November 29, 2022

Mengenal Beberapa Ciri Ciri Kunyit

Kunyit yang juga dikenal dengan nama kunir adalah salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini mudah ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Kunyit memiliki nama latin yaitu Curcuma longan. Tanaman kunyit mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kurkumin, polifenol, dll. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan kunyit bukan hanya untuk bumbu dapur saja akan tetapi juga sebagai obat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman kunyit memiliki ciri – ciri tertentu yang berbeda dengan jenis tanaman yang lain. Salah satu ciri dari tanaman kunyit adalah bagian akar. Umumnya, akar kunyit memiliki serat kayu yang dilapisi kulit akar. Sementara itu, batang dari kunyit juga memiliki ciri khas yaitu batang semu yang berongga. Selain itu, batang tersebut juga disusun oleh pelepah daun. Umumnya, tinggi batang kunyit adalah sekitar 75 – 100 cm. Salah satu ciri khas dari tanaman kunyit adalah adanya rimpang yang berbentuk bulat panjang. Rimpang tersebut memiliki beberapa cabang dan membentuk sebuah rumpun.

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki daun dengan panjang sekitar 31 – 83 cm. Sedangkan lebar daun sekitar 10 – 18 cm. Bentuk daun kunyit adalah seperti bulat telur tetapi dengan ukuran yang lebih panjang. Sedangkan permukaan daun memiliki tekstur yang sedikit kasar. Sementara itu, bunga kunyit didominasi dengan warna putih dan kuning muda. Bentuk bunga kunyit cukup khas yaitu berbentuk kerucut runcing.