang beralih menggunakan WhatsApp. Mungkin belum banyak yang tahu, berikut deretan fitur yang ada pada whatsapp yang tersembunyi dan perlu Anda ketahui.

Pesan Berbintang

Memiliki cara kerja yang sama seperti Gmail, yaitu Anda bisa membintangi pesan yang masuk untuk bisa Anda baca lagi lain waktu dengan mudah.

Cara menandai pesan berbintang ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu menekan lama pesan yang ingin dibintangi, maka opsi berlogo bintang akan muncul pada bagian atas.

Setelah Anda pilih, pesan tersebut otomatis menjadi pesan berbintang. Untuk mengakses pesan berbintang tersebut dengan mudah, Anda bisa masuk ke Menu lalu pilih “Starred Messages” untuk melihat daftar pesan berbintang tersebut.

Huruf Tebal dan Miring

WhatsApp memungkinkan Anda untuk membuat huruf menjadi tebal atau miring, seandainya ada pesan yang perlu Anda tandai. Cara menggunakannya juga mudah. Anda hanya perlu menggunakan karakter bintang (*) di bagian depan dan akhir kata atau kalimat, seperti *test*. Untuk memiringkan huruf, Anda bisa menggunakan karakter garis bawah (_), seperti _test_.

Detail Pesan

Cara ini sangat berguna untuk Anda yang memiliki banyak grup dan sedikit posesif terhadap pasangan sah. Mengetahui detail pesan membuatmu mendapat informasi mengenai kapan pesan itu terkirim dan dibaca.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup menekan pesan secara lama kemudian klik “Info” dan seluruh info dari pesan tersebut akan terlihat.

istockphoto.com

Mute Kontak atau Grup yang Mengganggu

Terkadang Anda suka mendapatkan pesan dari grup atau kontak yang mengganggu. Jika tidak ingin mematikan nada notifikasi di smartphone, Anda bisa menggunakan fitur Mute.

Cara menggunakannya, Anda hanya perlu masuk ke laman kontak chat lalu pilih simbol untuk mematikan speaker yang ada di bagian atas. Atau, Anda bisa menggunakan pilihan Menu, lalu pilih “Mute Notifications”.

Sembunyikan Waktu Terakhir Online

Makin misterius, Anda perlu mencoba fitur satu ini deh. Yaitu mematikan informasi “Last Seen”. Klik  “Settings” buka “Account” dan pilih “Privacy”. Anda lalu akan menemukan tiga pilihan untuk menunjukkan informasi waktu terakhir online tersebut. Diperuntukkan daftar kontak, semua orang, atau tidak sama sekali. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Mematikan Tanda Sudah Membaca Pesan

Semakin misterius, Anda wajib mencoba fitur ini. Biasanya, tanda pesan sudah dibaca adalah akan ada centang yang berubah warna menjadi biru. Namun, Anda ternyata bisa menghilangkan fitur WhatsApp yang ini lho. Caranya, masuk ke “Settings” lalu “Account” dan “Privacy”.

Di bagian bawah, Anda akan menemukan “Read Receipts“. Lalu hilangkan tanda centang tersebut. Orang lain tidak akan bisa mengetahui apa pesannya sudah dibaca atau belum.

Selain itu, dengan mematikan fitur ini maka Anda tidak bisa melihat jika lawan bicara sudah membaca pesan atau belum.

istockphoto.com

Menyimpan Percakapan Dalam Bentuk Teks

Selain itu, ada fitur yang bisa menyimpan berbagai percakapan ke dalam bentuk teks. Ini berguna bila Anda termasuk orang yang rapi dan senang menyimpan berbagai arsip percakapan.

Caranya, bukalah tab obrolan yang ingin Anda simpan dalam bentuk teks. Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas, lanjutkan ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat. Selanjutnya Anda bisa memilih apakah akan menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks saja. Selanjutnya muncul e-mail untuk mengirimkan percakapan tersebut.

Menghentikan Download Otomatis

Suka terganggu dengan foto atau media yang secara otomatis terunduh meski Anda tidak ingin?. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, selain juga menghabiskan paket data. Ada pengaturan yang bisa mengatasi hal ini, media bisa diatur agar tidak terunduh secara otomatis.

Pertama, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Nanti akan muncul tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut. Tab tersebut ada tiga, yaitu When using mobile data, When connected on Wi-Fi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama

Ada satu lagi yang orang masih sangat jarang tahu, yakni fitur cara login whatsapp nomor hilang. Caranya dengan mengunjungi halaman Hubungi Whatsapp atau biasa disebut dengan support Whatsapp. Inti dari cara ini adalah mengirim ke pihak Whatsapp untuk mendapatkan verifikasi nomor yang hilang agar bisa Anda gunakan kembali.

Itu dia beberapa fitur yang perlu Anda coba pada aplikasi Whatsapp Messenger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *