September 29, 2020

Cara Membuat Ketan Yang Enak

Siapa sih yang ga kenal sama ketan? Orang Indonesia pasti kenal banget sama makanan yang satu ini. Dari dulu ketan memang eksis banget menemani ragam kuliner khas Indonesia. Semakin hari, ragam dari olahan ketan Semakim bertambah banyak. Hal tersebut membuktikan bahwa ketan merupakan makanan yang dinamis.

Keberadaannya tetap eksis namun cara pengolahanmya semakin beragam. Berbicara soal ketan, tau ga sih gimana caranya mengolah dan membuat ketan? Nah, daripada makin penasaran, disini kami akan menjelaskan resep cara membuat ketan yang pastinya sangat mudah untuk anda lakukan.

Cara Membuat Ketan Yang Enak

Persiapan

Pertama tama anda harus menyiapkan beras ketan terlebih dahulu sesuai porsi yang dibutuhkan. Siapkan juga air bersihnya.

Selanjutnya beras tadi kita masukkan ke dalam panci atau pengukus. Pastikan anda memberikan ruangan tambahan untuk air saat memasak ketan dalam jumlah banyak. Untuk yiap 225 gram anda bisa memberikan tambahan air sebanyak 125 hingga 250 mililiter air.

Sebelum memasak ketan ada baiknya anda mencuci beras tersebut. Proses mencuci beras adalah opsional. Hal tersebut karena ketika kita mencuci beras kadang kita tidak hanya membersihkan kotoran tetapi nutrisi dari beras tersebut bisa saja hilang. Cuci beras ketan hingga air berubah menjadi putih. Ulangi langkah tersebut hingga air cucian berubah jadi jernih.

Proses Perendaman

Setelah beras ketan tadi dicuci, langkah selanjutnya adalah merendam beras ketan. Air tadi dimasukkan ke dalam wadah yang berisi beras ketan lalu rendam sesuai selera anda yaitu antara empat jam hingga semalaman. Semakin lama merendam maka semakin lengket beras ketan yang dihasilkan.

Proses Pengolahan

Setelah direndam, beras tadi kemudian dikukus. Caranya adalah dengan tiriskan air beras tadi kedalam wadah penyaring selanjutnya letakkan di wadah yang sudah disediakan lalu masukkan kedalam panci pengukus. Kukuslah hingga matang. Ciri ciri ketan yang matang adalah ketan tidak boleh terlalu lembek dan berair.

Ketan yang sudah matang siap disajikan. Pastikan ketan selalu dalam keadaan hangat,  karena ketan akan lebih cepat mengeras di suhu ruangan. Demikian yang bisa kami sampaikan ,selamat mencoba membuat ketan di rumah anda sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *